HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN DENGAN KEPUASAN PELAYANAN GIZI DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT
DOI:
https://doi.org/10.26630/jkep.v10i2.280Keywords:
Karakteristik pasien, kepuasan pelayanan gAbstract
Kepuasan pasien / pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (hasil) yang dirasakan dengan harapannya. Kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan berbeda-beda dan dipengaruhi oleh budaya, status social ekonomi, karakteristik pasien. Pelayanan gizi yang bermutu di rumah sakit yang bersifat paripurna sesuai jenis dan kelas rumah sakit merupakan visi PGRS, dimana salah satu misinya adalah menyelenggarakan pelayanan gizi yang berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan pasien untuk menunjang aspek promotif, preventif, kuratif, rehabilitative serta meningkatkan kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik pasien dengan kepuasan terhadap mutu pelayanan gizi diruang rawat inap Rumah Sakit DR.H. Abdul Moeleok Propinsi Lampung Tahun 2014. Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional dengan pendekatan kuantitatif, dengan sampel adalah pasien yang dirawat inap berjumlah 97 orang. Hasil penelitian adalah rata-rata kepuasan responden terhadap mutu pelayanan gizi sebesar 79,51%, dan hasil analisa bivariat tidak ada hubungan antara jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, kelas perawatan, selera makan dan jenis diit dengan kepuasan , sedangkan variable yang berhubungan dengan kepuasan adalah umur.
Â
Kata kunci      : Karakteristik pasien, kepuasan pelayanan giziReferences
Anjaryani, Wike Diah, 2009. Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawat di RSUD. Tugurejo Semarang. Tesis, Undip Semarang
Chaerani, Nita, 2001. Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Makanan diRuang Rawat Inap RS.Dr.M. Hoesin Palembang tahun 2001. Tesis FKM UI, Depok.
Depkes RI, 2003. Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat, Jakarta.
Eko, Wigiantoro, 2013. Hubungan Mutu Pelayanan Gizi dengan Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Gizi pada Rawat Inap di RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan. Thesis. Undip. Semarang.
Jacobalis, Samsi, 1989. Menjaga Mutu Pelayanan Rumah Sakit. Persi, Jakarta
Jocobalis, Samsi, 2000, Kumpulan Tulisan Tentang Rumah Sakit di Indonesia, dalam Dinamika Sejarah, Transformasi, Globalisasi, dan Krisis Nasional, Penerbit: Yayasan IDI, Jakarta.
Kemenkes RI, 2013. Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Direktorat Jenderal Bina Gizi, Dan Kesehatan Ibu Dan Anak, Jakarta
Kemenkes RI, Jurusan Gizi Poltekkes, 2013. Laporan PKL Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan Rumah Sakit di RSUDAM Propinsi Lampung. Bandar Lampung.
Moehyi, Sjahmien, 1992. PenyelenggaraanMakanan Institusi dan Jasa Boga. Bhratara, Jakarta.
Mustaram, Yogi Pratama, 2010. Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Instalasi Gizi di RS Siti Hajar Mataram dan RSUP Mataram Nusa Tenggara Barat Tahun 2010, Skripsi, PSIK – FK. UMJ, Jogyakarta.
Nova, Rahadi Fitra, 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Skripsi FE Universitas Sebelas Maret Surakarta. Solo
Semedi, Pujo, 2013. Hubungan Kepuasan Pelayanan Makanan Rumah Sakit dan Asupan Makanan dengan Status Gizi Pasien di RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak, Jurnal Gizi Indonesia Volume 2, No I Desember 2013 hal 32 – 41.
Supranto, J, 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelangganan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Citra, Jakarta.
Tjiptono, Pandy dan Diana, Anastia, 2001. Total Quality Management. Andi Offset, Jogyakarta.
Trisnantoro, Laksono, 2005. Memahami Penggunaan Ilmu Ekonomi Dalam Manajemen Rumah Sakit. Gajah Mada University Press, Jogyakarta
Wijono, Djoko, 1999. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Airlangga University Press, Surabaya.