Beda Pengaruh Arkus Kaki terhadap Keseimbangan Statis Anak Usia 9-12 Tahun di SD Negeri Mojolegi, Teras, Boyolali

M. Syafi’i, Sri Surini Pudjiastuti, Philipus Prihantiko K.

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan  normal foot dan flat foot terhadap keseimbangan statis pada anak usia 9-12 tahun. Sejumlah 60 subyek sehat, terbagi menjadi dua kelompok. Masing- masing kelompok 30 orang. Kelompok I adalah Kelompok dengan kondisi arkus normal dan kelompok II adalah kondisi arkus flat foot. Dilakukan di SD Negeri Mojolegi, Teras, Boyolali. Dengan menggunakan alat ukur Wet Test dan One Legged Stance Test. Penelitian ini merupakan non eksperimental cross sectional design. Masing-masing kelompok diuji normalitas data dengan Kolmogorov-Smirnov Test pada Kelompok I menujukkan nilai p>0,05 maka data berdistribusi normal dan Kelompok II menunjukkan nilai p>0,05 maka data berdistribusi normal. Pada kedua kelompok diuji hipotesis dengan Independent T Test dengan hasil p<0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kondisi arkus normal dan kondisi arkus flatfoot dalam mempertahankan keseimbangan statis. Berdasarkan  analisis  statistik penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kondisi arkus normal dan kondisi arkus flatfoot dalam mempertahankan posisi keseimbangan statis.

Keywords


Keseimbangan; Lengkungan kaki

Full Text:

PDF

References


Ariani, L., Wibawa, A., & Muliarta, I. 2014. Aplikasi Heel Raises Exercise dapat meningkatkan lengkungan kaki dan keseimbangan statis pada anak-anak flat foot usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Denpasar.

Lendra, M. D. 2009. Beda Pengaruh Kondisi Kaki datar dan kaki dengan arkus terhadap keseimbangan statis pada anak usia 8-12 tahun di kelurahan Karangasem, Surakarta. Jurnal Fisioterapi. Vol. 9 No. 2, 49-58.

Permana, D. F. 2013. Perkembangan Keseim-bangan pada Anak Usia 7 s/d 12 Tahun Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 25-29.

Rodriguez, A. G. 1999. Flexible Flat Feet in Children: A Real Problem. Journal Pediatrics. Vol. 103, No.6.

Siregar, S. 2013. Statistik Parametik Untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardanie, S. 2013. Prevalensi Kelainan bentuk kaki (Flat Foot) pada anak usia 6-12 tahun di kota Surakarta.

Wiwik Chitra Pratiwi & Munawar, M. 2014. Peningkatan Keseimbangan tubuh melalui berjalan diatas versa disc pada anak kelompok B PAUD taman Belia Candi Semarang. Jurnal Penelitian PAUDIA, 40-62.




DOI: https://doi.org/10.26630/jk.v7i3.215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by: Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang

Alamat: Jl. Soekarno-Hatta No. 6 Bandar Lampung
Telepon: 0721-783852 Fax: 0721-773918, emai: jk@poltekkes-tjk.ac.id
 

Jurnal Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.