FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DIPLOMA III KEBIDANAN SE-PROPINSI LAMPUNG TAHUN AKADEMIK 2010/20

Supriatiningsih supriatiningsih, M Ridwan

Abstract


Abstrak. Prestasi belajar pada hakekatnya adalah hasil belajar yang diperoleh seseorang/mahasiswa pada suatu saat. Faktor-faktor yang mempengaruhi Prestasi belajar digolongkan menjadi dua yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal meliputi; guru, metode belajar mengajar, asal daerah, lingkungan belajar, status sosial orang tua, dan sebagainya, sedangkan faktor internal seperti bakan minat, motivasi, kecerdasan, dan sebagainya.

Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar Diploma III Kebidanan se-Propinsi lampung tahun Akademik 2010-2011. Rancangan penelitian merupakan studi cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Diploma III Kebidanan se-Propinsi lampung tahun akademik 2010-2011 dengan besar sampel sebanyak 280 orang. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi-Squre dan multiple logistic regression dengan model prediksi.

Hasil penelitian diperoleh proporsi prestasi belajar dan nilai ujian masuk masing-masing sebesar 51,4% dengan katagori baik, 76,8% berasal dari SLTA negeri, 90% jenis pendidikan SMU/A, 72,5% kekhususan IPA, 86,1% umur ijazah ≤ 1 tahun, 51,1% nilai ujian masuk baik dan 65,7% tinggal di asrama. Hasil analisis hubungan nilai UAN,  asal sekolah, kekhususan, umur ijazah, nilai ujian masuk dengan prestasi belajar diperoleh nilai p masing-masing 0,000. Hubungan jenis pendidikan dengan prestasi belajar diperoleh nilai p=0,002, dan hubungan kekhususan dengan prestasi belajar diperoleh nilai p=0,025.

Kesimpulan menunjukkan ada hubungan nilai UAN, asal sekolah, jenis pendidikan, kekhususan, umur ijazah, nilai ujian masuk dan tempat tinggal dengan prestasi belajar. Faktor dominan yang berhubungan dengan prestasi belajar adalah nilai UAN (OR=4,9) setelah dikontrol oleh faktor kekhususan dan asal sekolah. Saran : perlu dikaji lebih mendalam pada tahap seleksi administrasi saat seleksi penerimaan mahasiswa baru. Perlu ditetapkan persyaratan minimal NEM SLTA dengan merujuk pada perolehan nilai rata-rata NEM SLTA di Propinsi Lampung pada tiap tahunnya, perlu tetap merekomendasikan kekhususan IPA selain itu  sehingga diharapkan  “ row imput “ calon peserta didik yang berkualitas. Selain itu perlu setiap institusi Diploma III Kebidanan mewajibkan peserta didiknya tinggal diasrama dengan  menyiapkan sarana dan prasarana yang baik.


Keywords


Prestasi belajar, Diploma III Kebidanan, Propinsi Lam

References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta, 2002.

Azwar. S. Tes Prestasi. Edisi II. Pustaka Pelajar. Yogyakarta, 1987.

Baharudin, 1999. Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Prestasi Belajar Siswa SPK Tjoet Nya Dien Banda Aceh. Thesis IKM FKM Universitas Indonesia

Departemen Pendidikan Nasional. Himpunan Peraturan Ebta/Ebtanas Tahun Pelajaran 2004/2005. Bandung, 2004.

Departemen Kesehatan RI. Pusdiknakes. Pedoman Umum Penyelenggaraan Program Pendidikan Diploma III. Kesehatan. Jakarta, 1997.

Departemen Kesehatan RI. Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta, 2000.

Departemen Kesehatan RI. Pedoman kurikulum Diploma III Kebidanan. Jakarta, 2002.

Departemen Kesehatan RI. PPSDM. Pusdiknakes. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sipensimaru Diknakes Tahun Ajaran 2004/2005. Jakarta, 2004.

Departemen Kesehatan RI, PPSDM. Rencana Aksi Badan PPSDM Tahun 2005-2009. Juli Jakarta, 2007

Departemen Kesehatan RI. Politeknik Kesehatan Tanjungkarang. Panduan Akademik Politeknik Kesehatan Tanjungkarang. Tahun 2004.

Karbito, 2004. Model Prediksi Prestasi Belajar Mahasiswa Politeknik Kesehatan Tanjungkarang. Thesis IKM FKM Universitas Indonesia.

Makmud. M.D. Psikologi Pendidikan. Edisi Pertama, BPFE. Yogyakarta, 1990.

Masrun dan Mulyani. S. Psikologi Pendidikan. Gadjah mada Press. Yogyakarta, 1972.

M. Ridwan. Dkk, 2005. Hubungan Antara Nilai Ebtanas Murni (EBTA), Nilai Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru dengan Prestasi Belajar Tahun Pertama Mahasiswa Program Studi Kebidanan Metro Tahun Akademik 2004/2005. Tidak dipublikasikan. Metro

Nurkancara.W dan Sumartana. P.P.N. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya

Notoatmodjo, Soekidjo. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta, 2003.

Notoatmodjo, Soekidjo. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta, 2002.

Sugiyono. Statistik Untuk Penelitian. Alpha Beta. Bandung, 1997.

Singarimbun, Masri dan Sofyan Efendi. Metodologi Penelitian Survei. Cetakan Pertama, LP3ES. Jakarta, 1989.

Syam. M.N. et, al. Pengantar Dasar-Dasar Pendidikan. CV. Rajawali. Jakarta, 1988.

Syamsudin, 2000. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Indeks Prestasi Peserta Didik AKPER Depkes Banda Aceh Tahun 1999. Thesis IKM-FKM Universitas Indonesia Tahun 2002.

Slameto, 2003. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Belajar. Alpha Beta. Bandung.

Purwodarminto. W.J.S. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta, 2000.

Wiranata U.S dan Rosita. T. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Pertama Universitas Terbuka. Jakarta, 1994.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.