HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KADAR GLUKOSA DARAH SEWAKTU PADA PASIEN DIABETES MELITUS

Septa Setyawan, Sono Sono

Abstract


Sampai saat ini belum ada kepastian terkait hubungan aktivitas fisik dengan kadar glukosa darah  sewaktu  sehingga masih menjadi bahan diskusi untuk mendapatkan kepastian.  Penelitian ini bertujuan untuk memastikan hubungan antara variabel aktivitas fisik dengan kadar glukosa darah sewaktu pada pasien diabetes melitus di Puskesmas Kotabumi II Lampung Utara tahun 2014. Desain penelitian  ini korelasi analitik, dengan metode pendekatan cross sectional, sampel dalam penelitian ini 77 responden menggunakan teknik accidentalsampling. Hasil analisis univariat menunjukan bahwa 49 pasien diabetes melitus (63,63%) melakukan kebiasaan aktivitas fisik sesuai anjuran, dan 56 pasien diabetes melitus (72,72%) mempunyai kadar glukosa darah sewaktu yang terkontrol. Berdasarkan analisis bivariat dengan uji chi-square didapatkan 40 pasien diabetes melitus (71,42%) mempunyai kadar glukosa darah sewaktu terkontrol melakukan kebiasaan aktivitas fisik sesuai anjuran dan 12 pasien diabetes melitus (57,14%) mempunyai kadar glukosa darah sewaktu tidak terkontrol melakukan kebiasaan aktivitas tidak sesuai anjuran. Dengan (α = 0,05), dan df(derajat kebebasan) = 1 yaitu  3,847, maka diperoleh  hit 4,4  > tab 3,841. Maka Ho ditolak berarti signifikan atau terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan kadar glukosa darah sewaktu pada pasien 


Keywords


Aktivitas Fisik, Glukosa Darah, Diabetes Melitus

References


Depkes RI.2008.Pedoman Teknis Penemuan dan Tatalaksana Penyakit Diabetes Melitus, Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular.

Dinkes Lampung Utara. 2013. Profil Kesehatan Kabupaten Lampung Utara Tahun 2013.

Ernawati. 2013.Keperawatan Diabetes Melitus Terpadu: Dengan Penerapan Teori Self Care Orem. Jakarta:Mitra Wacana Media.

Hasdianah. 2012. Mengenal Diabetes Mellitus Pada Orang Dewasa dan Anak-Anak.Yogyakarta:Nuha Medika.

Nadi, Akhmad. 2009.Hubungan Aktivitas Fisik dan Istirahat dengan Kadar Gula Darah Pasien Diabetes Melitus Rawat Jalan RSUD. PROF. DR. MARGONO SOEKARDJO Purwokerto,Skripsi Sarjana Keperawatan. Purwokerto:Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah.

Prince, Sylvia Anderson; Lorraine McCarty Wilson. 2006.Patofisiologi: Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit edisi 6 vol 1. Jakarta:EGC.

Qurratuaeni, 2009, Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Terkendalinya Gula Darah Pada Pasien Diabetes Melitus di Poliklinik Penyakit dalam Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati Jakarta, Skripsi Sarjana. Jakarta:FK Universitas Syarif Hidayatullah.

Rekam Medik, 2014, Daftar Kunjungan Pasien Berobat Di Puskesmas Kotabumi II Tahun 2014.




DOI: https://doi.org/10.26630/jkep.v11i1.531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Septa Setyawan, Sono Sono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik  Politeknik Kesehatan Tanjung Karang:

Almat: Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Bandar Lampung Telepon 0721-703580, email: jurnalkeperawatan@poltekkes-tjk.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.