HYIGIENE DAN SANITASI MAKANAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. A. DADI TJOKRODIPO BANDAR LAMPUNG

Dini Rasika Sani

Abstract


Hygiene adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan individu, misalnya mencuci tangan untuk melindungi kebersihan tangan, mencuci piring melindungi kebersihan piring, membuang bagian makanan yang rusak untuk melindungi keutuhan makanan secara keseluruhan. Sanitasi makanan adalah upaya-upaya yang ditujukan untuk kebersihan dan keamanan makanan agar tidak menimbulkan bahaya keracunan dan penyakit pada manusia.

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengelolaan hygiene dan sanitasi makanan di RSUD dr. A. Dadi Tjokrodipo, meliputi pemilihan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, pengolahan makanan, penyimpanan makanan jadi, pengangkutan makanan, dan penyajian makanan.

Penelitian bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan tentang pengelolaan hygiene dan sanitasi makanan yang meliputi pemilihan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, pengolahan makanan, penyimpanan makanan jadi/masak, pengangkutan makanan, dan penyajian makanan di RSUD dr. A. Dadi Tjokrodipo.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengelolaan hygiene dan sanitasi makanan di RSUD dr. A. Dadi Tjokrodipo sudah memenuhi syarat yaitu pemilihan bahan baku, pengangkutan makanan, penyajian makanan. Pengelolaan hygiene dan sanitasi makanan yang belum memenuhi syarat yaitu penyimpanan bahan makanan, pengolahan makanan dan penyimpanan makanan jadi.

Keywords


Dini Rasika Sani

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26630/rj.v13i1.2771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publish by: Department of Environmental Health, Tanjungkarang Health Polytechnic

Alamat: Jl. H. Mena No.100, Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35145.
Telepon: 081273715302, email:  ruwajurai@poltekkes-tjk.ac.id

Lisensi Creative Commons
Ruwa Jurai: Jurnal Kesehatan Lingkungan is licensed under a Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .