GAMBARAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GEDONG TATAAN
DOI:
https://doi.org/10.26630/rj.v12i2.2763Keywords:
Pengetahuan, perilaku, fasilitas, CTPSAbstract
Cuci tangan pakai sabun (CCTPS) merupakan tindakan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan sabun dan air mengalir. CPTS juga untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit. Tujuan penelitian mengetahui gambaran pengetahuan dan perilaku CTPS pada siswa sekolah dasar di wilayah kerja Puskesmas Gedong Tataan. Variabel yang diteliti adalah pengetahuan, fasilitas, dan perilaku CPTS.
Dari hasil penelitian mendapatkan sebanyak 69,2% siswa memiliki pengetahuan yang baik, dan 53,3% memiliki perilaku yang baik dalam CTPS. Sebanyak 25% (N=40) sekolah sudah tersedia fasilitas CTPS secara lengkap.
Perlu meningkatkan pengetahuan siswa dan guru sekolah melalui penyuluhan agar perilaku CTPS menjadi sebuah perilaku yang melekat pada anak sekolah. Menyiapkan fasilitas serta peraturan sekolah menjadi prasarana dalam menciptakan perubahan perilaku.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ruwa Jurai: Jurnal Kesehatan Lingkungan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Ruwa Jurai: Jurnal Kesehatan Lingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.