Keefektifan Strategi Visual dalam Pembelajaran Keterampilan Sosial pada Anak dengan Kondisi Spektrum Autis Tipe Sindroma Asperger (ASD)
DOI:
https://doi.org/10.26630/jk.v7i1.128Keywords:
Strategi visual, Pembelajaran keterampilan sosial, Autis Spectrum Disorder (ASD)Abstract
Perilaku tantrum merupakan perilaku yang sering muncul pada anak spektrum autisme, berupa perilaku mengamuk, amarah meledak-ledak, jeritan, tangisan, membentur-benturkan kepala, memukul-mukul, menendang, berguling-guling dan kekakuan tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan strategi visual untuk mengatasi perilaku tantrum pada anak dengan kondisi Autis Spectrum Disorder (ASD). Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif analitik kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling dengan kriteria tertentu (purposive sampling). Informan dalam penelitian ini adalah guru pendamping (shadow teacher), orang tua dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran keterampilan sosial dengan strategi visual sudah terencana dengan baik tetapi sistem pendokumentasian masih bersifat umum, (2) pelaksanaan pembelajaran keterampilan sosial dengan strategi visual dilakukan di dalam kelas dan luar kelas, dengan menggunakan gambar-gambar mengenai suatu tindakan yang harus dilakukan oleh anak, (3) evaluasi pembelajaran keterampilan sosial dengan strategi visual sudah dilaksanakan selama proses pembelajaran maupun di akhir pembelajaran, namun belum terdokumentasi dengan baik, (4) penggunaan strategi visual dalam pembelajaran keterampilan sosial pada anak ASD tipe Sindroma Asperger dinilai sangat efektif dilihat dari perubahan perilaku yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran keterampilan sosial dengan strategi visual. Implikasi penelitian ini bahwa TPP Al Firdaus perlu menggunakan strategi visual dalam pembelajaran keterampilan sosial pada anak autis serta meningkatkan kualitas guru dan terapis agar penggunaan strategi visual dalam pembelajaran dan terapi untuk anak autis lebih optimal.
References
Anonim. Sindrom Asperger. 2007. Diunduh tanggal 27 November 2011 dari http//ms. wikipedia.org
Atwi Suparman. 1997. Desain Instruksional: Bahan Ajar Program Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional Untuk Dosen Muda. Jakarta : PAU Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Camphell,L. 1996. Teaching and Learning Through Multiple Intelligence. Massachusset: A Simin and Schuster Company.
Conner,R.D. 1998. Gathering Information about Teacher Classroom Behaviour. Makalah: Tidak dipublikasikan.
Dick, Walter, dan Lou Carey. 1990. The Systematic Design of Instruction. Third Edition. Florida : Harpe Collins Publisher.
Greenspan,S &Wieder.S. 2010. “Engaging Autism†Melangkah Bersama Autisme. Jakarta: Yayasan Ayo Main.
Groundland, Norman E. 1985. Measurement and Evaluation in Teaching. New York: Mc Milan Publishing Company EGC.
Hadgdon, L. 2007. 25 Reason to Use Visual Strategy. Diunduh tanggal 21 November 2011 dari www.usevisualstrategies.com/
Hasibuan dan Moedjiono. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hidayat. 2006. Mengenal Autisme dan Pendidikannya. Makalah Pelatihan di BPG SLB Bandung.
Hidayat. 2006. Strategi Visual untuk Peningkatan Komunikasi dan Atensi-Kosentrasi Anak Autis.Makalah Pelatihan di BPG SLB Bandung.
Kresno Sudarti, Ella NH., Endah W., dan Iwan A. 2000. Aplikasi Metode Kualitatif dalam Penelitian Bidang Kesehatan. Jakarta : Fakultas Kesehatan Masyarakat UI.
Mc Partland, J & Klin, A. 2006. Asperger’s Sydrome. Adolescent Medical Clinic. 17 (3): 71-88 dalam http//ms. Wikipedia.org
Meyer, R.E. 2007. Learning. Jounal of Wikipedia the free encyclopedia. Diunduh tanggal 21 Januari 2012 Dari. http//en.wikipedia.org
Pusponegoro, H.D. 2005. Autisme, Bagaimana mengenalnya? Anakku.1.10-14.
Sutopo HB. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Utami,S. 2001. Menangani Perilaku Pada Anak Autistik di Sekolah. Nikita. Jakarta: PT. Gramedia.
Williams,R. 2009. Visual Learning Theory. Diunduh tanggal 21 Januari 2012. Dari http://www.aweoregon.org/research_theory.html
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.