HUBUNGAN USIA ANAK, JENIS KELAMIN DAN BERAT BADAN LAHIR ANAK DENGAN KEJADIAN ISPA

Firda Fibrila

Sari


Prevalensi ISPA di Indonesia sekitar 25% dan di provinsi Lampung sekitar 20%. Sebanyak 23% kasus ISPA berat terjadi pada anak berusia di atas 6 bulan, insidens lebih tinggi pada anak laki-laki dan berat badan lahir yang memiliki peran penting terhadap kematian akibat ISPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan usia anak, jenis kelamin dan berat badan lahir dengan kejadian ISPA. Penelitian menggunakan survei analitik dengan rancangan case control. Sampel penelitian berjumlah 48 meliputi: 24 kasus dan 24 kontrol yang diperoleh dengan teknik quota sampling.  Pengumpulan data menggunakan data primer dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat hubungan antara usia anak (p-value = 0,018; OR = 5,320) dan berat badan lahir (p-value = 0,037; OR = 4,491) dengan kejadian ISPA, sedangkan jenis kelamin tidak terdapat hubungan. Petugas kesehatan perlu lebih meningkatkan promosi hidup sehat kepada orang tua untuk mencegah terjadi ISPA pada balita.


Kata Kunci


Usia anak, Jenis kelamin, BBL, ISPA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


WHO, 2007, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) yang Cenderung menjadi Epidemi dan Pedemi, Tersedia online: [http://www.acehforum.or.id] [12 Februari 2015].

Departemen Kesehatan RI, 2012, Survey Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) Tahun 2011. Jakarta.

Dinas Kesehatan Provinsi Lampung 2013, Profil Kesehatan Provinsi Lampung tahun 2012, Bandar Lampung.

Kementerian Kesehatan, 2013, Riset Kesehatan Dasar, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Jakarta.

Maryunani, Anik, 2010, Ilmu Kesehatan Anak dalam Kebidanan, Jakarta: Trans Info Media

Kartasasmita, B, C. 2010. Pneumonia Pembunuh Nomor 1, Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Ranny, Liviandari Ranantha, 2014, Hubungan Karakteristik Balita dengan Kejadian ISPA pada Balita di Desa Gandon Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung, Tersedia Online: [http://eprints.dinus.ac.id] [17 Februari 2015].

Wong Donna L, et al, 2008, Buku Ajar Keperawatan Pediatrik, Volume 1 & 2, Jakarta, Penerbit EGC.

Behrman, K. & Arvin, N., 2000. Pemberian Makanan Bayi dan Anak. Ilmu Kesehatan Anak, Vol.1, Penerbit Buku Kedokteran RGC, Jakarta

Wantania, J.M., Naning, R., Wahani, A, 2008. Insfeksi Respirarori Akut. Buku Ajar Respiratologi Anak Edisi Pertama. Ikatan Dokter Anak Indonesia, Jakarta

Kristina, Ni Nyoman, 2013, Mengenal Penyakit Pneumonia (ISPA), Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Tersedia online: [www.diskes.baliprov.go.id] [7 Maret 2015]

Mei Elyana, Aryu Candra, 2013, Hubungan Frekuensi ISPA dengan Status Gizi Balita di Klinik Masjid Agung Jawa Tengah, Tersedia online: [http://ejournal.undip.ac.id] [12 Februari 2015].

Sukmawati, dan Sri D.A, 2009, Hubungan Status Gizi, Berat Badan Lahir, Imunisasi, dengan Kejadian ISPA pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Tunikamaseang Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros, Tersedia Online: [http://jurnalmediagizipangan.files.wordpress.com] [17 Februari 2015].

Layuk, Ribka Rerung, 2013, Faktor yang berhubungan dengan Kejadian ISPA pada Balita di Lembang Batu Sura, Tersedia online: [http://repository.unhas.ac.id] [17 Februari 2015].


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.