PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PRAKTIK LABORATORIUM DI JURUSAN KEPERAWATAN TANJUNGKARANG

Authors

  • Musiana Musiana POltekkes Tanjungkarang
  • Ratna Dewi Hussein

DOI:

https://doi.org/10.26630/jk.v6i1.25

Abstract

Musiana1 Ratna Dewi Hussein2

1,2 Dosen Jurusan Keperawatan Tanjungkarang

e-mail: musiana74@gmail.com

 

Abstrak: Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Praktik Laboratorium Di Jurusan Keperawatan  Tanjungkarang. Pelaksanaan pembelajaran praktik laboratorium di Jurusan Keperawatan Tanjungkarang terutama pada mata kuliah yang menuntut kemampuan psikomotor menurut persepsi dosen masih banyak didapatkan mahasiswa yang kurang terampil dan tidak memahami prinsip atau critical point prosedur keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran praktik laboratorium di Jurusan Keperawatan Tanjungkarang. Jumlah responden sebanyak 203 orang. Hasil penelitian didapat persepsi mahasiswa terhadap perencanaan pembelajaran sebagian besar dalam kategori tidak baik (50,2%), terhadap pelaksanaan pembelajaran laboratorium oleh instruktur sebagian besar baik (62,6%), terhadap metode pembelajaran baik (61,1%), dan  terhadap sarana dan prasarana laboratorium sebagian besar baik (54,7%).

 

Kata Kunci: persepsi, pembelajaran laboratorium

Published

25-01-2016