PENGETAHUAN IBU PASKA MELAHIRAKAN TENTANG PIJAT BAYI DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Riyanti Imron, Putri Wardarita

Abstract


Pijat bayi merupakan tradisi turun temurun yang mampu membantu mengoptimalkan tumbuh kembang bayi. Informasi dan pengetahuan yang kurang, menyebabkan sebagian orangtua beranggapan bahwa pijat bayi dilakukan hanya pada bayi yang sakit serta dilakukan oleh tukang pijat atau tenaga medis yang menguasai pijat. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu tentang pijat bayi di PMB Nurmala Dewi Bandar Lampung. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan deskritif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel Penelitian berjumlah 30 orang dengan metode acidental sampling, Instrumen penelitian berupa kuesioner tertutup. Analisa data menggunakan analisa univariat.Hasil Pengetahuan ibu tentang pijat bayi secara umum sebagian besar kategori cukup sebanyak 16 responden (53,3%). Pengetahuan ibu tentang pengertian pijat bayi sebagian besar adalah kategori baik sebanyak 16 responden (53,3%). Pengetahuan ibu tentang manfaat pijat bayi sebagian besar adalah kategori sebanyak 14 responden (46,3%).Pengetahuan ibu tentang cara pemijatan pada bayi sebagian besar adalah kategori kurang sebanyak 14  responden (46,7%). Pengetahuan ibu tentang usia yang dianjurkan  pijat  pada bayi sebagian besar adalah kategori cukup sebanyak 13 responden (43,4%).


Keywords


Pengetahuan; Pijat bayi

Full Text:

PDF

References


Haryanti, Y.D. (2015). Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Pijat Bayi di Dukuh Sambeng Desa Sambeng Todanan Blora. Laporan Tugas Akhir. STIKES Kusuma Husada Surakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2011).Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta

Prasetyono. (2009). Buku Pintar ASI Eksklusif. Jogjakarta : Diva Pres.

Putri, Alissa. (2009). Pijat dan Senam Untuk Bayi dan Balita Panduan Praktis Memijat Bayi dan Balita. Yogyakarta: Brilliant Offset

Roesli Utami.(2013). Pedoman Pijat Bayi. Jakarta: TrubusAgriwidya




DOI: https://doi.org/10.26630/jkep.v14i2.1312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Riyanti Imron, Putri Wardarita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik  Politeknik Kesehatan Tanjung Karang:

Almat: Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Bandar Lampung Telepon 0721-703580, email: jurnalkeperawatan@poltekkes-tjk.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.