HUBUNGAN POLA ASUH KELUARGA DENGAN KEPRIBADIAN ANAK KELAS 8 DI BANDARLAMPUNG

Authors

  • Rizki Marta Diana Amasda
  • El Rahmayati

DOI:

https://doi.org/10.26630/jkep.v12i2.609

Keywords:

Pola Asuh Keluarga, Kepribadian, Remaja

Abstract

Jumlah remaja di dunia saat ini mencapai ± 1,2 milyar dan satu dari lima orang di dunia ini adalah remaja (World Health Organization, 2009). Remaja adalah generasi penerus yang mempunyai peranan penting dalam kemajuan bangsa. Remaja tidak hanya dituntut dalam kepintaran otak tetapi juga kemampuan mengendalikan emosi yang membentuk kepribadian. Hasil wawancara yang dilakukan kepada 8 orang siswa di SMPN 19 Bandar Lampung didapatkan hasil bahwa 6 siswa orang tuanya memberikan kebebasan untuk berpendapat, sedangkan 2 siswa orang tuanya selalu memaksakan kehendak kepada mereka. Enam siswa mengatakan bahwa mereka lebih suka menceritakan masalahnya kepada orang lain, sedangkan 2 siswa mengatakan lebih suka memendam ceritanya sendiri. Pada dasarnya sikap remaja yang berbeda-beda tersebut merupakan bentuk kepribadian yang dihasilkan dari pola asuh yang diterapkan oleh orang tua kepada anak mereka.Tujuan dari penelitian ini untuk diketahui hubungan pola asuh keluargadengan kepribadian pada anak kelas 8 di Bandar Lampung.Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan analitik dengan desain cross sectional dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Berdasarkan hasil perhitungan sampel yang digunakan berjumlah 86 responden. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner, dan dianalisa menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden terbanyak adalah memiliki kepribadian introvert sebanyak 57%. Setelah dilakukan uji statistik Chi Square dengan derajat kepercayaan 90% dengan nilai α (0,1) dihasilkan perhitungan p value (0,000) < (0,1) yang menunjukan bahwa ada hubungan antara antara pola asuh orang tua dengan kepribadian. Diharapkan pada pihak sekolah untuk melakukan sosialiasi kepada orang tua dan siswa fungsi bimbingankonseling sebagai tempat berkonsultasi terutama tentang kepribadian.

References

Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Edwards, Drew. 2006. Ketika Anak Sulit Diatur, diterjemahkan oleh Oetih Ph.D. Bandung: Mizan Media Utama.

Permasih, Vina Nurrahmatin. 2014. Hubungan Tipe Pola Asuh Orang Tua dengan Tempramen pada Remaja di SMK Kesatria Purwokerto. Skripsi, Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu Kedokteran dan Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Jendral Soedirman.

Rohali, Yuli Azmi. Pola Pengasuhan dan Gangguan Kepribadian. Tersedia (http://www.esaunggul.ac.id/article/pola-pengasuhan-dan-gangguan-kepribadian/) diakses pada tanggal 5 Maret 2015.

Semiun, Yustinus. 2012. Teori-Teori Kepribadian Jilid I. Yogyakarta: Kanisius.

Shochib,Moh. 2010. Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: Rineka Cipta.

Sjarkawi. 2011. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.

Soetjiningsih. 2010. Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta: CV Sagung Seto.

Tappang, Simon, Mallo. 2013. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepribadian Anak Remaja Usia 14-17 Tahun di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Pare-Pare. Jurnal Penelitian.thesis.binus.ac.id/doc/lampiran/2011-2-00010-PLlam.pdf. diakses pada tanggal 14 Februari 2015.

Yanti, Susi & Nasution, Siti Zahara. 2012. Pola Asuh Orang Keluarga dan Tipe Kepribadian Remaja di SMPN 7 Medan. Jurnal Penelitian.

Yusuf, Syamsu. 2012. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published

2017-09-28