Efektifitas Penggunaan Media Kalender STOP TB terhadap Pengetahuan Pasien TBC
Keywords:
Perbedaaan Pengetahuan Pengobatan, Kalender STOP TB, TuberkulosisAbstract
Pengetahuan berperan penting terhadap kepatuhan pasien tuberkulosis (TB) paru karena TB paru merupakan penyakit menular dan telah terjadi multiple drug resisten. Bebragai penelitian menunjukkan hasil bahwa penggunaan media edukasi dapat meningkatkan kepatuhan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan media kalender terhadap pengetahuan pasien TB paru. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan sampel yaitu seluruh populasi pasien TB paru yang sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi Perbedaan pengetahuan diukur dengan kuesioner melalui pre-post test. Penelitian ini melibatkan 21 responden. Pasien paling banyak berusia 56-65 tahun, berjenis kelamin laki-laki, tingkat pendidikan SMA, tidak bekerja, dengan pendapatan < 2.990.000. Pasien paling banyak pada pengobatan kategori 1, fase lanjutan dengan dosis 3 tablet 2KDT RH (150/75), tidak mendapat obat non TB, tidak merasakan efek samping dan tidak ada penyakit penyerta dan seluruh pasien menggunakan status pembiayaan JKN. Hasil pengukuran menunjukkan keefektifan media dalam meningkatkan pengetahuan yaitu dari 52,4% menjadi 95,2% dan terdapat perbedaan signifikan p-value 0,000 (< 0,05) antara pengetahuan pre dan post pemberian media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges and earlier and greater citations of published work.