HUBUNGAN SEKSIO SESAREA DAN PARITAS DENGAN PERDARAHAN POSTPARTUM DI RSUD AHMAD YANI KOTA METRO

Wahyu Asih Winda Firdawanti, Herlina Herlina

Sari


Secara global kematian ibu yang disebabkan oleh perdarahan postpartum sebesar 25%. Angka kejadian perdarahan postpartum di RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro tahun 2013 berjumlah 5,78%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara seksio sesarea dan paritas dengan perdarahan postpartum di RSUD Jenderal Ahmad Yani kota Metro. Penelitian ini menggunakan rancangan case control dengan perbandingan sampel kasus dan control adalah 1 : 1, yaitu52 kelompok kasus dan 52 kelompok kontrol. Sampel diperoleh dengan menggunakansimple random sampling. Analisa data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian menyimpulkanada hubungan paritas dengan perdarahan postpartum (p=0,025), sedangkan paritas tidak berhubungan (p=0,646). Petugas kesehatanperlu melakukan pemantauan kesehatan ibu hamil, dan persalinan, sehingga dapat mendeteksi sedini mungkin komplikasi yang dapat menyebabkan perdarahan postpartum, khususnya karena seksio sesarea dan paritas yang tinggi.


Kata Kunci


Seksio sesarea, paritas, perdarahan postpartum

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bobak, Irene M. at all. 2005. Buku Ajar Keperawatan Maternitas Edisi 4, diterjemahkan oleh Maria A. Wijayarini. Jakarta: EGC.

Cunningham, Gery. at all. 2006. Obstetri Williams, diterjemahkan oleh Brahm U. Jakarta: EGC.

Departemen Kesehatan RI. 2009. Profil Kesehatan Indonesia 2008. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Darmin, Dina. 2013, Faktor Determinan Kaejadian Perdarahan postpartum di RSUD Majene Kabupaten Majene Tahun 2013, Bagian kesehatan Reproduksi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanudin.

Dinas kesehatan Provinsi Lampung. 2013, Profil Kesehatan Provinsi Lampung 2012, Bandar Lampung.

Eniyati, Sholihah Arifin. 2013. Asuhan Kebidanan pada Persalinan Patologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitria, Ariyani, 2013. Hubungan Seksio Sesarea Dan Makrosomia Dengan Kejadian Perdarahan Postpartum di RSUD Jendral Ahmad Yani Kota Metro Tahun 2013, Skripsi Diploma IV, Jurusan kebidanan Klinik Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang, Bandar Lampung.

Kementerian Kesehatan RI. 2013. Survey Demografi Kesehatan Indonesia. Jakarta: BPS dan BKKBN.

Khumaira, Marsha. 2012. Ilmu Kebidanan. Yogyakarta: Citra Pustaka.

Norwitz, Errol; Schorge, John. 2007. At Glance Obstetri and Ginekologi, Edisi 2. Jakarta: Erlangga.

Oxorn, Harry; Forte, William R. 2010. Ilmu Kebidanan: Patologi dan Fisiologi Persalinan, diterjemahkan oleh M. Hakimi. Yogyakarta: Yayasan Essentia Media.

Rekam Medis RSUD Ahmad Yani Kota Metro, 2011-2013.

Sofian, Amru. 2012. Sinopsis Obstetri. Jakarta: EGC.

Saifuddin, Abdul Bari (Ed.). 2010. Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta: PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Yuniar. 2004, Hubungan Antara Paritas Dengan Pendarahan Post Partum Di Rumah Bersalin Kasih Ibu Pekalongan tahun 2004. Tersedia online: [http://www.fkm.undip.ac.id/data/index] [4 Februari 2014]


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.