GAMBARAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NEGARA RATU KECAMATAN SUNGKAI UTARA KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN 2019

Anisa Fitri

Abstract


Mencuci tangan adalah kegiatan yang umum dilakukan manusia di dunia. Tapi membasuh tangan dengan air saja tidaklah cukup. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan upaya yang direkomendasikan untuk mencegah penyakit, dengan pertimbangan bahwa sabun mudah diperoleh dan terjangkau. Selain itu, air mengalir dapat diupayakan hampir di setiap rumah tangga. Supaya efektif, perilaku CTPS juga perlu dilakukan dengan benar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Gambaran Pengetahuan dan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Pada Siswa Sekolah Dasar Di wilayah Kerja Puskesmas Negara Ratu tahun 2019. Jenis penelitian yang di gunakan adalah deskriptif yaitu menggambarkan pengetahuan dan perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada siswa SD yang berada di wilayah kerja Puskesmas Negara Ratu. populasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas IV dan V yang di ambil dari 3 sekolah dasar untuk mendapatkan sampel 96 siswa di Wilayah Kerja Puskesmas Negara Ratu.

Hasil penelitian melaporkan dari 96 responden yang berasal dari 3 sekolah dasar, diketahui bahwa 52 responden (54,2%) yang memiliki pengetahuan baik, tidak terdapat fasilitas di sekolah dasar, dan 44 responden (45,8%) yang memiliki perilaku baik. Puskesmas Natar agar melakukan penyuluhan lebih intensif sehingga pengetahuan dan perilaku cuci tangan pakai sabun pada siswa di sekolah dasar lebih meningkat dan melakuan advokasi kepada pihak sekolah agar membangun fasilitas cuci tangan pakai sabun.

Keywords


CTPS, pengetahuan, sekolah dasar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26630/rj.v13i1.2769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publish by: Department of Environmental Health, Tanjungkarang Health Polytechnic

ISSN Online 2723-7796 | ISSN Print  1978-6204
Jl. H. Mena No.100, Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35145.
Telepon 081273715302, email:  ruwajurai@poltekkes-tjk.ac.id


Statistik Pengunjung:

Lihat Statistik Saya


Lisensi Creative Commons
Ruwa Jurai: Jurnal Kesehatan Lingkungan is licensed under a Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .