PENGGUNAAN PUZZLE SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MITIGASI BENCANA KEBAKARAN BAGI TENAGA KERJA DI INDUSTRI DIPO BAKERY BANTUL YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.26630/rj.v17i1.3767Keywords:
Penyuluhan, puzzle, mitigasi, kebakaranAbstract
Kebakaran merupakan salah satu bencana yang sering terjadi di Indonesia. Rendahnya pengetahuan mitigasi seringkali menjadi pemicu terjadinya kebakaran. Salah satu media pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan adalah dengan media puzzle. Penelitian bertujuan untuk menganalisis penggunaan media puzzle untuk meningkatkan pengetahuan mitigasi kebakaran pada karyawan industri roti. Penelitian menggunakan rancangan pre-test and post-test with control group, dilakukan di dua industri roti berbeda. Penyuluhan dengan media puzzle pada kelompok ekperimen (n=21), dan media ceramah untuk kelompok kontrol (n=17). Seluruh karyawan diikutkan dalam penelitian (N=38). Data dianalisis dengan Wilcoxon Sign Rank test dan Mann-Whitney test, pada tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukan peningkatan rata-rata nilai pengetahuan pada kelompok eksperimen, dari 9,24 menjadi 13,52, atau sekitar 46,4%. Pada kelompok kontrol, dari 9,24 menjadi 12,53, atau 37,5%. Pada kedua kelompok, nilai pengetahuan secara signifikan berbeda antara sebelum dan sesudah perlakuan (p-value= 0,0001). Hasil analisis statistik juga menunjukkan perbedaan nilai pengetahuan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol (p-value= 0,002). Nilai pengetahuan dengan media puzzle lebih besar, dibandingkan metode penyuluhan dengan ceramah. Penelitian telah membuktikan bahwa penyuluhan dengan media puzzle dapat meningkatkan pengetahuan tentang mitigasi kebaran yang lebih baik, dibandingkan dengan metode ceramah. Media puzzle menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk kegiatan penyuluhan kesehatan.References
Amron. (2020). Produktivitas Tenaga Kerja. Pengetahuan Dan Produktivitas Skill Tenaga Kerja, Jakarta.
Asiri, L., Program, D., Ilmu, S., & Buton, U. M. (2020). Pelaksanaan Mitigasi Bencana Kebakaran Pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Buton. Pelaksanaan Mitigasi Bencana Kebakaran Pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Buton, 3(2).
Aswandi, Z. (2020). Penggunaan Permainan Puzzle Dalam pembelajaran Mata Diklat Whole of Government Bagi Peserta Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Barat, 3(2).
Mubarak, W. . (2007). Promosi Kesehatan untuk Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar Dalam Pendidikan. Promosi Kesehatan, Yogyakarta, Graha Ilmu.
Notoatmodjo. (2012). Jenis Penelitian Kuantitatif. Jurnal Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif, Jakarta, Jakarta Press.
Peraturan undang undang. (2007). Undang undang Republik Indonesia No 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana. 3(September), 119–122.
Ramadhani Oktavia. (2022). Pengaruh Kejenuhan Terhadap Konsentrasi Belajar dan Cara Mengatasinya pada Peserta Didik di SDN 1 Pandan. 6(2), 242–250.
Rasyid, I. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Manfaat Pembelajaran, 91–96.
Salasa, Z. (2013). Pengaruh Penyuluhan dengan Metode Ceramah dan Diskusi Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Anak tentang PHBS Di SD Kelurahan Namogajah Kec. Medan Tuntungan tahun 2013. Jurnal Kesehatan Masyarakat.
Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Media yang tepat Dalam Pembelajaran. Jurnal Manjemen Pendidikan, 1.
Silampari, J. K. (2018). Stimulasi Permainan Puzzle Berpengaruh Terhadap Perkembangan Sosial dan Kemandirian anak usia Prasekolah. Jurnal Keperawatan Silampari (JKS), 1(2).
Suharjo. (2018). Program Kerja Perusahaan. Produktivitas Kerja Tenaga Kerja.
Sunhaji, S. (2013). Konsep Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1, 1–75.
Tampubolon. (2019). Pengaruh Media Visual Poster dan Leaflet Makanan Sehat terhadap Perilaku Konsumsi Makanan Jajanan Pelajar Kelas Khusus SMA Negeri 1 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal.
Triana, D., Hadi, T. S., & Husain, M. K. (2017). Mitigasi Bencana Melalui Pendekatan Kultural Dan Struktural. Rekayasa Teknologi Dn Informasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ruwa Jurai: Jurnal Kesehatan Lingkungan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Ruwa Jurai: Jurnal Kesehatan Lingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.