MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN METODE TIM PADA RAWAT INAP
DOI:
https://doi.org/10.26630/jkep.v8i2.156Keywords:
Mutu, Responsivenes, Assurance dan EmphatiAbstract
Ketidak puasan pasien rawat inap dapat mengakibatkan efek jera kepada pasien untuk datang kembali meminta pelayanan keperawatan bila ia sakit. Kondisi ini akan dapat diatasi bila perawat dapat memberikan pelayanan keperawatan yang berkualitas dan bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah Mutu pelayanan keperawatan dengan metode tim dapat meningkatkan Kepuasan pasien pada rawat inap di RS. Imanuel Bandar Lampung. Metode penelitian adalah kualitatif dengan desain Cross Secsional. Populasi adalah semua pasien rawat inap di ruang dewasa pria dan dewasa wanita, dengan menggunakan metode sampel Purposive Sampling  berjumlah 90 responden. Instrumen ukur menggunakan kuesioner dan metode angket. Pengolah data dilakukan analisis hasil dengan uji univariat dan uji bivariat Chi Square. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai pelaksanana metode tim diruangan (81,1) peningkatan nilai mutu pelayanan keperawatan (81,30) dan nilai rata-rata kepuasan (65,24). Aadanya hubungan yang bermakna antara mutu pelayanan keperawatan yang menggunakan metode tim terhadap kepuasan pasien rawat inap di RS. Imanuel Bandar Lampung (pV=0,0001). Dari lima dimensi mutu yang diukur ternyata hanya 3 (tiga) dimensi yang berhubungan yaitu Responsiveness, Assurance dan Emphati, sedangkan 2 (dua) dimensi yang tidak berhubungan adalah Tangiable dan Reability.References
Azwar. Azrul (1996) . Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta :Binarupa Aksara
Boy S, Sabarguna (2004). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit, Penerbit Konsorsium Rumah Sakit Islam Jateng DI Yogyakarta
Depkes RI, (2009). Standar Pelayanan Rumah Sakit, Cetakan IV, Jakarta
Depkes RI (2006). Modul Pelatihan Peningkatan Manajemen Kinerja Klinik Perawat/ Bidan. Dit. Bina Pelayanan Keperawatan
Douglas, LM. (1984). The Effective Nurse Leader and Manager, Second Edition St Luis ; The C. V Mosby comp.
Eli Nurachmah (2007). Asuhan Keperawatan Bermutu Di Rumah Sakit, Jurnal Keperawatan dan Penelitian Kesehatan, Jakarta
Erfandi, et.al (2010). Model dan Bentuk Praktik Keperawatan Profesional Metode Tim
Gillies, D (1989) Nursing Management Company a System Approach, Philadelphia, WB Saunders comp.
J.B.Suharjo B.Cahyono,Dr.,Sp.PD. (2010) Membangun budaya keselamatan pasien dalam praktek kedokteran. Penerbit Kanisius
Karen M. Stolte (2004). Diagnosa Keperawatan Sejahtera. Penerbit buku kedokteran EGC
Marquis, Huston, (2000), Leadership roles and management functions in nursing theory & application, 3rd edition, Lippincott Williams & Wilkins:Philadelphia.
Purwanto (2010). Kualitas Pelayanan Keperawatan. www.ppnisragen. wordpress.com. 16 Pebruari 2010
Satrianegara (2009). Buku Ajar Organisasi Dan Manajemen Pelayanan Kesehatan Serta Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.