KEPUASAN USER TERHADAP KINERJA PERAWAT LULUSAN POLITEKNIK KESEHATAN

Authors

  • Yuni Astini
  • Kodri Kodri

DOI:

https://doi.org/10.26630/jkep.v8i2.151

Keywords:

Kepuasan, Kinerja, Harapan, Lulusan, Perawat

Abstract

Persepsi user terhadap kinerja lulusan, merupakan salah satu tolak ukur untuk meningkatkan kualitas pendidikan, yang pada akhirnya akan membentuk kepuasan user, peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat, serta berdampak positif untuk peningkatan  derajat kesehatan masyarakat. Terkait dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia. Laporan UNDP (2007), Indonesia berada pada urutan ke-107 dari 177 negara. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kepuasan user terhadap kinerja lulusan Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang, desain penelitian deskriptif jenis evaluasi (evaluation study). Populasi penelitian adalah seluruh perawat lulusan Poltekes Kemenkes Tanjungkarang  2010 sebanyak 59 orang. Sampel penelitian 21 orang. Penelitian dilaksanakan bulan September – Oktober 2011. Hasil penelitian kinerja lulusan baik (81%). Kepuasan user terhadap kinerja lulusan  dalam kriteria puas (71%). Harapan user, materi keilmuan yang perlu ditingkatkan adalah Keperawatan Gawat Darurat, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Kritis. Soff skill yang perlu ditingkatkan adalah kejujuran, kedisiplinan dan komunikasi. Saran, dalam upaya meningkatkan kinerja  lulusan dan kepuasan user, diharapkan Prodi Keperawatan Poltekes  Kemenkes Tanjungkarang   memprioritaskan pada mata ajar Keperawatan Gawat Darurat, Keperawatan Medikal Bedah dan Keperawatan Kritis, meningkatan skill komunikasi bahasa asing.dan kegiatan pelatihan bersertifikat .

References

Alma Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alpabeta

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2006. Borang Akreditasi Institusi Pendidikan Kesehatan. Jakarta:PPSDM.

Grivin Vincent. 2002. Manajemen Kualitas, Penerapan Konsep Konsep Kualitas dalam Manajemen Bisnis Total. Terjemahan Sudarsono. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2010. Rencana Aksi Program Badan PPSDM tahun 2010 - 2014. Jakarta : Badan PPSDM.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 232/U/2000 tentang Pedoman penyusunan Kurikulum dan Penilaian Belajar Mahasiswa

Kotler Philip dan Nancy Lee. 2007. Pemasaran di Sektor Publik. Jakarta : Macanan Jaya Cemerlang.

Mangkunegara,A.A.(2000). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Surabaya. Remaja Rosdakarya.

Pedoman Pendidikan dan Pelatihan Jaminan Mutu (QA) di Rumah Sakit dan Puskesmas. http/www.Irc Kesehatan net/pedoman/ ped. diklatjamurs. htm. Diakses 07 Desember 2010.

Schermerhorn John. 2000. Manajemen. Yogyakarta: ANDI dan John Wiley& Sons.

Supriyanto (2002).Manajemen Pemasaran Jasa Pelayanan Kesehatan. Surabaya. Universitas Airlangga.

Tjiono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2000. Sevice, Quality and Satisfaction. Yogyakarta : Andi.

Trimahanani Emy. 2009. Managemenfile. com. Diakses 07 Desember 2010.

Yuniastini (2005). Analisis Pengaruh Kinerja Dosen dan Proses Belajar Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal AKK UNAIR.

Zeithaml, Valarie and Mary Jo Bitner. 2006. Service Marketing. New York: MC Grawl-Hill International Editions.

Published

2016-08-16