HUBUNGAN INTENSITAS KEBISINGAN DENGAN KELUHAN SUBJEKTIF PADA SISWA MAN 2 KOTA PADANG

Authors

  • Afridon Afridon Poltekkes Kemenkes Padang
  • Nailul Hikmi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Alifah Padang
  • Eri Wahyudi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Alifah Padang

DOI:

https://doi.org/10.26630/rj.v16i3.3416

Keywords:

Kebisingan, keluhan subjektif, sekolah

Abstract

Masalah kebisingan akibat kebisingan lalu lintas yang padat di daerah perkotaan bukan masalah baru, sehingga sulit untuk mendapatkan lokasi sekolah yang tenang agar kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik. MAN 2 Padang merupakan salah satu dari banyak sekolah yang terletak di pinggir jalan. Kebisingan di sekitar lingkungan sekolah dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan intensitas kebisingan dengan keluhan subjektif pada siswa MAN 2 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional dengan populasi adalah semua siswa MAN 2 Padang sebanyak 1330 siswa dan sampel sebanyak 83 siswa. Data yang diperoleh dengan melakukan pengukuran kebisingan menggunakan alat Sound Level Meter dan data keluhan subjektif siswa yang diperoleh melaui kuesioner, pengukuran langsung, observasi lapangan, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan intensitas kebisingan di MAN 2 Padang didapatkan 4 titik yang tidak memenuhi persyaratan dan 1 titik yang memenuhi persyaratan perbedaan hasil tersebut dapat diakibatkan oleh jarak setiap titik pengukuran dengan sumber bising padatnya aktivitas lalu lintas dan suara-suara yang dihasilkan oleh kendaraan yang melintas seperti suara knalpot. Dari hasil penelitian keluhan subjektif yang dirasakan siswa didapatkan hasil sebanyak 51 orang (61.4%) yang mengalami keluhan subjektif dan 32 orang (38.6%) yang tidak mengalami keluhan subjektif. Maka hal yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah dengan cara penanaman pohon yang memiliki tajuk tebal dengan daun yang rindang, peletakkan jendela dan ventilasi tidak terlalui banyak terutama bukaan yang langsung mengarah ke jalan dan menggunakan gorden dengan banyak lipatan, bergelombang dan berpori.

References

Dalimunthe, K. T., & Sari, M. V. R. (2020). Hubungan Kebisingan dengan Konsentrasi Belajar Siswa di Sekolah MAS AL Washilyah 22 Tembung. Jurnal Education and DevelopmentInstitut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(1), 380–383.

European Environment Agency. (2020). Environmental Noise in Europe - 2020. In European Environment Agency (Issue 22/2019).

Fahdini, N. W., & Lestari, M. (2019). Analisis Pengaruh Pajanan Kebisingan Arus Lalu Lintas Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas (Sma) Di Kota Palembang Tahun 2019. Universitas Sriwijaya, Palembang.

Halil, A., Yanis, A., & Noer, M. (2015). Pengaruh Kebisingan Lalulintas terhadap Konsentrasi Belajar Siswa SMP N 1 Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 4(1). https://doi.org/10.25077/jka.v4i1.188

Haslianti, H. (2019). Pengaruh Kebisingan Dan Motivasi Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Siswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i4.4839

Irzal. (2016). Dasar-Dasar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (1st ed.). CV Kencana.

Kemenkes RI. (2015). Rencana Strategis kementerian kesehatan tahun 2015-2019. Kemenkes RI.

Kementerian Lingkungan Hidup RI. (1996). Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 48 Tahun 1996 Tentang Baku Mutu Kebisingan (p. 7). Kementerian Lingkungan Hidup RI.

Malau, N. D., Manao, G. R. S., & Kewa, A. (2017). Analisa Tingkat Kebisingan Lalu lintas di Jalan Raya. EduMatSain: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains Dan Sains, 2(1), 89–98.

Marini Susanti Hamidun, Baderan, D. W. K., & Malle, M. (2021). Efektivitas Penyerapan Kebisingan oleh Jenis Pohon Pelindung Jalan di Provinsi Gorontalo. Jurnal Ilmu Lingkungan, 19(3), 661–669. https://doi.org/10.14710/jil.19.3.661-669

Putri, H. A., & Natalina, N. (2022). Efisiensi Penurunan Tingkat Kebisingan Oleh Tanaman Pucuk Merah (Syzygium paniculatum) dan Asoka (Sarasa asoka). Jurnal Lingkungan Dan Sumberdaya Alam (JURNALIS), 5(2), 121–131. https://doi.org/10.47080/jls.v5i2.1902

Yusuf, A., Wanto, N., & Pertiwi, D. (2018). Perbedaan Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa antara Kebisingan Lingkungan Sekolah SDN 03 Alai dan SD Pertiwi 3 Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 6(3), 484. https://doi.org/10.25077/jka.v6i3.726

Zikri, M. R. (2015). Analisis Dampak Kebisingan Terhadap Komunikasi Dan Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Pada Jalan Padat Lalu Lintas. Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah, 3(1). https://doi.org/10.26418/jtllb.v3i1.11913

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Afridon, A., Hikmi, N., & Wahyudi, E. (2022). HUBUNGAN INTENSITAS KEBISINGAN DENGAN KELUHAN SUBJEKTIF PADA SISWA MAN 2 KOTA PADANG. Ruwa Jurai: Jurnal Kesehatan Lingkungan, 16(3), 124–128. https://doi.org/10.26630/rj.v16i3.3416

Issue

Section

Artikel