PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PRAKTIK LABORATORIUM DI JURUSAN KEPERAWATAN TANJUNGKARANG
DOI:
https://doi.org/10.26630/jk.v6i1.25Abstract
Musiana1 Ratna Dewi Hussein2
1,2 Dosen Jurusan Keperawatan Tanjungkarang
e-mail: musiana74@gmail.com
Â
Abstrak: Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Praktik Laboratorium Di Jurusan Keperawatan Tanjungkarang. Pelaksanaan pembelajaran praktik laboratorium di Jurusan Keperawatan Tanjungkarang terutama pada mata kuliah yang menuntut kemampuan psikomotor menurut persepsi dosen masih banyak didapatkan mahasiswa yang kurang terampil dan tidak memahami prinsip atau critical point prosedur keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran praktik laboratorium di Jurusan Keperawatan Tanjungkarang. Jumlah responden sebanyak 203 orang. Hasil penelitian didapat persepsi mahasiswa terhadap perencanaan pembelajaran sebagian besar dalam kategori tidak baik (50,2%), terhadap pelaksanaan pembelajaran laboratorium oleh instruktur sebagian besar baik (62,6%), terhadap metode pembelajaran baik (61,1%), dan  terhadap sarana dan prasarana laboratorium sebagian besar baik (54,7%).
Â
Kata Kunci: persepsi, pembelajaran laboratorium
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.