Efektivitas Penerapan Metode Ular Tangga terhadap Pengetahuan dan Keaktifan Mengikuti Kelas Ibu Hamil

Authors

  • Lisda Widianti Longgupa Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palu
  • Nurfatimah Nurfatimah Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palu

DOI:

https://doi.org/10.26630/jk.v11i1.1842

Keywords:

Knowledge, Pregnancy class, Snake ladder.

Abstract

The effort to reduce maternity and child mortality is through the implementation of maternity classes. However, pregnant women who take maternity classes in Indonesia are still low because pregnant class participants feel bored with the method used. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the application of the snake ladder method to the knowledge and activeness of taking classes in pregnant women in the Poso City Health Center. This research was carried out for 3 months. The population in this study were all trimester II and III pregnant women who examined their pregnancies. The research sample consisted of 79 people who were divided into 3 Puskesmas in the Poso City Region. The results obtained showed that the snake and ladder method lectures each showed a value of p-vaue<0,001 which means that there were differences in the mean of knowledge and activeness before and after using the snake and ladder method for pregnant women. It can be concluded that there is an increase in knowledge about pregnancy and the activeness of mothers in attending classes of pregnant women.

Author Biography

Nurfatimah Nurfatimah, Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palu

Jurusan Kebidanan

References

Ariesta, Freddy Widya. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Strategi Peer Lessons dengan Media Ular Tangga pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pakintelan 03 Kota Semarang. [Skripsi]. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Ekayanthi, Ni Wayan Dian, dan Pudji Suryani. (2019). Edukasi Gizi pada Ibu Hamil Mencegah Stunting pada Kelas Ibu Hamil. Jurnal Kesehatan, 10(3): 312.

Fibriana, Arulita Ika, dan Muhamad Azinar. (2016). Model Kelas Ibu Hamil Untuk Pemetaan Risiko Kehamilan dan Pencegahan Komplikasi Persalinan. Abdimas 20(1): 11–18.

Fuada, N., & Setyawati, B. (2015). Pelaksanaan kelas ibu hamil di Indonesia. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 6(2), 67-75. http://ejournal.litbang.kemkes.go.id/index.php/kespro/article/view/5411/4437.

Gedeon, J., Hkum, J., Walsh, M., Hsue, S., & Foster, A. M. (2016). Snakes, ladders, and information about sexually transmitted infections: evaluation of a peer educator training on the Thailand–Burma border. Global J Health Sci, 8(11), 270-277.

Hastuti, Puji Sri, Heru Santoso Wahito Nugroho, dan Nana Usnawati. (2011). Efektifitas Pelatihan Kelas Ibu Hamil untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, Keterampilan dan Kunjungan Antenatal Care. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, II(2): 122–34.

Izzah, A., & Atmansyah, L. (2011). Memantau Kehamilan melalui Kelas Ibu Hamil di Kabupaten Bulukumba. IInitiatives for Governance Innovation.

Kemenkes RI. (2014). Buku Pegangan Fasilitator Kelas Ibu Hamil. Jakarta.

Kemenkes RI. (2016). Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta.

Kurniawati, D., Rohmana, D. Y., & Juliningrum, P. P. (2017). Pengaruh Permainan Ular Tangga terhadap Pengetahuan dan Sikap dalam Menghadapi Menarche pada Siswi SDN Pringgowirawan 01 Sumberbaru Kabupaten Jember (The effect of snack and ladder game to the knowladge and attitude to confront menarche for the students of elementary school 01 Sumberbaru, Jember). Pustaka Kesehatan, 5(1), 71-76.

Kusindinjah. (2012). Hubungan Kepemilikan Buku KIA dengan Pengetahuan, Sikap dan Praktik Perawatan Kehamilan Di Wilayah Kerja Rangkah Surabaya. Embrio Jurnal kebidanan.

Niaty, Saswaty. (2010). Pengaruh Kelas Ibu Hamil terhadap perilaku ibu dalam pemilihan penolong persalinan di Kabupaten Garut. [Tesis]. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.

Novarina, Dina. (2010). Penggunaan permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam memahami konsep bilangan 1-10 di TK ABA 01 Batu. [Skripsi]. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nurdiyan, A., Yulizawati, Y. Y., Bustami, L. E., & Iryani, D. (2016). Analisis sistem pelaksanaan kelas ibu hamil di Puskesmas Malalak dan Biaro Kabupaten Agam. Journal of Midwifery, 1(1), 45-54.

Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Salemba Medika, Edisi 2.

Purwandani, S., Hastuti, P., & Zuhriyatun, F. (2013). Evaluasi Proses Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil di Kabupaten Banyumas. Jurnal Kebidanan, 2(4), 16-19.

Sasnitiari, N. N., & Puspitasari, D. A. (2017). Hubungan Keikutsertaan Ibu dalam Kelas Ibu Hamil dengan Pengetahuan dan Sikap terhadap Tanda Bahaya dalam Kehamilan di Kota Bogor. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 8(2), 175-185.

Yusniarita, dan Wenny Indah Purnama Eka Sari. (2019). Development of Snakes and Ladders as Media Health Promotion Improved Knowledge Of Adolescent Health Reproductive. In The 3rd International Seminar on Global Health (Vol. 3, No. 1, pp. 52-57).

Zamzami, Muhammad. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Ular Tangga tentang Pencegahan Penyakit Pes terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Siswa Sd Negeri 1 Selo Boyolali. [Skripsi]. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

27-05-2020