Perbedaan Hasil Belajar Psikomotorik Penggunaan Metode Demonstrasi dan Metode Audiovisual pada Pembelajaran Mata Kuliah Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal
DOI:
https://doi.org/10.26630/jkep.v14i1.1008Keywords:
Hasil Belajar, Metode Audio Visual, Metode DemonstrasiAbstract
Metode mengajar memegang peranan penting dalam proses pendidikan.Sebagian besar gurumasihmenggunakanmodel pembelajaran konvensional sepertipembelajarantatap muka (facetofacelearning).Tuntutan dan peradaban telahmengalami pergeserandariduniaanalog menuju dimensi digital lewat kemajuan teknologiinformasi yang begirupesat. Tujuan penelian ini adalah Diketahuinya perbedaan hasil belajar psikomotorik penggunaan metode demonstrasi dan metode audiovisual pada pembelajaran Kegawatdaruratan maternal dan neonatal pada mahasiswa kebidanan STIKes Aisyah Pringsewu. Penelitian ini menggunaan jenis penelitian Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental dengan pendekatan rancangan posttest design. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa kebidanan STIKes Aisyah dan Sampel diambil dengan teknik total sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian ini nilaip-value= 0,000, ini menunjukan ada perbedaan hasil belajar psikomotor antara metode demostrasi dengan metode audiovisual di STIKes Aisyah Pringsewu. Agar dosen di istitusi dapat menerapkan metode pembelajaran demonstrasi kepada mahasiswa melalui matakuliah terkait, dan bagi peneliti untuk dapat mengaplikasikan metode pembelajaran demonstrasi kepada mahasiswa melalui mata kuliah terkait.
References
Djamarah dan Zain, A. 2000.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:: Rineka Cipta.
Hergenhahn, B. R. dan Olson, Matthew H. (2008). Theories of Learning (7th ed.). Jakarta: Prenada Media Group
Meiyensi. 2006. Pembelajaran Audiovisual Menangkan LKTI. http://www.lampungpost.com/cetak/berita.php?Diakses tanggal 29 Mei 2009.