Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Prasekolah di Kabupaten Lampung Selatan

Riyanti Imron

Abstract


Anak-anak yang menggunakan gadget jumlahnyameningkat dua kali lipat dari 38 persen menjadi 72% antara 2011 dan 2013. Menurut Departemen Kesehatan RI 0,4 juta (16%) balita Indonesia mengalami gangguan perkembangan sosial dan emosional. Dari studi pendahuluan diperoleh databahwa anak yang penggunaan gadgetnya rendah, 67% menunjukkan perkembangan sosial dan emosional yang baik.Anak yang penggunaan gadgetnya tinggi, 71% mengalami hambatan perkembangan sosial dan emosional.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan emosional anak prasekolah. Penelitian ini menggunakan desain analitik cross sectional. Jumlah sampel merupakan total populasi sebanyak 96 responden. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan  kuisioner. Analisis data univariat menggunakan persentase dan analisis bivariat menggunakan uji chi square.Hasil analisis univariat menunjukkan penggunaan gadget rendah sebanyak 63% dan perkembangan sosial dan emosional baik sebanyak 50,6%. Hasis analisis bivariat dengan uji chi square menunjukkan nilai p=0,001 (p < 0,05), nilai ini menyatakan ada hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan emosional anak prasekolah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan emosional anak prasekolah.Dari penelitian ini diharapkan para pendidik dapat memberikan materi kepada orang tua saat kegiatan parenting tentang pentingnya mengontrol dan mengawasi anak-anaknya dalam penggunaan gadget menggunakan media yang menarik dan mudah dimengerti seperti leaflet, video, atau slide.


Keywords


Gadget; Perkembangan Sosial dan Emosional; Anak Prasekolah

Full Text:

PDF

References


Anggrahini, S. A. (2013). Dinamika KomunikasiKeluarga PenggunaGadget.Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Yogyakarta. (Skripsi)

Hidayat, A. A. (2009). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 1.Jakarta:

SalembaMedika.

Iswidharmanjaya, D., & Agency,B. (2014).Bila Si Kecil Bermain Gadget. Jakarta : EGC.

Widiawati & Sugiman. 2014. Pengaruh penggunaan gadget terhadap dayakembang anak. Diaksesdarihttp://stmikglobal.ac.id/wpcontent/uploads/2014/05/ARTIKELIIS.pdfpada tanggal 04 Januari 2017.

Winarno, Wing. 2009. Panduan Penggunaan Gadget. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.26630/jkep.v13i2.922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Riyanti Imron

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik  Politeknik Kesehatan Tanjung Karang:

Almat: Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Bandar Lampung Telepon 0721-703580, email: jurnalkeperawatan@poltekkes-tjk.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.