PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PRODI DIPLOMA III KEPERAWATAN TANJUNGKARANG DAN PRODI DIPLOMA III KEPERAWATAN KOTABUMI

Authors

  • Sono Sono Prodi Diploma III Keperawatan Kotabumi

DOI:

https://doi.org/10.26630/jkep.v12i1.337

Keywords:

Prestasi, Akademik

Abstract

Indeks prestasi adalah salah satu alat ukur terhadap keberhasilan mahasiswa dalam menempuh pendikan khususnya pada bidang akademik. Tujuan penelitian ini adalah  Mengetahui Perbandingan  Prestasi Akademik mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Kotabumi dengan Prodi  DIII Keperawatan Tanjungkarang  Tahun 2011 – 2014. Rancangan penelitian ini deskriptif analitik, Variable penelitian ini adalah :Program Studi DIII Keperawatan sebagai variabel independen dan Nilai indeks prestasi kumulatif   mahasiswa sebagai variabel dependen. Sebagai Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Keperawatan Kotabumi dan mahasiswa Program Studi Keperawatan Tanjungkarang satu angkatan tahun akademik 2011/2012 s/d 2013/2014.Sampel pada penelitian adalah keseluruhan populasi, 106 mahasiswa Prodi Keperawatan Tanjungkarang dan 75 mahasiswa prodi keperawatan kotabumi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengambilan data sekunder, yang didapat dari dokumentasi nilai  bagian akademik pada kedua prodi yang diteliti. Setelah data dikumpulkan, dilakukan pengolahan data dan analisis menggunakan analisis t test dengan bantuan program SPSS. Hasil Penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara IPK mahasiswa Prodi Keperawatan Tanjungkarang dengan Kotabumi, dalam pembahasan IPK yang merupakan hasil belajar yang berbeda dapat ditinjau dari perbedaan komponen pembelajaran antara kedua Prodi, dimana dari aspek kemampuan awal mahasiswa (input) dan aspek proses pembelajaran dalam hal ini dosen memiliki perbedaan yang cukup besar antara prodi keperawatan Tanjungkarang dengan Kotabumi. Penelitian ini merekomendasikan untuk mengusulkan penambahan tenaga dosen dan peningkatan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru pada Prodi Keperawatan Kotabumi.

 

References

Angkowo, R. (2007). Fungsi Media Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo.

Degeng, I. N. (2011, September 16). Pelajar 106 blogspot.co.id. Dipetik Oktober 02, 2015, dari Pokok Pikiriran tentang Sistem Pembelajaran di Perguruan Tinggi: http://www.pelajar 106.blogspot.co.id

Handrianto, P. (2012, Mei 01). Faktor Yang mempengaruhi Motivasi belajar. Diambil kembali dari Sains Journal: http://sainsjournal-fst11.web.unair.ac.id

Mejia. Luis R, G. B. (2012). Managing Human Resources (7th ed). United State: Pearson Education, Inc.

Pickle, H. B. & Abrahamson, R. L. 1989.Small Business Management. Singapore: John Wiley & Son (SEA) Pte.Ltd.

Prayitno, E. 1989.Motivasi dalam Belajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti P2LPTK

Reece,Barry L.;Brandt,Rhonda dan Howie, Karen F. 2011. Effective Human Relations:Interpersonal and Organizational Applications. (11th ed.). Canada:Nelson Education, Ltd.

Sardiman, M. 2006. Motivasi dan Interaksi Belajar Mengajar.Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Sejathi. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Pendidikan. http://id.shvoong.com/social -sciences/education/2108569-/. Download: 23 Aprill 2012

Steers, R. M. & Porter, L. W. 1991.Motivation and Work Behavior. New York: McGraw-Hill, Inc. Stewart, G & Brown, K.G

Published

2017-01-30