PENDIDIKAN BERKELANJUTAN NONFORMAL BAGI KEPALA RUANGAN DI RUMAH SAKIT
DOI:
https://doi.org/10.26630/jkep.v16i2.3103Keywords:
perawat manajer, pendidikan berkelanjutan, kepala ruanganAbstract
Data tentang leadership kepala ruangan yang menunjukkan bahwa adanya persepsi yang kurang terhadap kemampuan leadership dan quality control, hal tersebut merupakan bagian dari standar kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala ruangan. Pelaksanaan pendidikan bagi kepala ruangan belum optimal dan belum berkesinambungan. Penelitian dilakukan dengan rancangan penelitian survei. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, Focus Group Discussion (FGD) dan Survei dalam bentuk kuesioner. Data penelitian dianalisis untuk mendiagnosis masalah dan merumuskan metode pemecahannya. Rumusan masalah yang didapat adalah belum optimalnya program pendidikan berkelanjutan bagi kepala ruangan. Penyelesaian masalah berupa Kegiatan dengan metode pendekatan action research yaitu dengan menerapkan metode pelatihan berbasis kurikulum yang disusun sesuai dengan standar kompetensi kepala ruangan dengan jumlah peserta pelatihan sebanyak 112 peserta. Hasil dari action research ini menunjukkan peningkatan pengetahuan dari kepala ruangan. Evaluasi melalui pre dan post test tentang materi pelatihan yang sudah diberikan. Nilai rata-rata pre dan post test peserta meningkat dari rata-rata 53.88 menjadi 80.36, meningkat 26.48 poin.
References
American Organization of Nurse Executives. (2015). Nurse manager competencies. Chicago: IL:Author.
AONE. (2015). Knowledge leadership nurse executive competencies. The Voice of Nursing Leadership.
Crisp, C. (2016). Nursing Leadership. In Tennessee nurse / Tennessee Nurses Association (Vol. 79). https://doi.org/10.1177/0894318413500313
Curtis, E. A., Sheerin, F. K., & De Vries, J. (2011). Developing leadership in nursing: The impact of education and training. British Journal of Nursing, 20(6), 344–352. https://doi.org/10.12968/bjon.2011.20.6.344
Goktepe, N., Turkmen, E., Badir, A., Hayta, O., Yakar, H. K., & Buyukgonenc, L. A. (2018). Development of Managerial Competencies for First-level Nurse Managers in Turkey. International Journal of Caring Sciences, 11(2), 1096–1103. Retrieved from http://proxy1.calsouthern.edu/login?url=https://search.proquest.com/docview/2148646120?accountid=35183
Joint Commission International. (2017). Joint Commission International Accreditation (JCI) standards for hospitals.
Korniewicz, M. D. (2015). Nursing Leadership and Management https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Marquis, B. L., & Huston, C. J. (2015). Leadershiproles and management functions in nursing: theory and application (8th ed.). Canada:Lippincot Williams & Wilkins.
Marquis, B. L., & Huston, C. J. (2017). Leadership roles and management functions in nursing: Theory and application. In Leadership Roles and Management Functions in Nursing: Theory and Application (8th ed.). https://doi.org/10.1097/00006216-200407000-00013
Raines, D. A. (2012). Quality improvement, evidence based practice, and nursing research.... Oh my!
Riley, V. (2009). AONE’s Transforming Care at the Bedside Dissemination Initiative Update. Nurse Leader, 7(4), 15. https://doi.org/10.1016/j.mnl.2009.06.002
Springer Publishing Company, 31(4), 262–264.https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1891/0730-0832.32.6.425
Sastroasmoro, S., & Ismael, S. (2014). Dasar-dasar metodologi peneltian klinis (5th ed.). Jakarta: CV. Sagung Seto.
Servage, B. L. (2000). Contemporary Nursing: Issues, Trends, and Management. The Journal of Continuing Education in Nursing, 31(2), 92–92. https://doi.org/10.3928/0022-0124-20000301-15
Swansburg, R. C. (2000). Pengantar kepemimpinan dan manajemen keperawatan untuk Perawat Klinis (Alih Bahasa; S. Samba & M. Ester, Eds.) Jakarta: EGC