PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANGSIBLING RIVALRYPADA ANAK USIA PRASEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.26630/jkep.v10i2.249Keywords:
Pengetahuan, Sibling RivalryAbstract
Sibling rivalrypadaanak-anakprasekolahmerupakan kecemburuananak-anakprasekolahterhadapsaudara-saudara mereka.Oleh karena itupengetahuanorang tuasangat pentingdalam mengatasireaksisibling rivalry.Berdasarkanstudi pendahuluanpenelitian yang dilakukandiperolehsejumlahorang tua yangberhasildiwawancarai5orangdari 8 orang tuamengatakanmengalamisibling rivalry.Tujuan daripenelitian ini adalah untukmengetahui gambarantingkat pengetahuanorang tuatentangsibling rivalrypada anakusiaprasekolahdiTKAl-Huda BrantiRayaII. Desain penelitian yang digunakanadalah deskriptif.Populasi penelitianiniadalah orang tuaanakusiaprasekolah(usia 3-5tahun) diTKAl-Huda BrantiRayaIIdengan populasisebanyak58orang tua.Teknik yang digunakandalampengambilan sampeladalah teknikpurposifdan memperolehjumlahrespondensebanyak49orang.Dalam penelitian ini penelitimengumpulkandata menggunakanlembar pertanyaan instrumen tes, danpenelitianmenggunakan analisisunivariat (pesentase).Hasilpenelitian menggambarkanbahwa sebanyak22orang(44,9%) berpengetahuan kurangbaik, 15orang(30,6%) cukup baik, dan12orang(24,5%) baik. Dengangambaran tingkatpengetahuanyangdiketahuiorang tua tentangsibling rivalrypada anakprasekolahusia-(usia3-5tahun) diTKAl-Huda BrantiRayaII, maka orang tuadiharapkanuntuk lebih meningkatkanpengetahuan untukmengatasisibling rivalrymelalui bimbingandisediakan olehkliniklokalatau mediainformasilainnyaReferences
Mubarak, Wahit Iqbal, dkk, 2007. Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Notoatmodjo, Soekidjo.,2010.Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, Soekidjo., 2010.Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, Soekidjo., 2010. Promosi Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Downloads
Published
2017-01-25
Issue
Section
Artikel