Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Ruwa Jurai: Jurnal Kesehatan Lingkungan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Jurnal Kesehatan Lingkungan Ruwa Jurai merupakan jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Tanjungkarang. Semua artikel yang diterima akan ditinjau oleh reviewer dengan metode double-blind. Penulis yang akan melakukan pengiriman naskah, mohon untuk membaca petunjuk penulisan dibawah ini :

 

SUBMIT ARTIKEL

  1. Untuk submit artikel, silahkan menuju ke halaman https://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JKESLING
  2. Jika anda belum memiliki akun dan kata sandi, silahkan membuat terlebih dahulu kemudian bisa masuk menggunakan akun dan kata sandi yang telah anda buat. Persiapkan naskah sesuai dengan petunjuk dibawah ini.
  3. Naskah yang dikirim akan menjalani pemeriksaan editorial yang ketat untuk plagiarisme dan format penulisan. Naskah yang tidak lolos pemeriksaan awal tidak akan dilanjutkan ke reviewer.
  4. Silahkan download form conflict of interest serta form copyright agreement. Penulis harus mengisi form tersebut dan mengunggah bersamaan dengan naskah dan sertifikat ethical clearance bagi artikel dari penelitian dengan tindakan invasive.
  5. Naskah tidak akan diproses apabila tidak mengikuti gaya selingkung jurnal dan petunjuk penulisan.

 

PERSIAPAN MANUSKRIP

Pastikan seluruh dokumen dibawah ini sudah siap untuk di upload secara bersamaan

  1. Manuskrip (sesuai dengan template)
  2. Copyright Agreement Form (di tanda tangani seluruh author), upload di bagian supplementary file
  3. Form conflict of interest, upload di bagian supplementary file
  4. Ethical clearance (bagi penelitian dengan tindakan invasive), upload di bagian supplementary file

 

UMUM

  1. Seluruh naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia kecuali bagian abstrak yang harus menggunakan dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggeris.
  2. Naskah ditulis dengan format word minimal MS-Office 2010
  3. Kertas yang digunakan berukuran A4 dengan margin atas, bawah, kiri dan kanan sebesar 3 cm.
  4. Naskah diketik dengan huruf Times New Roman berukuran 12 pt dengan 1,5 spasi.
  5. Jangan menggunakan huruf tebal untuk penekanan didalam teks.
  6. Jangan menggunakan tab atau indentasi untuk memulai paragraph baru.
  7. Jangan menggunakan fitur otomatis yang ada di software anda 

 

JUDUL dan PENULIS

Judul artikel harus ditulis secara singkat dan jelas, tidak memberikan peluang interpretasi yang beragam. Judul ditulis dalam Bahasa Indonesia menggunakan huruf kapital dan tidak boleh mengandung singkatan kata yang tidak biasa. Pada bagian bawah judul, ditulis nama lengkap tanpa gelar, affiliasi, alamat korespondensi dan alamat email dari seluruh penulis/author

 

ABSTRAK dan KATA KUNCI

Abstract berisi ringkasan artikel, yang meliputi latar belakang, tujuan dan ruang lingkup penelitian, metode yang digunakan, ringkasan temuan dan kesimpulan. Jumlah kata maksimal 250 kata dan jumlah kata kunci maksimal 5. Penulis wajib membuat 2 jenis abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

 

PENDAHULUAN

Pendahuluan harus mengandung (secara berurutan) latar belakang umum, tinjauan literatur sebelumnya sebagai dasar dari pernyataan kebaruan ilmiah artikel, analisis kesenjangan atau pernyataan kebaruan ilmiah, masalah penelitian atau hipotesis, pendekatan penyelesaian masalah dan tujuan tinjauan dari artikel. Dalam format artikel ilmiah tidak diperbolehkan ulasan literatur seperti dalam laporan penelitian, tetapi diwujudkan dalam bentuk tinjauan literatur sebelumnya untuk menunjukkan kebaruan ilmiah artikel.

 

BAHAN dan METODE

Metode penelitian menggambarkan tahapan penelitian/pengembangan yang dilakukan untuk mencapai tujuan/target penelitian. Setiap tahap dijelaskan secara singkat (misalnya setiap langkah dalam paragraf). Juga menginformasikan bahan/platform yang digunakan dalam penelitian ini, termasuk subjek/bahan yang dipelajari, alat bantu/perangkat lunak yang digunakan, desain atau eksperimen yang digunakan, teknik pengambilan sampel, rencana pengujian (variabel yang akan diukur dan teknik pengambilan data), analisis dan model statistik yang digunakan.

 

HASIL

Hasil dibuat secara jelas dan ringkas tanpa memberikan interpretasi dan ekstrapolasi dari hasil yang sedang dilaporkan, dan tidak perlu memberikan penjelasan mengenai metode pada bagian awal hasil penelitian. Seluruh hasil dari analisis dan eksperimen dilaporkan di dalam manuskrip termasuk hasil analisis sensistifitas dan analisis sekunder. Hasil yang dilaporkan tidak dibatasi pada hasil yang signifikan secara statistic saja atau hasil yang dipilih untuk mendukung hipotesis penelitian. Perlu menyebutkan secara jelas jumlah observasi pada setiap analisis, juga informasi mengenai missing data, cara penanganan dan perlakuan dalam analisis

 

PEMBAHASAN

Pembahasan berisi temuan penelitian. Tuliskan temuan-temuan ilmiah yang diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan tetapi harus didukung oleh data yang memadai. Temuan ilmiah harus dijelaskan secara ilmiah meliputi: Temuan ilmiah apa yang diperoleh? Kenapa ini terjadi? Mengapa tren variabel seperti itu? Semua pertanyaan seperti itu harus dijelaskan secara ilmiah, tidak hanya secara deskriptif, jika perlu didukung oleh fenomena dasar ilmiah yang memadai. Selain itu, harus juga dibandingkan dengan hasil peneliti lain yang topiknya hampir sama. Peneliti harus menyampaikan secara jujur terkait dengan kelemahan dari penelitian. Temuan penelitian harus dapat menjawab hipotesis penelitian dalam pendahuluan.

