Dukungan Keluarga Untuk Meningkatkan Motivasi Pasien Kanker Payudara Menjalani Kemoterapi

Marlinda Marlinda, Nur Fadhilah, Novilia Novilia

Abstract


Latar belakang: Peningkatan jumlah penderita kanker payudara mengalami trend peningkatan dari tahun ke tahaun di seluruh dunia, termasuk Indonesia.Salah satu pengobatan yang sering dilakukan adalah kemoterapi dengan berbagai efek samping yang penting mendapatkan perhatian. Tujuan:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga terhadap motivasi pasien kanker payudara dalam menjalani kemoterapi. Metode:Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain studycross sectional. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 68 responden dengan teknik accidental sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner untuk mengukur dukungan keluarga dan motivasi pasien. Analisis data bivariatmenggunakan uji chi-square. Hasil:Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga terhadap motivasi pasien kanker payudara dalam menjalani kemoterapi (p value = 0,000; OR=8,758). Simpulan: Dukungan keluarga meningkatkan motivasi pasien kanker payudara dalam menjalani selama kemoterapi untuk sembuh. Pentint upaya mengembangkan pelayanan kesehatan pada pasien kanker payudara dengan kemoterapi dalam peningkatan kualitas pelayanan, khususnya pemberian dukungan untuk memotivasi pasien yang menjalani kemoterapi dengan berbagai efek samping yang dihadapi.


Keywords


Family support; Motivation; Breast cancer; Chemotherapy.

Full Text:

PDF

References


American Cancer Society. (2015). Breast Cancer Facts & Figures 2015-2016. Retrived November 29th, 2018 from https://www.cancer.org/content/dam/cancer-org/research/cancer-facts-and-statistics/breast-cancerfacts-and-figures/breast-cancer-facts-and-figures-2015-2016.pdf

Fauziana, A. (2011). Hubungan dukungan keluarga dengan motivasi menjalani kemoterapi pada pasien post op ca mammae di RS Kanker Dharmis Jakarta Barat.

Friedman, M. (2010). Buku ajar keperawatan keluarga, riset teori dan praktek. Edisi 5. Jakarta: EGC

Indriyatmo, W. 2015. Hubungan dukungan keluarga dengan motivasi untuk sembuh pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi di Ruang One Day Care RSUD dr. Moewardi. Skripsi. Surakarta : STIKes Kusuma Husada Surakarta

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Info Datin Kanker Payudara. Retreived November 29th, 2018 from http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin /infodatin /InfoDatin.pdf.

Misgiyanto & Susilawati, D. (2014). Hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan penderita kanker serviks. Jurnal Keperawatan,Vol. 5, Nomor 1, Januari 2014: 01-15.

Muslimawati, A. (2017). Hubungan spiritualitas dengan motivasi pasien kanker dalam menjalani kemoterapi Di RSUD Ulin Banjarmasin. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

Nisman. (2011). Lima menit kenali payudara anda. Yogyakarta: CV Andi Offset

Purwanti. (2013). Hubungan dukungan keluarga dengan harga diri pada pasien kanker payudara di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Skripsi. STIKes Aisiyah Yogyakarta. Retreived November 29th, 2018 from http://digilib.unisayogya.ac.id/553/1 /naskah%20publikasi.pdf

Rahmawati, A., Lestari, A. dan Setiawan, F. (2015). Mekanisme koping berhubungan dengan tingkat kecemasan pasien kemoterapi Di Ruang Kemoterapi RS Urip Sumoharjo Lampung. Jurnal MOTORIK STIKesmukla. 10(20). Februari 2015.

RS Urip Sumoharjo. (2017). Medical Record RSUS tahun 2017.

Saktiyanto. 2015. Penderita kanker. Artikel Kesehatan Lampung. www.saibumi.com. Diakses pada tanggal 23 Maret 2019.

Sari, M., Dewi, Y. I., dan Utami, A. (2012). Hubungan dukungan keluarga terhadap motivasi pasien kanker payudara dalam menjalani kemoterapi di RuangCendrawasih I RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Jurnal Keperawatan. PSIK STIKES Hangtuah Pekanbaru.

Setiawan. (2015). The effect of chemotherapy in cancer patient to anxiety. Majority, 4(4).

Subekti. (2010). Tingkat pengetahuan tentang kanker terhadap motivasi menjalani kemoterapi RSUP Dokter Kariadi Semarang. Jurnal Penelitian Kesehatan.

Suyanto & Arumdari, N.P.P. (2017). Dukungan keluarga pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi di Rumah Sakit Islam Sultan Agung.Procceding Unissula Nursing Conference: Universitas Sultan Agung Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.26630/jkm.v12i2.1973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


   


Published by: Politeknik Kesehatan Tanjungkarang, Indonesia
Flag Counter