PENGARUH ABDOMINAL STRETCHING TERHADAP NYERI PUNGGUNG IBU HAMIL TRIMESTER III

Mulhimmatul Rifa’ah, Meti Widiya Lestari, Uly Artha Silalahi

Abstract


 

Dampak dari perubahan kehamilan trimester III dapat menimbulkan ketidaknyamanan, salah satu diantaranya nyeri punggung bawah yang berada di daerah  lumbosacral dan sakroiliakal. Hal tersebut jika tidak ditangani  dengan baik dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu penatalaksanaan terapi non farmakologi melalui gerakan-gerakan ringan abdominal stretching. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh abdominal stretching terhadap nyeri punggung ibu hamil trimester III.Metode penelitian ini menggunakan pre-eksperiment dengan pendekatan one group  pretest posttest design. Populasi merupakan jumlah ibu hamil trimester III di wilayah Puskesmas Cibeureum. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling berdasarkan kriteria eksklusi dan inklusi,  sampel penelitian berjumlah 47 responden ibu hamil trimester III yang mengalami nyeri punggung dengan usia kehamilan 28-32 minggu. Instrumen yang dipakai untuk mengukur skala nyeri menggunakan Visual Analog Scale (VAS) dan uji statistik menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian didapatkan nilai rerata sebelum perlakuan abdominal stretching yaitu 5,89 sedangkan sesudah perlakuan abdominal stretching 3,19 dan terdapat penurunan yang signifikan Ïvalue=0,000 (<0,05). Kesimpulan : Ada pengaruh Abdominal Stretching terhadap nyeri punggung ibu hamil.


Keywords


Abdominal Stretching; nyeri punggung

Full Text:

PDF

References


Alter, M.J. (2008). Sport stretch, Floride International University.

Ariyanti, (2012). Apakah ada pengaruh WWZ terhadap perubahan skala nyeri punggung pada ibu hamil di Puskesmas Perawatan Ngletih Kota Kediri.

Arifiani, A.; Arina N.; dan Berthy S.U. (2016). Efektivitas Latihan Peregangan Perut (Abdominal Stretching Exercise) Dalam Mengurangi Dismenore Pada Remaja Putri Di Sma Panca Bhakti Pontianak, Pontianak.

Association of Chartered Physiotherapists In Woman Health (ACPWH). (2011) Pregnancy Related Pelvic Girdle Pain Farmerly Known As Symphysis Pubis Disfunction. ACPWH.

Bobak, I.M.; Lowdermik dan Jensen. (2010).Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Jakarta: EGC.

Daley, A.J. (2008). Exercise and primary dysmenorrhea: A comprehensive and critical riview of the literature.Sport Medicine.

Dinkes Kota Tasikmalaya. 2018. Data Ibu hamil trimester III, Tasikmalaya.

Effendi, F., dan Makhfudli. (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas: Teori dan Praktek dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Fauziah, M.N. (2015) Pengaruh Latihan Abdominal Stretching terhadap intensitas nyeri haid (Disminore) pada Remaja Putri di SMK Al-Furqan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/28982/1/MIA%20NUR%20FAUZIAH-FKIK.pdf ,

Fraser, D.M., dan Margaret A.C. (2009). Myles Buku Ajar Kebidanan. Jakarta: EGC.

Haruyama, S. (2011). The Miracle of Endorphine. Jakarta: Miza Pustaka.

Katonis, P., Kampouroglou, A.,A., Kakavelakis, K., Lykoudis, S., Makrigiannakis, A., &Alpantaki, K. (2011) Pregnancy-related low back pain. Hippokratia Medical Journal, hal 205-210.

Mafikasari, A., Ratih, I. K. (2015). Posisi Tidur dengan Kejadian Back Pain (Nyeri Punggung) Pada Ibu Hamil Trimester III. Jurnal Surya. 07(02), 26-34.

Manuaba, I.A., Bagus, Gede. (2010). Ilmu Kebidanan Penyakit Kandungan dan KB. Jakarta: EGC.

Megasari, M. (2015). Hubungan Senam Hamil dengan Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil Trimester III, Jurnal Kesehatan Komunitas, 3(1), 17-20.

Mirmolaei, S.T., Noureddin, Mahmood, dan Fahimeh R. (2018) Efficacy of a Physical Training Program on Pregnancy Related Lumbopelvic Pain. International Journal of Women’s Health and Reproduction Sciences, 6(2), 161–166.

Potter, P. (2010) Fudamental of Nursing:Consep, Procses Practice . Jakarta: EGC.

Putra, S.R. (2012). Asuhan Neonatus Bayi dan Balita untuk Keperawatan dan Kebidanan. Yogyakarta: D-Medika.

Renata, P. (2009). Perilaku Ibu dalam Pemberian Makanan Tambahan Pada Bayi Usia Kurang dari 6 bulan di KelurahanMangga Perumnas Simalingkar Medan: Karya Tulis Ilmiah Fakultas Keperawatan, USU.

Romauli, S. (2011). Buku Ajar ASKEB I: â€Konsep Dasar Asuhan Kehamilanâ€. Yogyakarta: Nuha Medika.

Saudia, B.E., dan Oky N.K. (2018). Perbedaan Efektivitas Endorphin Massage Dengan Kompres Hangat Terhadap Penurunan Nyeri Punggung Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Wilayah Kerja Sekota Mataram, Vol 12, Hal 23-29. Retrieved from http://jkp.poltekkes-mataram.ac.id;

Sinclair, C. (2009). Buku Saku Kebidanan. Jakarta: EGC.

Sinclair, C. (2010). Buku Saku Kebidanan. Jakarta: EGC.

Sinclair, C., dan Marlene. (2014) How do Women Manage Pregnancy-Related low Back and/or Pelvic Pain? Descriptive Findings from An Online Survey, The Newabey, Royal College of Midwives.

Ummah, F. (2012). Nyeri Punggung pada Ibu Hamil Ditinjau dari Nody Mekanik dan Paritas di Desa Ketanen Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Retrieved from https://stikesmuhla.ac.id/wp-content/uploads/32-38-Faizatul-Ummah.pdf;

Vermani, M. (2009) Pelvic Gridle Pain and Low Back Pain in Pregnancy: A Review, Warrington, World Institute of Pain.

Wahyuni dan Eko P. 2012. Manfaat Kinesiotapping untuk mengurangi nyeri punggung bawah pada kehamilan trimester III. Jurnal Kesehatan, 5(2), 119-129.

Woo, P., dan M. Eneaney. (2010) New Strategies to Treat Primary Dysmenorrhea The Clinical Advisor, retrieved from http://proquest.umi.com/pqdweb?index+6&did=2195246451.




DOI: https://doi.org/10.26630/jkep.v16i2.3104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mulhimmatul Rifa’ah, Meti Widiya Lestari, Uly Artha Silalahi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik  Politeknik Kesehatan Tanjung Karang:

Almat: Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Bandar Lampung Telepon 0721-703580, email: jurnalkeperawatan@poltekkes-tjk.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.