Efektifitas Aplikasi Kelas Ibu Hamil terhadap Pengetahuan dan Kepatuhan Ibu dalam Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K)

Authors

  • Sudarmi Sudarmi Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang
  • R. Pranajaya Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang

DOI:

https://doi.org/10.26630/jk.v14i3.4207

Keywords:

Android, Edukasi, Kelas ibu hamil

Abstract

Kepatuhan ibu hamil dalam program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi (P4K) dapat ditingkatkan dengan penguatan pengetahuan tentang resiko tinggi dalam kehamilan melalui edukasi di kelas ibu hamil. Untuk mengatasi kurang aktifnya mengikuti kelas ibu hamil yang dilaksanakan secara klasikal, perlu diberikan alternatif mengikuti kelas ibu hamil melalui aplikasi berbasis Android. Tujuan penelitian melihat efektifitas Aplikasi-RESTIKOL.App terhadap pengetahuan dan kepatuhan ibu hamil dalam program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi (P4K) di Wilayah Kerja Puskesmas Iring Mulyo Kota Metro Tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Quasi Experiment, rancangan post-test only control group design. Populasi 120 ibu hamil, didasarkan kriteria inklusi dan eksklusi dengan sampel penelitian 64 ibu hamil yang dibagi menjadi kelompok intervensi dan kontrol. Kelompok intervensi diberikan edukasi melalui aplikasi. Analisis data univariat menggunakan rumus mean (rata-rata), analisis bivariat menggunakan Independent T-test. Hasil aplikasi kelas ibu hamil lebih efektif meningkatkan pengetahuan ibu hamil p-value 0,000 dan kepatuhan ibu dalam perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi (P4K) p-value 0,000 dibandingkan dengan kelas ibu hamil klasikal. Edukasi melalui aplikasi kelas ibu hamil lebih efektif meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan ibu dalam P4K. Disarankan kepada bidan melakukan pengembangan cara edukasi untuk meningkatkan pengetahuan melalui media aplikasi.

References

Alfarisi, S. (2019). Aplikasi Media Pengenalan Jenis Kamera dan Lensa Berbasis Android. Jurnal Sisfotek Global, 9(1), 124–130

Ayiasi, R. M., Kasasa, S., Criel, B., Orach, C. G., & Kolsteren, P. (2014). Is antenatal care preparing mothers to care for their newborns? A community-based cross-sectional study among lactating women in Masindi, Uganda. BMC pregnancy and childbirth, 14(1), 1-11. https://doi.org/10.1186/1471-2393-14-114

Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung. (2021). Statistics of Lampung Province. Lampung.

Berhan, Y., & Berhan, A. (2014). Antenatal care as a means of increasing birth in the health facility and reducing maternal mortality: a systematic review. Ethiopian journal of health sciences, 24, 93-104. https://www.ajol.info/index.php/ejhs/article/view/107636

Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. (2020). Profil Kesehatan Provinsi Lampung Tahun 2019. Lampung.

Dinas Kesehatan Kota Metro. (2022). Profil Kesehatan Kota Metro Tahun 2021. Metro.

Gagnon, A. J., & Sandall, J. (2007). Individual or group antenatal education for childbirth or parenthood, or both. Cochrane database of systematic reviews, (3). https://doi.org/10.1002/14651858.CD002869.pub2

Herliani, Y., Rahmaniyar, I. A., & Kurnia, H. (2022). Perbandingan Edukasi P4K antara Daring dan Luring terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Trimester III dalam Pengambilan Keputusan dalam Persalinan di Wilayah Kerja Puskesmas Cingambul Tahun 2021. Journal of Midwifery Information (JoMI), 3(1), 265-275.

Kementerian Kesehatan RI. (2014). Pedoman Kerja PUSKESMAS I. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan RI. (2014). Pedoman, Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina GIZI dan KIA.

Kementerian Kesehatan RI. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Bagi Ibu Hamil, Ibu Nifas, dan Bayi Baru Lahir, Selama Sosial Distancing. Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. (2022). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2021. Jakarta.

Maryunani, Anik, Eka Puspita. (2021). Buku Saku Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K). Jakarta. Trans Info Media.

Kementerian Kesehatan RI. (2022). Data dasar Puskesmas, kondisi 31 desember 2021. Jakarta.

Mardhiah, A., Riyanti, R., & Marlina, M. (2020). Efektifitas Penyuluhan dan Media Audio Visual terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Anak Balita Gizi Kurang di Puskesmas Medan Sunggal. Jurnal Kesehatan Global, 3(1), 18-25. https://doi.org/10.33085/jkg.v3i1.4549

Maulana. H (2019) Promosi Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC

Notoatmodjo. (2017). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pambudi, A., & Srirahayu, A. (2020). Aplikasi Kesehatan Ibu Hamil Berbasis Android. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis dan Informatika Kesehatan, 10(2), 55-62. https://doi.org/10.47701/infokes.v10i2.1034

Ratmawati, Y. N. R., Suryantara, B., Wahyuningsih, H. P., SiT, S., & Keb, M. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Kelas Ibu Hamil terhadap Pengambilan Keputusan dalam Pelayanan Kesehatan Ibu Anak (KIA) di Kabupaten Klaten. Journal of Health (JoH), 10(1), 095-108. https://doi.org/10.30590/joh.v10n1.562

Sari, Y. P. (2017). Pengaruh Penyuluhan Kelas Ibu Hamil Terhadap Pengetahuan Dan Partisipasi Program Perencanaan Persalinan Dan Pencegahan Komplikasi (P4K). Jurnal Kebidanan Besurek, 2(1), 34-39. https://ojs.stikessaptabakti.ac.id/index.php/jkb/article/view/99

Suarayasa, K. (2020). Strategi menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Sholehah, M., Kholisotin, K., & Munir, Z. (2020). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Audio Visual dan Poster terhadap Perilaku Ibu Primipara dalam Manajemen Laktasi. Citra Delima: Jurnal Ilmiah STIKES Citra Delima Bangka Belitung, 3(2), 110-117. https://doi.org/10.33862/citradelima.v3i2.67.

Surjadi, M., Torruellas, C., Ayala, C., Yee, H.F., & Khalili, M. (2011). Formal patient education improves patient knowledge of Hepatitis C in vulnerable populations. Digestive Diseases and Sciences, 56 (1), 213–219. https://doi.org/10.1007/s10620-010-1455-3

Sonaidah, Y. A. (2022). Efektifitas Kelas Ibu Hamil Melalui Aplikasi Whatsapp Terhadap Pengetahuan Tentang Bahaya Kehamilan. Jurnal Kebidanan, 2(2), 66-73.

Sudarmi, S. (2022). Efektifitas Media Audio Visual pada Kelas Ibu Hamil Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Pencegahan Komplikasi Kehamilan dan Persalinan. Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai, 14(1), 19-29.

Sudarmi. (2022). Buku pedoman kelas ibu hamil resiko tinggi dengan penerapan interprofessional kalaborasi (RESTIKOL). Lampung.

Sudarmi et al. (2023). Aplikasi kelas ibu hamil yang beresiko tinggi dalam kehamilan (RESTIKOL). Yogyakarta: Nuta Media.

Downloads

Published

27-11-2023