Analisis Mutu Pembelajaran Praktik Laboratorium sebagai Upaya Peningkatan Mutu Praktik Asuhan Kebidanan di Program Studi DIII Kebidanan
DOI:
https://doi.org/10.26630/jk.v7i1.127Keywords:
Pembelajaran praktik laboratorium, peningkatan mutu praktikAbstract
Untuk menghasilkan tenaga bidan yang profesional dan mempunyai kompetensi sesuai standar, membutuhkan pengelolaan pendidikan yang berkualitas. Upaya mencapai kualitas pendidikan, dalam proses belajar mengajar secara teori maupun praktik diperlukan usaha peningkatan mutu pembelajaran. Penelitian ini mendeskripsikan mutu pembelajaran praktik laboratorium yang terdiri dari perencanaan, implementasi, evaluasi dan upaya peningkatan mutu pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pembelajaran praktik laboratorium di prodi DIII kebidanan tanjungkarang belum sesuai dengan standar, sebagian besar mahasiswa kurang puas mendapatkan pelayanan pembelajaran praktik laboratorium kebidanan yang diberikan oleh dosen dan petugas laboratorium. terbukti dengan banyaknya keluhan yang dirasakan mahasiswa. Diperlukan langkah-langkah untuk meningkatkan mutu pembelajaran praktik laboratorium kebidanan dengan menerapkan Konsep PDCA (Plan-Do-Chek-Act), dan untuk pengembangan dimensi mutu pembelajaran praktik laboratorium, dalam  kualitas pelayanan yaitu dengan peningkatan: kehandalan (reliability), daya tanggap (respon-siveness), kepastian (assurance), empati (emphaty) dan  berwujud (tangible).
References
Departemen Kesehatan RI. 2002. Kurikulum Nasional Pendidikan Diploma III Kebidanan. Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional SK Nomer 045/U/2002. 2002. Tentang Kurikulum Perguruan Tinggi.
Deming, W Edwards. 1986. Out of the Crisis, Cambridge Univesity, Cambridge.
Engkoswara. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung : Alfabet.
Goetsch, D.L & Davis, S. 1994. Introduction to Total Quality, Productivity, Competitiveness. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall International, Inc.
Juran,J.M. 1989. Juran on Leadership for Quality. Macmilan: New York.
Kemenkes RI. 2010. Rencana Strategis Kementerian Kesehatan 2010-2014. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Notoatmodjo. 2003. Pengantar Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Yogyakarta.
Nursalam. 2008. Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Profesional. Edisi 2. Salemba: Medika.
Robins, Bregman, Stag, dan Coulter. 2003. Management 3rd Edition. Melbourne: Prentice Hall.
Sallis Edward. 2010. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan (TQM in Education) IRCiSoD: Yogyakarta.
Simamora, B. 2000. Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Spanbaeur, Stanley J. 1987. Quality First in Education. Why Not?. Fox Valley Tecknical College Foundation, Appleton, Ninsconsin.
Tjiptono Fandy dan Diana Anastasia. 1998. Total Quality Management (TQM). Yogyakarta: Andi Offset.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.