Peningkatan ketrampilan ibu hamil melakukan deteksi tanda bahaya kehamilan menggunakan google classroom pada masa pandemi covid-19

Authors

  • Rosalina Rosalina Kebidanan, Poltekkes Kemenkes Surakarta
  • Siswiyanti Siswiyanti Kebidanan, Poltekkes Kemenkes Surakarta
  • Srianggarini Parwatiningsih Universitas Sebelas Maret Surkarta, Indonesia
  • Erlyn Hapsari Universitas Kusuma Husada Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26630/jkmsaw.v15i1.3217

Keywords:

Google classroom ibu hamil, keterampilan, tanda bahaya kehamilan

Abstract

Latar Belakang: Mendeteksi tanda bahaya kehamilan merupakan suatu keterampilan penting bagi ibu hamil untuk mencegah komplikasi kehamilan.  Di wilayah Puskesmas Wedi sampai saat ini pelatihan/kelas ibu jarak jauh belum ada di wilayah tersebut serta angka kejadian masalah kehamilan di wilayah Puskesmas Wedi tidak bisa dibilang rendah. Penelitian ini merancang kelas ibu hamil menggunakan metode daring yang mudah dan dapat menjangkau lebih banyak ibu hamil pada masa pandmei Covid-19 yaitu menggunakan google classroom. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pelatihan menggunakan google classroom untuk memberikan keterampilan ibu agar ibu dapat lebih cepat mendeteksi dini tanda bahaya kehamilan, sehingga bila ibu mendapatkan gejala tanda bahaya kehamilan agar segera tertangani. Metode: Penelitian ini menggunakan Quasy experiment dengan pre-post test design with kontrol. Subjeknya adalah ibu hamil trimeseter 1-3 yang datang di wilayah Puskesmas Wedi yang memenuhi kriteria inklusi dan ekskulsi. Peneliti membuat kelas ibu hamil daring menggunakan google classroom yang dihadiri setiap minggunya. Sampel sebanyak 40 setiap kelompok dengan total sampel 80 orang. Analisis data menggunakan uji T-Test. Hasil: Hasil penelitian didapatkan Peningkatan skor keterampilan ibu dalam mendeteksi tanda bahaya pada kelompok kontrol lebih rendah dibandingkan dengan kelompok kelompok intervensi (22,83±8,57; 45,0±14,85). Hasil uji statistik didapatkan ada pengaruh classroom ibu hamil terhadap peningkatan keterampilan ibu hamil dalam mendeteksi tanda bahaya kehamilan (p value 0,001). Simpulan: Pada masa pandemik Covid-19, Kelas ibu hamil menggunakan google classroom ibu hamil dapat dijadikan alternatif Pendidikan untuk meningkatkan keterampilan ibu dalam deteksi tanda bahaya kehamilan.

Background: Detecting danger signs of pregnancy is an important skill for pregnant women to prevent pregnancy complications. In  the Wedi Health Center area, there is no training/class for remote mothers in the area and the incidence of pregnancy problems in the Wedi Health Center area is not low. This study designed a class for pregnant women using an online method that is easy and can reach more pregnant women During the Covid-19 pandemic, using Google classroom. Purpose: This study aims to determine the effect of training using google classroom to provide mother skills so that mothers can more quickly detect danger signs of pregnancy so that if mothers get symptoms of danger signs of pregnancy, they can be handled immediately. Methods: A quasi-experiment with a pre-post test design with control was used in this study. The subjects were pregnant women in trimesters 1-3 who came to the Wedi Health Center area and met the inclusion and exclusion criteria. A sample of 40 in each group with a total sample of 80 people. Analysis of the test using the T-test. Results showed that the increase in the mother's skill score in detecting danger signs in the control group was lower than in the intervention group (22.83±8.57; 45.0±14.85) Results: The results of the statistical test showed that there was an effect on pregnant women's classroom on increasing skills of pregnant women in detecting danger signs of pregnancy (p-value 0.000). Conclusion: During the Covid-19 pandemic, the classroom for pregnant women can be used as an alternative to education to improve the skills of mothers in detecting dangerous signs of pregnancy.

