Efek Pelatihan dengan Metode Pembelajaran Discovery Learing Meningkatkan Kemampuan Kader tentang Pemberian Makanan Bayi dan Anak Balita

Authors

  • Sudarmi Sudarmi [ID Scopus 57214836052] Politeknik Kesehatan Tanjung Karang

DOI:

https://doi.org/10.26630/jkmsaw.v15i2.3650

Keywords:

Pelatihan, Dysvovery Learning, PMBA, Kader.

Abstract

Latar Belakang: Upaya agar kader dapat menyampaikan informasi pada masyarakat tentang pentinynya Pemberian Makan pada Bayi dan Anak (PMBA) secara maksimal. Perlu diberikan pelatihan pada kader dengan metode pembelajaran yang aktif, yaitu discovery learning yang dapat mempercepat pemahaman atau peningkatan pengetahuan dan ketrampilan. Tujuan: Untuk mengkaji efektivitas pelatihan dengan metode discovery learning terhadap pengetahuan dan keterampilan penyuluhan kader tentang PMBA. Metode: Penelitian menggunakan rancangan quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design dan pos test -only control group design. Penelitian dilakukan dengan memberikan pelatihan pada kader dengan menggunakan metode discovery learning pada bulan Juni-Oktober 2022 di Puskesmas Karang anyar Kabupaten Lampung Selatan. Jumlah sampel 60 kader. Analisis data bivariat menggunakan uji T-Test Independen. Hasil: Hasil analisis uji statistik menunjukkan ada perbedaan (lebih efektif) metode discovery learning dibandingkan metode konvensional dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penyuluhan kader tentang PMBA (p-value 0,001). Simpulan: Percepatan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan memberikan penyuluhan kader tentang PMBA dengan metode discovery learning dapat menjadi pilihan bagi tenaga kesehatan, karena lebih efektif. Abstrac. The Effect of Training with the Discovery Learning Learning Method Increases Health Worker' (Kader) in Abilities about feeding Infants and Toddlers Background: Efforts for health worker to convey information to the public about the importance of optimal feeding of infants and children. It is necessary to provide training to health worker with active learning methods, namely discovery learning which can accelerate understanding or increase knowledge and skills. Purpose: To examine the effectiveness of training using the discovery learning method on knowledge and counseling skills regarding feeding infants and children. Methods: The study used a quasi-experimental design with a nonequivalent control group design and post-test -only control group design. The research was conducted by providing training to health worker using the discovery learning method in June-October 2022 at the Karang Anyar Community Health Center, South Lampung Regency. The number of samples is 60 health worker. Bivariate data analysis used the Independent T-Test. Results: Statistical test analysis showed that there was a difference (more effective) with the discovery learning method compared to conventional methods in increasing the knowledge and skills of health worker in counseling about feeding infants and children (p-value 0,001). Conclusion: Accelerating the increase in knowledge and skills in providing counseling to health worker about IYCF with the discovery learning method can be an option for health workers, because it is more effective.

References

Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosda Karya.

Akbar, S., & Holid, A. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosda Karya.

Ariawan, R., Kurniasari, A., Effendi, L. A., & Yolanda, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook dengan Model discovery learning pada Materi Trigonometri Kelas XI SMA. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i1.13949

Darmawan, D., & Dinn, W. (2018). Model Pembelajaran di Sekolah. PT. Remaja Rosda Karya.

Dinas Kesehatan Lampung Selatan. (2020). Profil Dinas Kesehatan Lampung Selatan Tahun 2019.

Dinas Kesehatan Lampung Selatan. (2021). Profil Dinas Kesehatan Lampung Selatan Tahun 2020.

Fadjri, T. K. (2017). Pengaruh pelatihan pemberian makan pada bayi dan anak (PMBA) terhadap keterampilan konseling dan motivasi bidan desa. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 2(2), 97–102. https://doi.org/10.30867/action.v2i2.61

H. E. Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosda Karya.

Honomichl, R. D., & Chen, Z. (2012). The role of guidance in children’s discovery learning. Wiley Interdisciplinary Reviews: Cognitive Science, 3(6), 615–622. https://doi.org/10.1002/wcs.1199

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.

Ismail, I. (2020). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dengan Model discovery learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pai Di Ma Ronggowarsito Ponorogo [IAIN Ponorogo]. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dengan Model discovery learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pai Di Ma Ronggowarsito Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/12012/

Kemenkes RI. (2019). Panduan Orentasi kader Posyandu. Direktorat Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat.

Kemenkes RI. (2021). Buku Saku Hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2021. https://www.litbang.kemkes.go.id/buku-saku-hasil-studi-status-gizi-indonesia-ssgi-tahun-2021/

Kemenkes RI. (2021b). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020. Kemenkes RI

Nasrul, E. (2003). Dasar-Dasar Keperawatan Masyarakat (2nd ed.). EGC Jakarta.

Notoadmodjo, S. (2014). Ilmu Kesehatan Masyarakat Dan Perilaku Kesehatan . Rineka Cipta.

Arifin, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning untuk Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu dan Hasil Belajar Siswa pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Universitas Hasanudin.

Nurhayati, Y. (2019). Pengembangan Modul Cetak 1000 Hari Pertama Kehidupan Untuk Pelatihan Kader Bina Keluarga Balita Di BKKBN. Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 27–38. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JIV.1401.3

Nurroh, S. (2017). Filsafat Ilmu. Assignment Paper of Filosophy of Geography Science. Universitas Gadjah Mada.

Priadi, M. A., & Riyanda, A. R. (2021). Pengaruh Model Guided Discovery learning Berbasis E-Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. IKRA-ITH Humaniora: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(2), 1–13. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/959/748

Putri, H. M., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 17–21. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.105270

Rahman, M. H. (2017). Using Discovery learning to Encourage Creative Thinking. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 4(2). https://doi.org/10.23918/ijsses.v4i2sip98

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Rajawali Press.

Sudarmi, S. (2021). Efektifitas Media Audio Visual pada Kelas Ibu Hamil Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Pencegahan Komplikasi Kehamilan dan Persalinan. Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai, 14(1), 19–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26630/jkm.v14i1.2704

Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Takdir, M. (2012). Discovery Strategy & Mental Vocasional Skill. Diva Press.

UNICEF. (2013). Improving Child Nutrition The Achievable Imperative For Global Progress. https://data.unicef.org/wp-content/uploads/2015/12/NutritionReport_April2013_Final_29.pdf

Wahyuningsih, E., & Handayani, S. (2016). Pengaruh pelatihan pemberian makan pada bayi dan anak terhadap pengetahuan kader di wilayah Puskesmas Klaten Tengah Kabupaten Klaten. MOTORIK Jurnal Ilmu Kesehatan, 10(21). http://jurnal.stikesmukla.ac.id/index.php/motor/article/view/230

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh Model discovery learning terhadap pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/viewFile/1344/1036

Yanti, Y., Lailiyana, L., & Helina, S. (2022). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Kader Posyandu Dalam Memberikan Penyuluhan Mp-Asi Di Desa Tanah Merah Kabupaten Kampar. IKA BINA EN PABOLO: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 41–48. https://doi.org/https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v2i1.2546

Downloads

Published

2022-12-30