Keefektifan Strategi Visual dalam Pembelajaran Keterampilan Sosial pada Anak dengan Kondisi Spektrum Autis Tipe Sindroma Asperger (ASD)

Authors

  • Wawan Wawan Poltekkes Kemenkes Surakarta Jurusan Okupasi Terapi
  • Anna Anna Okupasi Terapis TPP Al Firdaus Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.26630/jk.v7i1.128

Keywords:

Strategi visual, Pembelajaran keterampilan sosial, Autis Spectrum Disorder (ASD)

Abstract

Perilaku tantrum merupakan perilaku yang sering muncul pada anak spektrum autisme, berupa perilaku  mengamuk, amarah meledak-ledak, jeritan, tangisan, membentur-benturkan kepala, memukul-mukul, menendang, berguling-guling dan kekakuan tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan strategi visual untuk mengatasi perilaku tantrum pada anak dengan kondisi Autis Spectrum Disorder (ASD). Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif analitik kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling dengan kriteria tertentu (purposive sampling). Informan dalam penelitian ini adalah guru pendamping (shadow teacher), orang tua dan guru kelas.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran keterampilan sosial dengan strategi visual sudah terencana dengan baik tetapi sistem pendokumentasian masih bersifat umum, (2) pelaksanaan pembelajaran keterampilan sosial dengan strategi visual dilakukan di dalam kelas dan luar kelas, dengan menggunakan gambar-gambar mengenai suatu tindakan yang harus dilakukan oleh anak, (3) evaluasi pembelajaran keterampilan sosial dengan strategi visual sudah dilaksanakan selama proses pembelajaran maupun di akhir pembelajaran, namun belum terdokumentasi dengan baik, (4) penggunaan strategi visual dalam pembelajaran keterampilan sosial pada anak ASD tipe Sindroma Asperger dinilai sangat efektif dilihat dari perubahan perilaku yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran keterampilan sosial dengan strategi visual. Implikasi penelitian ini bahwa TPP Al Firdaus perlu menggunakan strategi visual dalam pembelajaran keterampilan sosial pada anak autis serta meningkatkan kualitas guru dan terapis agar penggunaan strategi visual dalam pembelajaran dan terapi untuk anak autis lebih optimal.

References

Anonim. Sindrom Asperger. 2007. Diunduh tanggal 27 November 2011 dari http//ms. wikipedia.org

Atwi Suparman. 1997. Desain Instruksional: Bahan Ajar Program Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional Untuk Dosen Muda. Jakarta : PAU Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Camphell,L. 1996. Teaching and Learning Through Multiple Intelligence. Massachusset: A Simin and Schuster Company.

Conner,R.D. 1998. Gathering Information about Teacher Classroom Behaviour. Makalah: Tidak dipublikasikan.

Dick, Walter, dan Lou Carey. 1990. The Systematic Design of Instruction. Third Edition. Florida : Harpe Collins Publisher.

Greenspan,S &Wieder.S. 2010. “Engaging Autism†Melangkah Bersama Autisme. Jakarta: Yayasan Ayo Main.

Groundland, Norman E. 1985. Measurement and Evaluation in Teaching. New York: Mc Milan Publishing Company EGC.

Hadgdon, L. 2007. 25 Reason to Use Visual Strategy. Diunduh tanggal 21 November 2011 dari www.usevisualstrategies.com/

Hasibuan dan Moedjiono. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hidayat. 2006. Mengenal Autisme dan Pendidikannya. Makalah Pelatihan di BPG SLB Bandung.

Hidayat. 2006. Strategi Visual untuk Peningkatan Komunikasi dan Atensi-Kosentrasi Anak Autis.Makalah Pelatihan di BPG SLB Bandung.

Kresno Sudarti, Ella NH., Endah W., dan Iwan A. 2000. Aplikasi Metode Kualitatif dalam Penelitian Bidang Kesehatan. Jakarta : Fakultas Kesehatan Masyarakat UI.

Mc Partland, J & Klin, A. 2006. Asperger’s Sydrome. Adolescent Medical Clinic. 17 (3): 71-88 dalam http//ms. Wikipedia.org

Meyer, R.E. 2007. Learning. Jounal of Wikipedia the free encyclopedia. Diunduh tanggal 21 Januari 2012 Dari. http//en.wikipedia.org

Pusponegoro, H.D. 2005. Autisme, Bagaimana mengenalnya? Anakku.1.10-14.

Sutopo HB. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Utami,S. 2001. Menangani Perilaku Pada Anak Autistik di Sekolah. Nikita. Jakarta: PT. Gramedia.

Williams,R. 2009. Visual Learning Theory. Diunduh tanggal 21 Januari 2012. Dari http://www.aweoregon.org/research_theory.html

Downloads

Published

30-04-2016