OPTIMALISASI SUPERVISI PEMBERIAN EDUKASI PASIEN DAN KELUARGA PADA RS DI JAKARTA SELATAN

Authors

  • Laras Adythia Pratiwi Program Studi Magister Ilmu Keperawatan
  • Krisna Yetti Program Studi Magister Ilmu Keperawatan
  • Dudi Mashudi Program Studi Magister Ilmu Keperawatan

DOI:

https://doi.org/10.26630/jkep.v16i2.3097

Keywords:

Edukasi Pasien dan Keluarga, Pelayanan Keperawatan, Supervisi

Abstract

Keselamatan pasien dan kualitas perawatan adalah prioritas di semua layanan kesehatan termasuk rumah sakit. Rumah Sakit memfasilitasi pemberian edukasi yang merupakan faktor penunjang partisipasi pasien dan keluarga dalam proses optimalisasi asuhan.Studi kasus ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan supervisi pemberian edukasi pasien dan keluarga di RS Jakarta Selatan. Data dikumpulkan melalui observasi, penyebaran kuesioner dan wawancara. Analisis menggunakan diagram fishbone.Implementasi yang dilakukan dengan membuat instrumen supervisi pemberian edukasi dan observasi pendokumentasian pemberian edukasi pasien dan keluarga. Edukasi merupakan salah satu intervensi yang dilakukan oleh perawat. Pelaksanaan pemberian edukasi pasien dan keluarga dapat meningkatkan kualitas asuhan keperawatan. Perbaikan form pemberian edukasi pasien dan keluarga, pengesahan instrumen supervisi dan observasi pemberian edukasi pasien dan keluarga merupakan elemen penting dalam mencapai kualitas pelayanan keperawatan.

References

Andargie, S. T., & Kassahun, C. W. (2019). Knowledge and attitude of nurses’ towards patient’s oral care at University of Gondar comprehensive specialized hospital, Northwest Ethiopia. International Journal of Africa Nursing Sciences, 11 (August), 100165. https://doi.org/10.1016/ j.ijans.2019.100165

Chaves, L. D. P., Mininel, V. A., Silva, J. A. M. da, Alves, L. R., Silva, M. F. da, & Camelo, S. H. H. (2017). Nursing Supervision for Care Comprehensiveness. Revista Brasileira de Enfermagem, 70(5), 1106–1111.

Elmonita, Y., & Dwiantoro, L. (2017). Transformasional Leadership dalam Meningkatkan Perilaku Edukatif Perawat dalam Pelayanan. Seminar Nasional Dan Call for Paper, 182–191.

JCI. (2017). Joint Commission International Accreditation Standards for Hospitals (6th ed.). Oak Brook: Joint Commission International.

KARS. (2018). Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1. Komisi Akreditasi Rumah Sakit.

Liu, Y., Yu, S., & Yuan, Y. (2016). Effect of Health Education and Nursing Intervention on Compliance of Patients With Lung Transplantation. American College of Chest Physicians, 149(4).

Malekshahi, F., Rezaian, J., Fallahi, S., & Almasian, M. (2019). Nurses’ Viewpoints on Implementation of Continuing Education Programs at Hospitals. Journal of Medicine, 20(2), 80–86.

Marquis, B. L., & Huston, C. J. (2015). Leadership roles and management functions in nursing: theory and application (8th ed.). Canada: Lippincot Williams & Wilkins.

Meyers, K., Rodriguez, K., Brill, A. L., Wu, Y., La Mar, M., Dunbar, D., Golub, S. A. (2017). Lessons for Patient Education Around Long-Acting Injectable PrEP: Findings from a Mixed-Method Study of Phase II Trial Participants. AIDS and Behavior, 22(4), 1209–1216. https://doi.org/ 10.1007/s10461-017-1871-x

Kemenkes Ri. (2017). Permenkes No 40. Pengembangan Jenjang Karir Profesional Perawat Klinis (2017). Retrieved from http://hukor. kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No._40_ttg_Pengembangan_Jenjang_Karir_Profesional_Perawat_Klinis_.pdf

Potter, P. A., Perry, A. G., Stockert, P. A., & Hall, A. M. (2014). Canadian Fundamentals of Nursing. Elsevie (Fifth Edit, Vol. 5). Canada: Elsevier.

Rosa, E. M., & Sari, N. K. (2018). Implementasi Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) pada PErawat di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Temanggung. Jurnal Berdikari, 6(2), 227–231.

Shafer, P. O., & Buchhalter, J. (2016). Patient Education. Identifying Risks and Self-Management Approaches for Adherence and Sudden Unexpected Death in Epilepsy. Neurologic Clinics, 34(2), 443–456.

Suhariyanto, Haryati, T. S., Lestari, A., Purnamaria, M., Dja’afara, C., Nonaria, L., … Gautami, E. (2019). Peningkatan Pendidikan Pasien dan Keluarga dengan Penguatan Peran Interpersonal Champion Promosi Kesehatan dengan Pendekatan Teori Peplau. Journal of Hospital Accreditation, 01(1), 8–11.

Downloads

Published

2022-04-06