PENGARUH PAKET EDUKASI TALASEMIA (PEdTal) TERHADAP KUALITAS HIDUP ANAK TALASEMIA

Authors

  • Retno Puji Hastuti POltekkes Tanjungkarang

DOI:

https://doi.org/10.26630/jk.v5i2.45

Abstract

Retno Puji Hastuti1)

1)Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang

e-mail: retnopujihastuti@rocketmail.com

Abstract : The Effect of the Thalasemia Education Package (PEdTal) on the Quality of Life of Children With Thalasemia.The disease of thalassemia, its treatment and lowparental knowledge may leads to poor quality of life (QoL) inchildrenwith thalassemia. This studyaimed toidentify the effect ofthalassemiaeducationpackage(PEdTal) on QoL of childrenwith thalassemia. This quasi-experimental research used preandpost test design to14childrenand parentsselectedbyconsecutive sampling technique. Data were analyzed by distribution frekuency,  paired t test dan Pearson test. The resultswereparental knowledge, behaviour and QoL of childrenwith thalassemiaincreasedafter receivingPEdTal, there was significantdifference inparental knowledgebeforeandafterhealtheducation(p =0.001), there were nosignificantdifferences in QoL beforeandafter being receivePedTalandthere was nodifference in QoL according tochildandparent proxy reports(p >0.05). Pediatricnurses should enhance the skillsof healthcareeducationandimplement PedsQL innursing assessment for thalassemiachildren.

Keywords: childrenwith thalassemia; PEdTal; quality of life

Abstrak. Pengaruh Paket Edukasi Talasemia (PEdTal) terhadap Kualitas Hidup Anak Talasemia. Penyakit talasemia dan pengobatannya serta kurangnya pengetahuan orang tua  dapat menyebabkan rendahnya kualitas hidup anak  talasemia. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh paket edukasi talasemia (PEdTal) terhadap kualitas hidup anak talasemia. Metode penelitian quasi eksperimen with pre and post test pada 14 anak dan orang tua yang dipilih dengan teknik consecutive sampling. Analisa data univariat dengan distribusi frekuensi dan bivariat dengan uji analitik komparatif numerik berpasangan (paired t test) dan uji Pearson. Hasil penelitian yaitu pengetahuan orang tua, perilaku  dan kualitas hidup anak talasemia meningkat setelah diberikan PEdTal, terdapat perbedaan signifikan pengetahuan orang  tua sebelum dan setelah pendidikan kesehatan (p=0.001), tidak ada perbedaan signifikan kualitas hidup sebelum dan setelah PedTal, tidak ada perbedaan kualitas hidup berdasarkan laporan anak dan orang tua (p>0.05). Saran perawat pediatrik meningkatkan keterampilan edukasi kesehatan dan menerapkan penilaian kualitas hidup anak pada pengkajian keperawatan anak.

Kata kunci : anak talasemia; kualitas hidup;   PEdTal.

Published

25-01-2016