HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS DAN SIKAP BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI JURUSAN ORTOTIK PROSTETIK POLITEKNIK KESEHATAN SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.26630/jk.v6i1.22Abstract
S.Th. Susilowati
Jurusan Fisioterapi Poltekkes Kemenkes Surakarta
e-mail: sth.susilowati@gmail.com
Â
Abstrak: Hubungan Antara Kreativitas Dan Sikap Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Di Jurusan Ortotik Prostetik Politeknik Kesehatan Surakarta. Data kecacatan fisik meningkat. Penyandang cacat fisik, menjalani kehidupan dengan keterbatasan aktivitas, berlanjut dengan keterbatasan terkait pekerjaan dan faktor sosial. Unit ortotik prostetik di bidang kesehatan berfungsi mengembalikan kebebasan bergerak penyandang cacat. Mutu lulusan pendidikan ortotik prostetik penting untuk target profesionalis yang dapat diukur dari hasil prestasi belajar. Kreativitas belajar dan sikap belajar diduga memiliki hubungan dengan prestasi belajar. Tujuan penelitian menganalisis hubungan antara kreativitas belajar dan sikap belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Ortotik Prostetik Poltekkes Surakarta. Jenis penelitian adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi sumber adalah Mahasiswa Semester I Tahun Kuliah 2013/2014. Jumlah sampel 40 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan Spearman’s Rank dan Ordinal Regression. Terdapat hubungan positif yang secara statistik signifikan antara kreativitas belajar dengan prestasi belajar (r=0,615; p<0.001), antara sikap belajar dengan prestasi belajar (r=0,672; p<0.001). Kreativitas belajar dan sikap belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Peningkatan 1 unit kreativitas belajar menurunkan prestasi belajar kategori kurang 4,31 dan menurunkan probabilitas prestasi belajar kategori cukup 2,57. Peningkatan 1 unit sikap belajar menurunkan prestasi belajar kategori kurang 3,01 dan menurunkan probabilitas prestasi belajar kategori cukup 1,79.
Â
Kata Kunci: kreativitas, sikap, prestasi-belajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.