Pengembangan dan Uji Validitas Reliabilitas Kuesioner Dokumentasi Hasil Layanan Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM)

Authors

  • Nisrina Ocktalifa Chumair Diponegoro University
  • Cahya Tri Purnami Diponegoro University
  • Dion Zein Nuridzin Diponegoro University

DOI:

https://doi.org/10.26630/jk.v14i3.3977

Keywords:

Dokumentasi hasil layanan Posbindu, Reliabilitas, Validitas.

Abstract

Penyakit tidak menular (PTM) menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi pada semua kelompok usia di seluruh dunia dimana dari tahun ke tahun kasusnya makin meningkat. Pemerintah Indonesia melalui Permenkes No 71 tahun 2015 melakukan upaya pencegahan dan pengendalian PTM dengan melibatkan masyarakat melalui kegiatan pos pembinaan terpadu (posbindu) PTM. Kader kesehatan menjadi pelaksana kegiatan pendokumentasian hasil layanan saat pelaksanaan posbindu PTM sehingga dapat diketahui riwayat kesehatan masyarakat. Namun pencatatan dan dokumentasi hasil layanan Posbindu PTM oleh kader belum dapat dilakukan sesuai standar dan belum tersedia alat ukur untuk menilai kemampuan kader sehingga perlu pengembangan instrumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan butir-butir pertanyaan kuesioner pengetahuan, motivasi, dan praktik dokumentasi hasil layanan Posbindu PTM. Kuesioner diuji cobakan kepada 30 kader aktif posbindu PTM di wilayah kerja puskesmas. Butir pertanyaan diuji validitasnya menggunakan uji validitas konstruk dan dilanjutkan uji reliabilitas Cronbach alpha. Sebanyak 31 pertanyaan pengetahuan, 19 butir pertanyaan motivasi, dan 11 butir pertanyaan praktik dinyatakan valid (p-value<0,05) dan reliabel (nilai Cronbach alpha>0,80). Melalui penelitian ini didapatkan butir-butir pertanyaan pengetahuan, motivasi, dan praktik dokumentasi hasil layanan Posbindu PTM yang telah valid dan reliabel. Instrumen tersebut dapat digunakan untuk menilai kemampuan praktik kader dan faktor yang memengaruhi praktiknya

References

Adib, H. S. (2017). Teknik Pengembangan Instrumen Penelitian Ilmiah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Sains Dan Teknoogi, 139–157.

Amalia, R. N., Dianingati, R. S., & Annisaa’, E. (2022). Pengaruh Jumlah Responden terhadap Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan dan Perilaku Swamedikasi. Generics: Journal of Research in Pharmacy, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.14710/genres.v2i1.12271

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Candradewi, S. F., Saputri, G. Z., & Adnan, A. (2020). Validasi Kuesioner Pengetahuan Anemia dan Suplemen Zat Besi Pada Ibu Hamil. Jurnal Pharmascience, 7(1), 18. https://doi.org/10.20527/jps.v7i1.8069

Dewi, P., Elvia, R., & Elvinawati. (2021). Pengembangan Butir Soal Hots untuk Menguji Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa di MA Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 5(2), 141–148.

Noerliani, D. (2021). Evaluasi Pasca Pelatihan Kader Posbindu PTM Angkatan I di Latkesmas Murnajati Tahun 2020 dengan Pendekatan Model Kirkpatric. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 42–56.

Helendra, H., & Sari, D. R. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains Tentang Materi Sistem Ekskresi dan Sistem Pernapasan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.29860

Hidayat, A. A. (2009). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas dengan Menggunakan SPSS. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Kementerian Kesehatan RI. (2015). Permenkes RI Nomor 71 tahun 2015 Tentang Penanggulangan Penyakit Tidak Menular. Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Petunjuk Teknis Pos Pembinaan Terpadu Posbindu bagi Kader. Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. (2021). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Posyandu Lanjut Usia dan Posbindu PTM Terintegrasi. Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat.

Luthfiyani, F. P., & Ahyudanari, E. (2021). Karakteristik Pengemudi Sepeda Motor Dalam Model Peluang Kecelakaan (Studi Kasus: Perlintasan Sebidang di Jalur Perlintasan Langsung (JPL) 325 Lamongan). Jurnal Aplikasi Teknik Sipil, 19(2), 151. https://doi.org/10.12962/j2579-891x.v19i2.8627

Mamonto, F., Umar, M. K., & Paramata, D. D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Jambura Physics Journal, 3(1), 54–63. https://doi.org/10.34312/jpj.v3i1.8137

Marthasari, G. I., & Hayatin, N. (2017). Analisis Usability Terhadap Sistem Lective Gegulang Berbasis USE Qestionnaire. Jurnal Seminar Nasional Teknologi Dan Rekayasa (SENTRA), 1–8.

Nureni, Salham, M., & Amalinda, F. (2022). Peran Kader dalam Pelaksanaan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit tidak Menular (Posbindu PTM) di RW 3 Ranontai, Kelurahan Pantoloan Boya , Kecamatan Tawaeli, Kota Palu. Jurnal Kolaboratif Sains, 03(03), 139–145.

Prasetyowati, A., Widaningtyas, E., & Latifah, M. (2023). Pendampingan Pencatatan dan Pelaporan Posbindu Sekar Wangi Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang. Indonesian Journal of Health Information Management Service (IJHIMS), 3(1).

Puspasari, H., & Puspita, W. (2022). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 13(1), 65. https://doi.org/10.26630/jk.v13i1.2814

Putra, H. D. (2017). Pengembangan Instrumen Untuk Meningkatkan Kemampuan Mathematical Problem Posing Siswa Sma. Euclid, 4(1), 636–645. https://doi.org/10.33603/e.v4i1.211

Putri, R. E., . H., & . A. (2019). Evaluasi Proses Implementasi Posbindu PTM Di Wilayah Kerja Puskesmas Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2017. Jurnal Kesmas Jambi, 2(1), 12–27. https://doi.org/10.22437/jkmj.v2i1.6536

Saat, S., & Mania, S. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian: Panduan Bagi Peneliti Pemula (Muzakkir (ed.)). Makassar: Pustaka Almaida.

Sudiyanto, A., & Mustikasari, R. (2021). Pengembangan Instrumen Pengukuran Kemampuan Berkarya Seni Rupa Pada Aud. Jurnal Mentari, 1(2), 2021.

Tandiling, E. (2012). Pengembangan Instrumen untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematik, Pemahaman Matematik, dan Self Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 24–31.

Wahyuni, S., & Raharjo, S. (2019). Pengaruh Store Image dan Store Atmosphere terhadap Impluse Buying pada Konsumen Dafinna Swalayan di Tenggarong. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Indonesia, 19(1), 53–62.

Warju, W., Ariyanto, S. R., Soeryanto, S., & Trisna, R. A. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Tipe Hots Pada Kompetensi Sistem Rem Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 95. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22914

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitia Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Kependudukan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884

Ziliwu, D., Bawamenewi, A., Lase, S., Telaumbanua, K. M. E., & Dakhi, O. (2022). Evaluasi Program Pengembangan Instrumen Praktek Pengalaman Lapangan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2316–2323. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2436

Downloads

Published

30-11-2023