 

KESIMPULAN

Kesimpulan hanya menjawab hipotesis dan/atau tujuan penelitian atau temuan ilmiah yang diperoleh. Kesimpulan tidak mengandung pengulangan hasil dan pembahasan, melainkan untuk merangkum temuan seperti yang diharapkan dalam tujuan atau hipotesis. Jika perlu, pada akhir kesimpulan juga dapat ditulis hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan ide penelitian selanjutnya.

 

DAFTAR PUSTAKA

Semua referensi yang dirujuk dalam teks artikel harus terdaftar di Daftar Pustaka. Referensi harus mengandung 80% referensi yang berasal dari artikel/jurnal ilmiah yang diterbitkan dalam 5 (lima) tahun terakhir. Sistem penulisan rujukan dalam teks artikel dan daftar pustaka menggunakan American Psychological Association 6th edition (APA) STYLE, dan harus menggunakan aplikasi manajemen referensi Mendeley. Sumber yang tidak dipublikasikan, tidak dapat dijadikan referensi tulisan. Sumber dari jurnal online wajib menyertakan DOI (digital object identifier). Materi online, harus mengutip URL dan tanggal mengakses situs web.

 

TABEL

  1. Seluruh tabel menjadi bagian dari manuskrip.
  2. Nomor tabel ditulis secara berurutan dalam angka arab (Tabel 1, Tabel 2, Tabel 3 dst).
  3. Judul ditulis secara jelas dan informatif dalam setiap tabel
  4. Kepala tabel menggunakan huruf times new roman ukuran 12 pt.
  5. Isi tabel menggunakan huruf times new roman ukuran 10 pt dengan spasi t.unggal.
  6. Jika tabel berasal dari publikasi lain, maka wajib mencantumkan sumbernya.

 

GAMBAR

  1. Seluruh gambar menjadi bagian dari manuskrip.
  2. Nomor gambar ditulis secara berurutan dalam angka arab (Gambar 1, Gambar 2, Gambar 3 dst).
  3. Format gambar dapat berupa JPEG dengan minimum resolusi 300 DPI dan dimensi 1.000 x 1.000 pixels. Gambar berwarna dengan format CMYK ataupun RGB.
  4. Huruf, angka dan simbol harus jelas dan merata, dan dengan ukuran yang cukup. Apabila ukurannya dikurangi untuk publikasi, setiap item akan tetap dapat diidentifikasi dengan jelas.
  5. Jika gambar berasal dari publikasi lain, maka wajib mencantumkan sumbernya.

 

SINGKATAN dan SIMBOL

  1. Istilah lengkap dan singkatan pada penulisan pertama harus jelas kemudian diikuti tanda kurung, seperti Alat Pelindung Diri (APD). Maka selanjutnya cukup menggunakan APD.
  2. Singkatan yang digunakan harus yang berdasarkan standar internasional.
  3. Berat, volume dll harus ditulis dengan metrik standar.

 

DATA

  1. Angka yang berada dalam teks maupun tabel harus ditampilkan persentase nya (%).
  2. Analisis data yang menggunakan Rata-Rata maka harus diikuti dengan standar deviasi dan median.
  3. Data ribuan menggunakan format titik, misalnya (Rp 123.300)
  4. Data pecahan menggunakan format koma, misalnya (tinggi badan 172,4 cm)
  5. Nilai signifikansi harus ditampilkan misalnya (p = 0,006)

PLAGIARSM

  1. Seluruh artikel yang submit di Jurnal Ruwa Jurai akan dilakukan cek plagiarisme.
  2. Jurnal Ruwa Jurai memberikan toleransi similarity maksimal 20%.
  3. Penulis harus melakukan paraphrase dengan kata-kata sendiri untuk menghindari plagiarism
  4. Dalam kasus di mana kutipan tertentu akan kehilangan makna dan esensi aslinya, maka penulis dapat menyertakan kutipan dalam tanda kutip (" ") untuk menunjukkan sebagai kutipan langsung dari sumber. Tapi tidak boleh berlebihan.

 

KEBIJAKAN PUBLIKASI GANDA

Manuskrip yang identik dan mirip dengan publikasi sebelumnya maka tidak dapat diproses di Jurnal Ruwa Jurai. Jika Anda ragu (terutama dalam hal materi yang telah Anda publikasi), kami meminta Anda untuk melanjutkan pengajuan Anda tetapi dengan menyertakan salinan karya yang relevan yang diterbitkan sebelumnya atau karya yang sedang dipertimbangkan oleh jurnal lain.

 

PERSETUJUAN ETIK/ETHICAL CLEARANCE

Penulis harus menyatakan dalam tulisan bahwa penelitian dilakukan berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku. Editor berhak menolak manuskrip yang tidak mencantumkan persetujuan etik pada penelitian dengan tindakan invasive.

Penelitian dengan intervensi kepada manusia, harus menjelaskan pemahaman dan persetujuan dari masing-masing subyek penelitian, dan pernyataan bahwa komite etik bertanggung jawab dan menyetujui percobaan. Pada penelitian terhadap hewan uji, harus menjelaskan secara lengkap dari setiap prosedur anestesi dan bedah yang digunakan, dan bukti bahwa semua langkah yang mungkin diambil untuk menghindari penderitaan hewan pada setiap tahap percobaan.

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

    1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
    2. The submission file is in Open Office, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
    3. Where available, URLs for the references have been provided.
    4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
    5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.