PENGARUH TERAPI MUSIK TERHADAP BOUNDING ATTACHMENT PADA IBU POST SECTIO CAESAREA

Adhaini Widiyawati, Idawati Manurung, Al Murhan

Abstract


Nyeri post sectio caesarea akan  mengganggu proses bounding attachment antara ibu dan bayi. Musik dapat menurunkan stres dan nyeri sehingga mempercepat bounding attachment. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh terapi musik terhadap bounding attachment pada ibu post sectio caesarea. Desain penelitian ini dengan quasy eksperimental non equivalent control group   Populasi adalah pasien post sectio caesarea dengan jumlah sampel 60 responden. Analisis dengan uji T test Independen. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata bounding attachment pada kelompok intervensi dengan terapi musik adalah 113.97, sedangkan rata-rata bounding attachment pada kelompok kontrol (tanpa terapi musik) adalah 98.70. Hasil analisis menunjukkan hasil Ï-value = 0,00, maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan terapi musik terhadap bounding attachment pada ibu post sectio caesarea, dimana tingkat bounding attachment pada kelompok yang diberikan terapi musik lebih tinggi daripada ibu yang tidak diberikan tetapi musik. Sarannnya adalah sebaiknya program terapi musik ini bisa diberikan pada setiap rungan perawatan post partum di setiap rumah sakit.


Keywords


Bounding Attachment; Post Sectio Caesarea; Terapi Musik

Full Text:

PDF

References


Basri, D. L. L. (2018). Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Kecemasan Pasien Pre Operasi Di Instalasi Bedah Pusat RSUP H. Adam Malik Medan Tahun 2018. Jurnal Keperawatan Priority, Vol 2, No.

Dian Taviyanda, Budi Wahyuni, I. N. (2017). Adaptasi Psikologis Pada Ibu Post Partum Primigravida Sectio Caesarea Dan Partus Normal Di Ruang Sarah (Kandungan Dan Kebidanan) Rumah Sakit Baptis Kediri.Http://Etd.Repository.Ugm.Ac.Id/, 1–2.

Elisabeth & Endang. (2015). Asuhan Kebidanan Masa Nifas dan Menyusui. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Fadilah, WN, Megawati, M. & Astiriyani, E. (2018). Pengaruh Hipnosis Terhadap Tingkat Kecemasan Ibu Post Sectio Caesarea. Buletin Media Informasi Kesehatan. 14(2): 150-155.

Handayani, R. (2014). Pengaruh Pemberian Terapi Musik Terhadap Nyeri Pasien Post Operasi Seksio Sesarea (Sc) Di Rumah Sakit Eka Bsd. Sktipsi. Universitas Esa Unggul.

Ispriantari, A. (2015). Pengaruh Terapi Musik Klasik terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Remaja Putra (13-15 Tahun) yang Dirawat Inap. Jurnal Kesehatan, 03(3), 6–11.

Kementrian Kesehatan RI. (2019). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI.

Kuswandari, R.P. (2016). Pengaruh Dzikir Untuk Mengurangi Skala Nyeri Pada Ibu Post Sectio Caesarea (SC). Yogyakarta. Skripsi, UMY.

Levi Zahardi, J. L. T. (2017). Analisis Lagu Bunda Ciptaan Melly Goeslaw E-Jurnal Sendratasik, 6(1), 1–7.

Manurung, S., Lestari, T. R., Suryati, B., Miradwiyana, B., & Karma, A. (2011). Efektivitas Terapi Musik Terhadap Pencegahan Postpartum Blues Pada Ibu Primipara Di Ruang Kebidanan RSUP Cipto Mangunkusumo Jakarta Pusat. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, (47), 17–23.

Marfuah, D., Nurhayati, N., Mutiar, A., Sumiati, M., &Mardiani, R. (2019). Pain Intensity among Women with Post-Caesarean Sectio: A Descriptive Study. KnE Life Sciences, 2019, 657–663. https://doi.org/10.18502/kls.v4i13.5322

Marlina Fitriya L.K. (2017). Perbedaan Penurunan Tingkat Nyeri Pada Ibu Nifas Pasca Operasi Sectio Caesarea Yang Mendapatkan Asuhan Nifas Normal Pasca Operasi Sectio Caesarea Dengan Terapi Musik Kesukaan Dan Tanpa Terapi Musik Kesukaan. Skripsi. UGM.

Pawatte I dkk (2013). Perbedaan Tingkat Kecemasan Pada Ibu Pre Seksio Caesarea di RSIA Kasih Ibu dan RSUP. Prof.Dr. R. D. Kandou Manado. Manado. Jurnal Kedokteran dan Tropik: Volume 1

Permatasari, I. D., Misrawati, & Hasanah, O. (2015). Efektifitas Terapi Musik Klasik Mozart Terhadap Penurunan Gejala Post Partum Blues. Jom, 2(2), 1160–1168.

Sari, NI. (2018). Efektifitas Terapi Musik Islami Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Pada Ibu Post Sectio Caesarea di RSUD Puri Husada Tembilahan. Jurnal Kesehatan Husda Gemilang. 1(2).

Solehati, T. & Cecep, E. (2015). Konsep dan Aplikasi Relaksasi Dalam Keperawatan Maternitas. Bandung: Refika Aditama

Wahyuni, S. (2018). Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Bounding Attachment di Ruang Dahlia Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Jember. Skripsi. Universitas Jember.

Yodatama, D. C., Hardiani, R. S., & Sulistyorini, L. (2015). Hbungan Bonding Attachment dengan Resiko Terjadinya Postpartum Blues pada Ibu Post partum dengan Sectio Caesaria di Rumah Sakit Ibu dan Anak( RSIA ) Srikandi IBI Kabupaten Jember. E-Jurnal Pustaka Kesehatan, 3(2), 327–333.




DOI: https://doi.org/10.26630/jkep.v16i2.3102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Adhaini Widiyawati, Idawati Manurung, Al Murhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik  Politeknik Kesehatan Tanjung Karang:

Almat: Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Bandar Lampung Telepon 0721-703580, email: jurnalkeperawatan@poltekkes-tjk.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.