Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kunjungan Pelayanan Gigi Di Puskesmas Way Laga Kota Bandar Lampung

Avoanita Yosa, Sri Wahyuni

Abstract


Tingginya permasalahan gigi berlubang di Indonesia belum bisa meningkatkan jumlah kunjungan masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan di BP gigi Puskesmas Way Laga serta belum sesuai dengan target yaitu minimal sekali dalam 6 bulan .Penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan jumlah kunjungan pelayanan kesehatan gigi di BP Gigi Puskesmas Way Laga Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung. Pendekatan cross sectional dilakukan dengan sampel 62 orang yang memanfaatkan BP Gigi Puskesmas Way Laga yang diperoleh dengan teknik quota sampling dengan variabel  jarak, sosial ekonomi masyarakat dan kepuasan masyarakat terhadap tingkat kunjungan masyarakat. Hasil uji statistik menggunakan chi square (tingkat kepercayaan 95 %)  menunjukkan bahwa jarak (p = 0,204) dan kepuasan masyarakat (p = 0,40) tidak berhubungan dengan tingkat kunjungan masyarakat ke BP Gigi Puskesmas Way Laga. Dari hasil penelitian disimpulkan yang berhubungan dengan tingkat kunjungan pada pelayanan gigi di BP Gigi Puskesmas Way Laga adalah sosial ekonomi masyarakat (p=0,02) dimana dalam mengakses Puskesmas Way Laga memerlukan biaya untuk transportasi. Saran dalam penelitian ini Puskesmas Way Laga dianjurkan untuk melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkunjung ke pelayanan kesehatan gigi serta membuka akses pelayanan kesehatan gigi di Puskesmas Pembantu untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke BP Gigi.

 


Keywords


jarak, sosial ekonomi, kepuasan, tingkat kunjungan

References


Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. 2010. Profil Dinkes Propinsi Lampung. Bandar Lampung

Madona, R. 2012. Gambaran Tingkat kunjungan pasien ke BP Gigi Puskesmas di Bandar Lampung. Laporan penelitian, Politeknik Kesehatan Tanjungkarang Jurusan Keperawatan Gigi. Bandar Lampung

DepKes RI. 2007. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta

Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Arikunto. 2006. Prosedur penelitian statistik praktik. Edisi revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Kristina dkk. 2008. Perilaku pengobatan sendiri yang rasional pada masyarakat kecamatan Depok dan Cangkringan Kabupaten Sleman. Skripsi. Universitas Gajahmada. Yogyakarta

Appolonia. 2009. Faktor-faktor yang berhubungan dengan jumlah kunjungan pasien di Klinik Gigi Jurusan Kesehatan Gigi Politeknik Kesehatan Departemen Kesehatan RI. Tesis. Jurusan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Udayana.

Budisuari, Made Arsi. 2010. Pemasaran Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Institusi kesehatan

Sriningsih, Y. 2012. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan Puskesmas di Kabupaten Muaro Jambi. Tesis. Universitas Gajahmada

Munawaroh, S. 2011. Analisis hubungan karakteristik dan kepuasan pasien dengan loyalitas pasien di RSU Aisyayah. Tesis. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Muhamadiyah Ponorogo.

Sudarma. 2009. Sosiologi untuk kesehatan. Salemba Medika. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.26630/jak.v4i2.275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Analis Kesehatan



 
   
 
 
Published by: Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang

Alamat: Jl. Brigjend. Soetiyoso No. 1 Kota Metro, Lampung, Indonesia

Phone: 0725-41819,E-mail: jurnal_ak@poltekkes-tjk.ac.id


Jurnal Analis Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.