FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN PADA PROGRAM STUDI KEBIDANAN

Authors

  • Nurlaila Nurlaila Jurusan Kebidanan Poltekkes Tanjungkarang

DOI:

https://doi.org/10.26630/jkep.v12i1.338

Keywords:

Perpustakaan, minat, motivasi, koleksi, sarana prasarana

Abstract

Perpustakaan memiliki peran yang strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan yaitu terciptanya budaya baca, tersedianya sumber informasi yang cepat, tepat dan akurat, dan tersedianya tenaga perpustakaan yang profesional.Masalah dalam penelitian ini adalahadanya penurunan (54,6%) yang berkunjung keperpustakaan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan perpustakaan program studi kebidanan politeknik kesehatan kementerian kesehatan tanjungkarang tahun 2015.Rancangan penelitian inianalitik. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh mahasiswa prodi DIII kebidanan politeknik kesehatan kemenkes tanjung karang yaitu sebanyak  261 mahasiswa, sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 orang dengan tekhnikproporsi random sampling. Pengumpulan data menggunakan data primer dilakukan dengan cara angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dengan persentasi dan bivariat dengan fisher exact test. Hasil Penelitian, memanfaatkan perpustakaan ada 32(44,4%), minatnya baik ada 41(56,9%), koleksi perpustakaan yang lengkap  ada 35(48,6%), sarana dan prasarana perpustakaan yang lengkap  ada 43  (59,7%). Ada hubungan minat mahasiswa denganpvalue=0,05 dan OR = 0,37. Ada hubungan motivasi mahasiswa dengan p value=0,01 dan OR = 0,25. Ada hubungan koleksi perpustakaan diperoleh p value=0,05 dan OR = 0,34. Ada hubungan sarana dan prasarana diperoleh p value=0,04 dan OR = 0,4. Saran meningkatkan motivasi belajar kepada mahasiswa lebih ditingkatkan lagi untuk dapat berkunjung keperpustakaan minimal dua kali dalam seminggu sehingga dapat menunjang prestasi mahasiswa lebih baik.Untuk mahasiswa yang efektif dalam memanfaatkan perpustakaan, pihak pendidikan hendaknya dapat memberikan reward sehingga dapat menimbulkan motivasi bagi mahasiswa yang lain untuk berlomba- lomba dalam memanfaatkan perpustakaan, dan koleksi buku- buku yang terbaru lebih diperbanyak, sarana meja, rak buku, rak penitipan barang mohon disediakan.

 

References

Ibrahim, Adam Indra Wijaya, 2000. Perilaku Organisasi. Jakarta: Sinar Baru Algesindo

Data Profil Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, 2011.

Data Profil Politeknik Kesehatan Tanjung Karang, 2010.

Muhibin, Syah. 2008. Presentasi Belajar. Penerbit Rineka Cipta Jakarta

Sardiman,AM.2006. Interaksi dan Memotivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Pers Rajawali.

Sinaga, Dian. 2007. Mengelola Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kiblat Buku Utama.

Sulistyo, Basuki. 2003. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka. Depdikbud

Suhendar, Yusuf. 2005. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Prenada Media Group.

Published

2017-01-30