PENGGUNAAN PUZZLE SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MITIGASI BENCANA KEBAKARAN BAGI TENAGA KERJA DI INDUSTRI DIPO BAKERY BANTUL YOGYAKARTA

Ulul Choiriyah, Heru Subaris Kasjono, Yamtama Yamtama

Abstract


Kebakaran merupakan salah satu bencana yang sering terjadi di Indonesia. Rendahnya pengetahuan mitigasi seringkali menjadi pemicu terjadinya kebakaran. Salah satu media pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan adalah dengan media puzzle. Penelitian bertujuan untuk menganalisis penggunaan media puzzle untuk meningkatkan pengetahuan mitigasi kebakaran pada karyawan industri roti. Penelitian menggunakan rancangan pre-test and post-test with control group, dilakukan di dua industri roti berbeda. Penyuluhan dengan media puzzle pada kelompok ekperimen (n=21), dan media ceramah untuk kelompok kontrol (n=17). Seluruh karyawan diikutkan dalam penelitian (N=38). Data dianalisis dengan Wilcoxon Sign Rank test dan Mann-Whitney test, pada tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukan peningkatan rata-rata nilai pengetahuan pada kelompok eksperimen, dari 9,24 menjadi 13,52, atau sekitar 46,4%. Pada kelompok kontrol, dari 9,24 menjadi 12,53, atau 37,5%. Pada kedua kelompok, nilai pengetahuan secara signifikan berbeda antara sebelum dan sesudah perlakuan (p-value= 0,0001). Hasil analisis statistik juga menunjukkan perbedaan nilai pengetahuan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol (p-value= 0,002). Nilai pengetahuan dengan media puzzle lebih besar, dibandingkan metode penyuluhan dengan ceramah. Penelitian telah membuktikan bahwa penyuluhan dengan media puzzle dapat meningkatkan pengetahuan tentang mitigasi kebaran yang lebih baik, dibandingkan dengan metode ceramah. Media puzzle menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk kegiatan penyuluhan kesehatan.

Keywords


Penyuluhan; puzzle; mitigasi; kebakaran

Full Text:

PDF

References


Amron. (2020). Produktivitas Tenaga Kerja. Pengetahuan Dan Produktivitas Skill Tenaga Kerja, Jakarta.

Asiri, L., Program, D., Ilmu, S., & Buton, U. M. (2020). Pelaksanaan Mitigasi Bencana Kebakaran Pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Buton. Pelaksanaan Mitigasi Bencana Kebakaran Pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Buton, 3(2).

Aswandi, Z. (2020). Penggunaan Permainan Puzzle Dalam pembelajaran Mata Diklat Whole of Government Bagi Peserta Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Barat, 3(2).

Mubarak, W. . (2007). Promosi Kesehatan untuk Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar Dalam Pendidikan. Promosi Kesehatan, Yogyakarta, Graha Ilmu.

Notoatmodjo. (2012). Jenis Penelitian Kuantitatif. Jurnal Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif, Jakarta, Jakarta Press.

Peraturan undang undang. (2007). Undang undang Republik Indonesia No 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana. 3(September), 119–122.

Ramadhani Oktavia. (2022). Pengaruh Kejenuhan Terhadap Konsentrasi Belajar dan Cara Mengatasinya pada Peserta Didik di SDN 1 Pandan. 6(2), 242–250.

Rasyid, I. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Manfaat Pembelajaran, 91–96.

Salasa, Z. (2013). Pengaruh Penyuluhan dengan Metode Ceramah dan Diskusi Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Anak tentang PHBS Di SD Kelurahan Namogajah Kec. Medan Tuntungan tahun 2013. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Media yang tepat Dalam Pembelajaran. Jurnal Manjemen Pendidikan, 1.

Silampari, J. K. (2018). Stimulasi Permainan Puzzle Berpengaruh Terhadap Perkembangan Sosial dan Kemandirian anak usia Prasekolah. Jurnal Keperawatan Silampari (JKS), 1(2).

Suharjo. (2018). Program Kerja Perusahaan. Produktivitas Kerja Tenaga Kerja.

Sunhaji, S. (2013). Konsep Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1, 1–75.

Tampubolon. (2019). Pengaruh Media Visual Poster dan Leaflet Makanan Sehat terhadap Perilaku Konsumsi Makanan Jajanan Pelajar Kelas Khusus SMA Negeri 1 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal.

Triana, D., Hadi, T. S., & Husain, M. K. (2017). Mitigasi Bencana Melalui Pendekatan Kultural Dan Struktural. Rekayasa Teknologi Dn Informasi.




DOI: https://doi.org/10.26630/rj.v17i1.3767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publish by: Department of Environmental Health, Tanjungkarang Health Polytechnic

Alamat: Jl. H. Mena No.100, Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35145.
Telepon: 081273715302, email:  ruwajurai@poltekkes-tjk.ac.id

Lisensi Creative Commons
Ruwa Jurai: Jurnal Kesehatan Lingkungan is licensed under a Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .