FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSI ANAK

Authors

  • Rohayati Rohayati Jurusan Keperawatan Poltekes Tanjungkarang

DOI:

https://doi.org/10.26630/jkep.v12i1.353

Keywords:

Toddler, sosio emosi

Abstract

Tumbuh kembang merupakan proses yang berkesinambungan yang terjadi sejak konsepsi dan terus berlangsung sampai dewasa. Tercampainya tumbuh kembang yang optimal tergantung pada potensi biologik. Tingkat potensi biologik, seseorang merupakan hasil iteraksi antar faktor genetik dan lingkungan bio-fisiko-psikososial. Proses yang unik dan hasil akhir yang berbeda- beda memberikan cirri sendiri pada setiap anak. Perkembangan sosial dan emosipada anak ini, anak mampu beriteraksi dan menunjukkan reaksi emosi yang wajar, mengenal tanggung jawab, mulai menunjukkan kemandirian, disiplin dan peercaya diri.tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara pola asuh, jumlah anak, interaksi dengan teman sebaya, dan stats kesehatan dengan perkembangan dengan social emosi anak 2-3 tahun. Penelitian ini menggunakkan pendekatan kuantitatif, metode crossecsional,populasi dalam penelitian ini adalah keluarga yang memiliki anak 2-3 tahun sebanyak 59 orang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan cara purposivesampling dan didapatkan sampel 54 orang.pengukur data dengan lembar kuesioner perkembang social emosi, pola asuh jumlah anak, interaksi dengan teman sebaya dan status kesehatan. Pada analisis bivariat dilakukan menggunakkan uji chi-square. Hsil uji statistikdiketahui ada hubungan antara pola asuh, interaksi dengan teman sebaya dan status kesehatan dengan perkembangan social emosi anak ( p value<0,05). Dan tidak ada hubungan antara jumlah anak dengan perkembangan social emosi anak ( p value >0,05). Disarankan pada puskesmas untuk mengagendakkan penyuluhan kesehatan tentang perkembangan sosioemosi anak, dan penelitian ini lebih lanjut dengan metode eksperimen tentang stimulasi perkembangan sosioemosi pada yang usia 2-3 tahun.

 

References

Anggi, Rizki. 2013. Kemampuan Psikomotorik Siswa Sebagai Refleksi Dari Praktik Kerja Industri di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Garut. Tersedia (http://www,litbang, depkes, goid/Sites/download/ki/panduanbukubiru Pdf) [5 februari 2015]

Balitbang depdiknas,207. Standar isi Pendidikan Anak Usia.Terssedia di (http://file.upi.edu/Direktori/materi-Paud pdf) [25 Mei 2015 ]

Isfandari,Siti&Suhardi.1997.Gejala Gangguan Mental Emosional Pada Anak.Tersedia(http://ejournal,litbang.Depkes.goid/index.php/BPKview /file/301/320/). [ 24 februari 2015 ]

Juntika, Achmad,Mubar Agustin. 2013, Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja Tinjauan Psikologi,Pendidikan dan Bimbingan Bandung PT Refika Adiatama.

Machfoedz,Ircham 2010 Metdologi Penelitian ( Kuantitatif & kualitatif) Bidang Kesehatan , Keperawatan, Kebidanan,Kedokteran Disertai Contoh KTI, Skripsi,Tesis..Yogyakarta: Firayana

Mardatilllah,Annisa, 2014 Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan kecerdasan Emosional Anak Prasekolah(3-6 tahun) Di TK Budi Utama jorong SeberangParit Koto Tengah Batu Hampa Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Tersedia (http://jurnal umsb.ac.id/wpcont/uploads/2014/09/jurnalpola asuh-pdf) [ 24 februari 2015]

Prof. Notoatmojo, Soekidjo, Dr.2010 Metodologi Penelitian Kesehatan. JakartaPT Rineka Cipta

Prof Soetjinngsih,Dr., SpA (K), Prof I.Gede Ranuh, Dr., SpA(K) Adyana,Sugitha. 2013. Tumbuh Kembang Anak edisi 2. Jakarta: EGC

Published

2017-01-30