MUTU PELAYANAN FARMASI UNTUK KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT SWASTA

Authors

  • Yulyuswarni Yulyuswarni Jurusan Gizi Poltekkes Tanjungkarang

DOI:

https://doi.org/10.26630/jkep.v10i1.326

Keywords:

Pelayanan Farmasi, Kepuasan Pasien

Abstract

Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS) adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan rumah sakit yang berorientasi kepada pelayanan pasien, penyediaan obat yang bermutu, termasuk pelayanan farmasi klinik yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. Tuntutan pasien dan masyarakat akan mutu pelayanan farmasi, mengharuskan adanya perubahan pelayanan dari paradigma lama (drug oriented) ke paradigma baru (patient oriented) dengan filosofi Pharmaceutical Care (pelayanan kefarmasian). Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui mutu pelayanan farmasi yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit swasta X di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode survei analitik (survey research method) kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel diambil secara kuota sampling. Analisis data secara univariat, bivariat dan multivariat menggunakan uji Chi Square pada tingkat kesalahan 5% dan logistik regresi  pada tingkat kesalahan 5%.Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara dimensi mutu pelayanan farmasi dengan kepuasan pasien rawat jalan yaitu dimensi tangibles (bukti fisik) (p-value=0,001), reliability (kehandalan) (p-value=0,004), responsiveness (daya tanggap) (p-value= 0,000), assurance (jaminan) (p-value= 0,005). Dimensi mutu bukti fisik paling dominan (OR=4,024) berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan.

 

References

Chriswardani, S.. Kepuasan Pasien Rumah Sakit Tinjauan Teoritis dan Penerapannya pada Penelitian, Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan Vol. 07 Desember 2004, Pusat Manajemen Pelayanan Kesehatan, FK UGM, Yogyakarta, 2004

Chriswardani, S., Penyusunan Indikator Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit di Provinsi Jawa Tengah, Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan Vol. 09 Desember 2006, Pusat Manajemen Pelayanan Kesehatan, FK UGM, Yogyakarta, 2006

Dahlan, Azwar., Hubungan Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Non Askes di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Achmad Mochtar Bukittingi, Tesis, Program Pasca Sarjana UGM, Yogyakarta, 2006

Depkes, Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit (http://www.hukor.depkes.go.id) diakses tanggal 2 Maret 2011

Ekawati, Meilina Dyah,Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan di Apotek Instalasi Farmasi RSUD Sragen, Skripsi, Fakultas Farmasi Univ. Muhammadyah Surakarta, 2009

Hermanto, Dadang, Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Rawat Inap Kebidanan di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmojo Bulungan, Kalimantan Timur, Tesis, Program Pasca Sarjana UNDIP, Semarang, 2010

Ifmaily, Analisis Pengaruh Persepsi Layanan Farmasi Pasien Unit Rawat Jalan Terhadap Minat Beli Obat Ulang di Instalasi Farmasi RSI Ibnu Sina-YARSI Padang Tahun 2006, Tesis, IKM- UNDIP, Semarang, 2006

Ilyas, Yaslis.,Perencanaan SDM Rumah Sakit, , FKM UI, Depok, 2011

Pohan, Imbalo S., Jaminan Mutu Layanan Kesehatan;dasar-dasar pengertian dan penerapan, EGC, 2007

Samosir, Melva Advenia Veronica., Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Pemanfaatan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah (IFRSUD) Pandan Tahun 2008, Tesis, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara, 2009

Published

2017-01-26