 

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 on Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.†Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9

Anggraini, M. L., Amir, A. N., Morika, H. D., Sari, P. M., Manila, H. D., & Arman, E. (2020). Sosialisasi Kelas Ibu Hamil Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdimas Saintika, 2(2), 33–37. http://dx.doi.org/10.30633/jas.v3i2.1248

APJII. (2017). Penetrasi & perilaku pengguna internet indonesia 2017. https://apjii.or.id/downfile/file/survei2017-id.pdf

Bogale, D., & Markos, D. (2015). Knowledge of obstetric danger signs among child bearing age women in Goba district, Ethiopia: a cross-sectional study. BMC pregnancy and childbirth, 15(1), 1-8. https://bmcpregnancychildbirth.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12884-015-0508-1

Creswell, J. (2016). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif dan mixed. Pustaka Pelajar.

Cucinotta, D., & Vanelli, M. (2020). WHO Declares COVID-19 a Pandemik. 91(6), 157–160. https://doi.org/10.23750/abm.v91i1.9397

Daniati, B. I., & Luhsasi, D. I. (2020). Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Penerapan Model Pembelajaran E – Learning Berbasis Google classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Progam Studi Pendidikan Ekonomi , Fakultas Keguruan Il. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 601–608. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2642

Hailu, M. (2010). Knowledge about obstetric danger signs among pregnant women in Aleta won district, Sidama zone, southern Ethiopia. Ethiop J Health Sci, 20(1). DOI: 10.4314/ejhs.v20i1.69428

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Hinonaung, J. S. H., Pramardika, D. D., Wuaten, G. A., Mahihody, A. J., & Manoppo, E. J. (2020). Tinjauan Literatur: COVID-19 Pada Ibu Hamil Jelita. Jurnal Ilmiah Kebidanan Indonesia, 11(1), 44–49. https://doi.org/10.33221/jiki.v11i01.958

Hitatami, E. L., Susanto, H., Hilmanto, D., Judistiani, T., & DKl, S. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Kehamilan Risiko Tinggi melalui Layanan Pesan Singkat terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil. Ijemc, 1(1), 7. http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v1i1.82

Ira, N., Fuzie, R., Adi, N., Neka, E., Nur, L., & Andhar, V. Y. (2018). Promosi Kesehatan. Airlangga Unerversity Press.

Irianti, B., & Dkk. (2013). Asuhan kehamilan berbasis bukti, paradigma baru dalam asuhan kebidanan. PT Agung Seto.

Ismaeel, A. G. (2013). Effective System for Pregnant Women using Mobile GIS. International Journal of Computer Applications, 64(11). https://doi.org/10.5120/10675-5547

Ismiyarti, W., Hudaya, C., & Rodianto. (2021). Efektivitas Metode Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tambora, 5(3), 1–7. https://doi.org/10.36761/jt.v5i3.1295

Keefe, T. E. (2020). Crises in American Education : WWII, Baby Booms, and CORVID-19. Research h Gate, March. https://www.researchgate.net/publication/340166373

Kemendagri RI. (2020). Pedoman Manajemen Bagi Pemerintah Daerah Dalam Penanganan Covid-19 dan Dampaknya. Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. http://gugustugas.riau.go.id/uploads/Critical_Review_02_Pedoman_Manajemen_Bagi_Pemerintah_Daerah_Dalam.pdf

Kemenkes RI. (2020). Pedoman Bagi Ibu Hamil, Ibu Nifas, dan Bayi Baru Lahir Di Era Pandemi Covid-19. Kemenkes RI. https://www.ibi.or.id/media/Materi%20Webinar%20IBI%20-%20USAID%20Jalin%20Covid19/Kementerian%20Kesehatan_COVID_19_Pedoman.pdf

Kemenkes RI. (2010). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Kemenkes RI. https://libportal.jica.go.jp/library/Archive/Indonesia/232i.pdf

Kemenkes RI. (2017). Survey Demografi Kesehatan Indonesia.Kemenkes RI

Kemenkes RI. (2020a). Covid-19 Indonesia. https://www.covid19.go.id

Kemenkes RI. (2020b). Pedoman Bagi Ibu Hamil, Ibu Nifas dan Bayi Baru Lahir Selama Social Distancing. Kemenkes RI. https://covid19.kemkes.go.id/protokol-covid-19/pedoman-bagi-ibu-hamil-ibu-nifas-dan-bbl-selama-social-distancing

