GAMBARAN PENGELOLAAN SAMPAH DI PASAR KOTA AGUNG KECAMATAN KOTA AGUNG KABUPATEN TANGGAMUS

Maulida Damayanti

Abstract


Pasar merupakan salah satu tempat dengan timbulan sampah yang tinggi. Penelitian bertujuan mengetahui pengelolaan sampah di Pasar Kota Agung, Kabupaten Tanggamus.  mulai dari pewadahan hingga pembuangan akhir. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2018.

Populasi penelitian adalah seluruh pedagang yan berjumlah 845 pedagang, terdiri dari pedagang ruko (23 unit), kios (527 unit), dan pedagang los (295 pedagang). Sampel sebanyak 90 pedagang, dipilih dengan teknik Systematic Random Sampling. Seluruh petugas (16 orang) diikutkan dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan pengukuran.

Hasil penelitian mendapatkan bahwa pengelolaan sampah di Pasar Kota Agung masih kurang baik. Rendahnya partisipasi pedagang dalam kepemilikan tempat sampah dan pengumpulan sampah, menyebabkan sampah berserakan di areal perdagangan. Pengumpulan sampah dilakukan dua kali sehari, tetapi hanya menggunakan satu unit gerobak sampah, dan petugas tidak dilengkapi dengan APD. Konstruksi TPS tidak sesuai dengan persyaratan kesehatan, dan berada sangat dekat dengan areal jual beli. Pada tahap pengangkutan dari TPS ke TPA, truk pengangkut tidak dilengkapi dengan penutup, sehingga berpeluang terjadi ceceran sampah. Perlu upaya peningkatan pengetahuan petugas dan pedagang dalam pengelolaan sampah. Pengelolaan dengan konsep 3R sangat disarankan untuk meningkatkan nilai ekonomi sampah, selain mengurangi volume sampah.

Keywords


Pengelolaan sampah, sampah organik, sampah anorganik, pasar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26630/rj.v13i2.2783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publish by: Department of Environmental Health, Tanjungkarang Health Polytechnic

Alamat: Jl. H. Mena No.100, Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35145.
Telepon: 081273715302, email:  ruwajurai@poltekkes-tjk.ac.id

Lisensi Creative Commons
Ruwa Jurai: Jurnal Kesehatan Lingkungan is licensed under a Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .