HUBUNGAN PERSEPSI MAKANAN, PENYESUAIAN PERAN DIRI, TEMPAT TINGGAL DAN TEKANAN KELOMPOK DENGAN KECEMASAN MAHASISWA AKPER DHARMA WACANA METRO

Authors

  • Janu Purnomo Akper Dharma Wacana Metro

DOI:

https://doi.org/10.26630/jkm.v9i1.1760

Keywords:

Kecemasan, persepsi makanan, penyesuaian peran diri, tekanan kelompok

Abstract

Kecemasan dapat diartikan suatu keadaan yang membuat  seseorang tidak nyaman dan terbagi dalam beberapa tingkatan. Jadi cemas berkaitan dengan perasaan yang tidak pasti dan tidak berdaya.Tujuan penelitian  adalah untuk mengetahui hubungan persepsi makanan, penyesuaian peran diri, tempat tinggal dan tekanan kelompok dengan  kecemasan mahasiswa Akper Dharma Wacana Metro angkatan XXIII di asrama. Jenis penelitian ini analitik kuantitatif dengan pendekatan Studi Cross Sectional. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 113 responden. Data diperoleh dengan tehnik wawancara menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan Uji Chi square, dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa ada hubungan variabel  penyesuaian diri (p-value = 0,019), tempat tinggal  (p-value = 0,028) dengan kecemasan, dan tidak ada hubungan persepsi makanan (p-value = 1,000), tekanan kelompok (p-value = 0,131) dengan kecemasan.

 

References

Stuart & Sundeen (2013), Keperwatan psikitrik: Buku Saku Keperawatan Jiwa,Edisi 5. Jakarta : EGC.

Kusumawati F (2011), Buku ajar keperawatan Jiwa, Salemba Medika

Sunaryo. (2004) Psikologi Untuk Keperawatan. EGC, Jakarta.

Amir Hossein H,( 2014), Evaluating the Relationship of Anxiety, Stress and Depression with Sleep Quality of Students Residing at the Dormitories of Teheran University of Medical Sciences in 2013, World Journal of Medical Sciences 11 (4), Publications, 2014

Purwono J, (2014), penelitian. Gambaran tingkat kecemasam mahasiswa Akper Dharma wacana Metro angkatan XXII saat pertama tinggal di asrama, Jurnal Wacana Kesehatan 2014

Depkes (2009), Definisi dan karakteristik Umur

Stella TH, 2014) Gambaran Tingkat Keccemasan Pada Mahasiswa Semester Satu Di Fakultan Kedokteran Universitas Kristen Maranatha Tahun 2014, http://repository.maranatha.edu

Hungu, (2007), Demografi kesehatan Indonesia, penerbit Grasindo.

Kemenkes RI (2008. Riset Kesehatan dasar (Riskesdas) 2007. Jakarta: Kemenkes 2008

Stuart, G. W. & Sundeen, S. J. 2000. Buku Saku Keperatawan Jiwa. Edisi 5. Buku Kedokteran Jiwa. Jakarta: EGC.

Sadock, B.J., & Sadock, V.A.( 2009). Kaplan & Sadock's Synopsis of Psychiatry: Behavioral Sciences/Clinical Psychiatry, 10th Edition.(Philadelphia: LIPPINCOTT WILLIAMS & WILKINS)

Sutardjo Wiramihardja. (2005). Pengantar Psikologi Abnormal.Bandung: Refika Aditama

Fratiwi,( 2010), “Gambaran Gangguan Kecemasan pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha Angkatan 2008â€. Program Studi edokteran: Universitas Kristen Maranatha Bandung.

Notoatmodjo, S. (2007).Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta

Suci A, (2012),Skripsi, Faktor lingkungan dan faktor individu hubungannya dengan konsumsi makanan pada mahasiswa asrama Univerista Indonesia Depak Tahun 2012.

Geruangan. 2004, Psikologi Sosial, PT Refika Aditama, IKAPI, Bandung.

Fatimah Saguni,dkk ( 2013), Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Regulation Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Akselerasi Smp Negeri 1 Palu.

Poerwadarminta (2005), Kamus besar bahasa Indonesia.

Rahmania U , Pembentukan Iklim Sosial-Akademik Di Asrama Mahasiswa, http://journal.uny.ac.id

Smith, J.D., Cousins, J.B., & Stewart. B. (2005). Anti bullying intervention in schools: ingridents of affective pro-gram. Canadian Journal of Education, 28 (4), 739-762.

Drummond KE & Brefere LM. 2010. Nutrition for Foodservice and Culinary Professional’s, Seventh Edition. New Jersey:John Wiley & Sons, Inc.

Hurlock, E.B (2002). Psikologi Perkembangan. 5th edition. Erlanga: Jakarta

Rachmahana, R.S. (2002). Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Psikodimensia Kajian Ilmiah Psikologi, Vol. 2. No. 3 (132-137)

Sejiwa. (2008). Bullying,mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak. Jakarta:Gramedia.

Muhammad, M. (2009). Aspek Perlindungan Anak dalam Tindak Kekerasan (Bullying) Terhadap Siswa Korban Kekerasan di Sekolah. Jurnal Dinamika Hukum, 9(3) 20-29

Mangadar Simbolon ( 2012), Perilaku Bullying pada Mahasiswa Berasrama, Jurnal psikologi volume 39, no. 2, Desember 2012: 233 – 243

Downloads

Published

2016-06-30