Kistanto, E. (2013). E- Health Indonesia. http://ejournal.ukrida.ac.id/ojs/index.php/JTIK/article/view/790

Liu, H., Wang, L. L., Zhao, S. J., Kwak-Kim, J., Mor, G., & Liao, A. H. (2020). Why are pregnant women susceptible to COVID-19? An immunological viewpoint. Journal of Reproductive Immunology, 139(March), 103122. https://doi.org/10.1016/j.jri.2020.103122

Medhanyie, A., Spigt, M., Tadesse, K., & G, B. R. D. (2015). Health workers’ experiences, barriers, preferences, and motivating factors in using mHealth forms in Ethiopia. Hum Resour Health, 13. https://human-resources-health.biomedcentral.com/articles/10.1186/1478-4491-13-2

Muktashim, A. (2018). Pengembangan Aplikasi Kartu menuju Sehat Berbasis Android menggunakan metode extreme programming. UIN Sunan Kalijaga.

Nurdianti, D. (2021). Pengetahuan Ibu Tentang Tanda Bahaya Kehamilan dengan Media Aplikasi Sahabat Ibu Hamil (ASIH). 7(1), 99–103. DOI : 10.33024/jkm.v7i1.3124

Nuryawati, L. S., & Budiasih, S. (2017). Hubungan Kelas Ibu Hamil Dengan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan Di Desa Surawangi Wilayah Kerja Uptd Puskesmas Jatiwangi Kabupaten Majalengka Tahun 2016. Jurnal Bidan, 3(01), 60–66. http://jurnal.ibijabar.org/wp-content/uploads/2017/05/Hubungan-Kelas-Ibu-Hamil-dengan-Pengetahuan-Ibu-Hamil-tentang-Tanda-Tanda-Bahaya-Kehamilan-di-Desa-Surawangi-Wilayah-Kerja-UPTD-Puskesmas-Jatiwangi-Kabupaten-Majalengka-Tahun-2016.pdf

Parent, T. A. (2020). 400.000 Lebih Angka Kehamilan Meningkat Saat Pandemi Corona, Ini Alasannya. The Asian Parent. https://id.theasianparent.com/kehamilan-saat-covid-19

Patriajati, S., & Sriatmi, A. (2019). Determinants Of Mother S ’ Participation In Antenatal Classes. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 7(2). https://doi.org/10.20473/jaki.v7i2.2019.139-146

Sheth, S., Ganesh, A., Nagendra, S., Kumar, K., Tejdeepika, R., Likhitha, C., & Murthy, P. (2020). Development of a mobile responsive online learning module on Psychosocial and mental health issues related to COVID-19. Asian Journal of Psychiatry, 54(2020), 102248. https://doi.org/10.1016/j.ajp.2020.102248

Sulistianingsih, A. (2018). Sumber Informasi yang Didapatkan Ibu Tentang Pengetahuan Tanda Bahaya Kehamilan Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Pringsewu. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 7(2), 60–66. https://doi.org/10.35952/jik.v7i2.121

Sulistianingsih, A., & Hasyim, D. (2021). Pengaruh edukasi persalinan via whatsapp group terhadap pengetahuan ibu hamil menghadapi persalinan di kabupaten pringsewu. Ilmiah Kesehatan, 10(2), 85–94. https://doi.org/10.52657/jik.v10i2.1472

Sulistyowati, N., & Trisnawati, Y. (2021). Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Terhadap Kunjungan Antenatal Care Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kebidanan, 13(01), 96. https://doi.org/10.35872/jurkeb.v13i01.423

Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8, 268–283. https://doi.org/10.5281/zenodo.3884420

Syaifuddin. (2017). Ilmu Kebidanan. Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjo.

Taubman-Ben-Ari, O., Chasson, M., Abu Sharkia, S., & Weiss, E. (2020). Distress and anxiety associated with COVID-19 among Jewish and Arab pregnant women in Israel. Journal of Reproductive and Infant Psychology, 38(3), 1–9. https://doi.org/10.1080/02646838.2020.1786037

Wu, Y., Zhang, C., Liu, H., Duan, C., Li, C., Fan, J., Li, H., Chen, L., Xu, H., Li, X., Guo, Y., Wang, Y., Li, X., Li, J., Zhang, T., You, Y., Li, H., Yang, S., