INSPEKSI SANITASI WISATA KOTAMARA KOTA BAUBAU, KABUPATEN BUTON PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Nurma Rahayu, Agus Darmawan

Abstract


Kawasan wisata Kotamara adalah salah satu daerah wisata unggulan di Kota Baubau, dibangun sejak tahun 2011. Selain sebagai tempat wisata, kawasan ini juga menyediakan fasilitas olahraga. Keselamatan dan kenyamanan pengunjung harus terjaga agar terhindar dari ancaman berbagai macam penyakit melalui penyediaan sarana sanitasi yang baik. Lokasi Wisata Kotamara belum terjamah inspeksi sanitasi tempat-tempat umum. Penelitian bertujuan mengetahui gambaran sanitasi wisata Kotamara. Penelitian menggunakan metode observasional, menggunakan instrumen inspeksi sanitasi tempat-tempat umum. Variabel yang diamati adalah lingkungan wisata meliputi air bersih, toilet umum, pembuangan air limbah, pengelolaan sampah, sarana penyuluhan, fasilitas kesehatan dan alat pemadam kebakaran. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dengan cara transek di seluruh kawasan Kotamara. Hasil pengamatan dibandingkan dengan standar sarana dan prasarana sanitasi, dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Secara umum, kondisi sanitasi kawasan wisata Kotamara masih belum memenuhi persyaratan yang berlaku. Sarana air bersih dan jumlah toilet masih sangat minim sebagai sebuah kawasan wisata yang terbuka untuk umum. Pengelolaan limbah cair dan padat juga belum dilakukan secara baik. Sementara, fasilitas kesehatan dan pemadam kebakaran sebagai fasilitas pendukung juga tidak ditemukan. Hasil ini menunjukkan tingginya risiko kesehatan dan keselamatan pengunjung. Minimnya kualitas sarana sanitasi akan meningkatkan risiko kesehatan dan keselamatan pengunjung wisata. Perlu adanya kerja sama lintas sektor dalam pengadaan, perbaikan, maupun pengawasan sanitasi di kawasan wisata.

Keywords


Inspeksi; sanitasi; wisata; tempat umum

Full Text:

PDF

References


Apriyanti, R., S, R. H., Susilowati, D., & Widayanti, R. (2022). Perencanaan Fasilitas Kesehatan Berbasis Wisata untuk Wisatawan Mancanegara Lanjut Usia di MAdura. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(6), 1–13.

Asosiasi Toilet Indonesia. (2021). Toilet Yang Bersih Adalah Image Pariwisata dan Cermin Budaya Bangsa Indonesia. Asosiasi Toilet Indonesia.

Bagiastra, I. K., & Damayanti, S. L. P. (2021). Ketersediaan dan Pengelolaan Toilet Umum di Obyek Wisata dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pariwisata. Jurnal Bina Kwaya, 15(6), 4605–4614.

Elyazar, N., Mahendra, M., & Wardi, I. (2007). Dampak Aktivitas Masyarakat Terhadap Tingkat Pencemaran Air Laut Di Pantai Kuta Kabupaten Badung Serta Upaya Pelestarian Lingkungan. Ecotrophic: Journal of Environmental Science, 2(1), 1–18.

Kementerian Kesehatan RI. (2017). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2017 Tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan Dan Persyaratan Kesehatan Air Untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua dan Pemandian Umum. In Kementerian Kesehatan RI (pp. 1–20).

Kementerian Pariwisata RI. (2018). Peraturan Menteri Pariwisata Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Operasional Pengelolaan Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pariwisata. In Kementerian Pariwisata RI (pp. 1–148). Kementerian Pariwisata RI.

Novitasari, N. (2022). Evaluasi Sanitasi Fasilitas Umum Di Obyek Wisata Pantai Balekambang. Jurnal of Environmental Health, 2, 96–105.

Santosa, R. W. (2013). Dampak Pencemaran Lingkungan Laut Oleh Perusahaan Pertambangan Terhadap Nelayan Tradisional. Lex Administratum, I(2), 65–78.

Setiady, I., Putra, H. P., & Yuriandala, Y. (2018). Analisis Sikap dan Persepsi Wisatawan dalam Mengelola Sampah di Kawasan Pariwisata Kota Yogyakarta (Studi Kasus Di Tugu Yogyakarta dan Malioboro). 1–10.

Suparlan. (2012). Pengantar Pengawasan Hygiene Sanitasi Tempat-Tempat Umum Wisata & Usaha-Usaha untuk Umum. Dua Tujuh.

Peraturan Daerah Kota Baubau Nomor 4 Tahun 2014 tentang Tata Ruang Wilayah Kota Baubau Tahun 2014-2034, 1 (2014).

Wati, L. L., & Sudarti. (2021). Analisis Perilaku Wisatawan Dalam Membuang Sampah Di Kawasan Wisata Pantai Watu Ulo Kecamatan Ambulu. Jurnal “Teknologi Lingkungan,” 1–8.

Widyanti, N. L. S., Anggreni, M. A., Sumardiana, I. N. J., Yasi, H., & Kurniansah, R. (2020). Manajemen Pengelolaan Toilet Umum di Daya Tarik Wisata Kuta Lombok Tengah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(1), 1–6.




DOI: http://dx.doi.org/10.26630/rj.v16i3.3406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publish by: Department of Environmental Health, Tanjungkarang Health Polytechnic

ISSN Online 2723-7796 | ISSN Print  1978-6204
Jl. H. Mena No.100, Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35145.
Telepon 081273715302, email:  ruwajurai@poltekkes-tjk.ac.id


Statistik Pengunjung:

Lihat Statistik Saya


Lisensi Creative Commons
Ruwa Jurai: Jurnal Kesehatan Lingkungan is licensed under a Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .