Pengaruh Pijat Oksitosin terhadap Involusi Uterus pada Ibu Postpartum

Vidia Safitri Aisyah, I Gusti Ayu Mirah Widhi Sastri, Nyimas Aziza

Abstract


Hasil presurvey peneliti yang dilakukan di salah satu BPM Bandar Lampung didapatkan data adanya peningkatan kejadian perdarahan. Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan involusi yang tidak baik dari tahun 2015 (7,5%) dan 2016 (13,3%). Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya pengaruh pijat oksitosin terhadap proses involusi uterus.Jenis penelitian ini adalah Ekperimental menggunakan Quasy Eksperiment dengan penilaian posttest only control group design.  Populasi penelitian ini seluruh ibu postpartum berjumlah 32 orang.Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 16 ibu yang diberi pijat oksitosin dan 16 ibu yang tidak diberi pijat oksitosin. Pengumpulan data menggunakan data primer dengan cara memberikan intervensi kepada responden dan mencatatnya pada lembar check list. Analisis data yang digunakan adalah univariat dan bivariat dengan Uji-t Independen.Hasil penelitian didapatkan bahwa Involusi uterus pada ibu postpartum yang diberikan pijat oksitosin memiliki rerata 3,19 jari dibawah pusat. Involusi uterus pada ibu postpartum yang tidak diberikan pijat oksitosin memiliki rerata 1,75 jari di bawah pusat. Ada pengaruh pijat oksitosin dengan proses involusi uterus. Dengan p value 0,000 < 0,05. Peneliti menyarankan agar pijat oksitosin dapat terus dilaksanakan dalam memberikan pelayanan postnatal kepada pasien sehingga kualitas pelayanan terhadap ibu postpartum dapat meningkat dan membantu menjadi salah satu alternatif upaya dan inovasi baru dalam mengurangi angka kematian dan perdarahan yang disebabkan oleh subinvolusi.


Keywords


Pijat Oksitosin; Involusi Uterus

Full Text:

PDF

References


Bobak, lowdermilk, Jensen. 2005. Buku Ajar Keperawatan Maternitas Edisi 4. Jakarta: EGC.

Hamranani ST. 2010. Pengaruh Pijat Oksitosin terhadap Involusi Uterus pada Ibu Postpartum dengan Persalinan Lama di Rumah Sakit Wilayah Kabupaten Klaten. Jakarta: FIK Universitas Indonesia.

Lia Dewi, Tri Sunarsih. 2011. Asuhan Kebidanan pada Ibu Nifas. Jakarta: Salemba Medika. 198 halaman.

Prawirohardjo, Sarwono. 2014. Ilmu Kebidanan. Jakarta: PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo. 982 halaman.

Ummah, Faizatul. 2014. Pijat Oksitosin Mempercepat Pengeluaran ASI pada Ibu Pasca Salin Normal di Dusun Sono Desa Ketanen Kecamatan Panceng Gresik. Surya. http/stikesmuhla.ac.id/wp-content/upload. Diakses pada 13 januari 2017.

Wada.2014. Pengaruh Pijat Oksitosin terhadap Involusi Uterus pada Ibu Postpartum Primigravida di RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta.Skripsi Sarjana Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhamadiyah Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.26630/jkep.v13i2.925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Vidia Safitri Aisyah, I Gusti Ayu Mirah Widhi Sastri, Nyimas Aziza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik  Politeknik Kesehatan Tanjung Karang:

Almat: Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Bandar Lampung Telepon 0721-703580, email: jurnalkeperawatan@poltekkes-tjk.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.