Gambaran Kualitas Pelayanan Kb Oleh Bidan Puskesmas Kabupaten Pringsewu

Authors

  • Riyanti Imron Jurusan Kebidanan Poltekkes Tanjungkarang

DOI:

https://doi.org/10.26630/jkep.v13i1.852

Keywords:

kualitas pelayanan KB

Abstract

Kabupaten Pringsewu memiliki 11 puskesmas, 10 puskesmas rawat inap, dan 1 puskesmas rawat jalan dan memberikan pelayanan KB. Jumlah seluruh bidan yang ada di Kabupaten Pringsewu saat ini sebanyak 267 bidan dan  yang memberikan pelayanan KB pada 11 puskesmas sebanyak 133 orang dan semuanya di ambil responden pada penelitian ini. Hasil pre survey pada bulan Februari 2016 yang telah dilakukan di  Puskesmas Pringsewu Kabupaten Pringsewu dengan cara wawancara bebas dari 14 akseptor KB, terdapat 5 akseptor KB mengatakan sangat puas dalam pelayanan KB,  6 orang mengatakan cukup puas dalam pelayanan KB, dan 3 orang mengatakan kurang puas. Pada tahun 2015 ditemukan pula data kegagalan penggunaan KB pil yang mengakibatkan ibu menjadi hamil. Tujuan penelitian  untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan KB oleh Bidan di wilayah kerja puskesmas  Pringsewu Tahun 2016, (umur, pendidikan, lama masa kerja, kualitas pelayanan KB, sarana dan prasarana, keterampilan Bidan dalam Pelaksanaan  Pelayanan KB  pada akseptor baru, Pil, Suntik, Inplant dan IUD,).  Jenis penelitian adalah deskriptif, jumlah  populasi sebanyak 133  responden, sedangkan sampel yang  di ambil 133 bidan, teknik pengambilan sampel adalah total populasi sampling, data yang di kumpulkan data primer dengan teknik observasi menggunakanchecklist dengan 3 kali observasi, di bantu oleh 10 orang enumerator.  Analisis yang di gunakan dengan univariat  prosentase. Hasil penelitian  didapatkan dari 133 responden yang memiliki pendidikan tinggi sebanyak 100 responden (75,18%),  berusia ≥25 tahun sebanyak 100 responden (75,18%), masa kerja terbanyak ≥  10 tahun   115   responden (81,8%),  kualitas pelayanan KB dengan kategori baik sebanyak 113 responden (72,7%),  sarana prasarana  yang lengkap 10 puskesmas ( 90,9 %), ketersediaan alat dan obat yang lengkap sebanyak 10 puskesmas (90.9%), pelayanan terbanyak dengan kategori baik pada akseptor KB baru (90,9%)., pelayanan pada KB Pil terbanyak dalam kategori kurang baik (90,9%), pada akseptor KB suntik yang kurang baik (69,9%),  pada akseptor KB implant yang kurang baik (66,7%), akseptor KB IUD dengan kategori baik(72,9%).Untuk itu peneliti menyarankan kepada Dinas Kesehatan  agar bekerjasama dengan instansi terkait yaitu BKKBN, dalam memberikan bantuan sarana prasarana, alat-alat kontrasepsi dan pelatihan KB bagi bidan terutama tentang konseling dengan penggunaan ABPK dan keterampilan pemasangan alat kontrasepsi jangka panjang (IUD dan Inplant). Bagi  Puskesmas  kota Pringsewudapat memberikan himbauan pada bidan agar lebih meningkatkan pelayanan sesuai dengan standar (SOP, kepada akseptor KB,  Konseling/penyuluhan pada pasangan usia subur (PUS)/ masyarakat  terutama tentang MKJP, (IUD dan Inplant), bekerjasama dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, keluarga sehingga cakupan KB meningkat.

References

Pemakaian alat kontrasepsi di Jawa Tengah, Penelitian UGM Yogyakarta

Asri, Marwan. 1986. Pengelolaan Karyawan. BPFE : Yogyakarta.

Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), 2012 Informasi Pelayanan Kontrasepsi, BKKBN, Jakarta.

______, 2012 Rencana Operasional Program KB Nasional Provinsi Lampung. BKKBN Provinsi Lampung.

Bari, Saifudin. 1996. Buku Acuan Nasional

Keluarga Berncana. NRC – POGI –

YBPSP ; Jakarta

Gunawan, Ary H. 1995. Kebijakan Kebijakan Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Hartanto Hanafi (2004). Keluarga Berencana dan Kontrasepsi. Jakarta ; Pustaka Sinar Harapan.

Made Taganing K., Novita Setyawati, Early Dewi NurianaPengaruh Kualitas Pelayanan Program KB Terhadap Intensi Akseptor dalam Pelaksanaan KB Mandiri serta alternatif Peningkatannya. 2012

Manuaba, Ida Bagus, Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan. EGC. Jakarta. 1998.

_______. Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta, 1998

Mochtar Rustam (1988). Sinopsis Obstetri, Obstetri Fisiologi dan Obstetri Patologi. Jakarta ; EGC.

Notoatmojo, Soekidjo. 2003. Pengantar Ilmu Kesehatan dan Ilmi Prilaku. Rineka Cipta ; Jakarta.

Purwoirawan, Ant. Totok (2001) Hubungan Kualitas Pelayanan KB oleh Bidan Desa Dengan Tingkat Kepuasan Akseptor KB Mandiri Di Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2001. Undergraduate Thesis, Diponegoro University

Wiknjosastro Hanafi ( 2001 ). Ilmu Kebidanan. Jakarta ; Yayasan Bina Pustaka.

Downloads

Published

2018-06-26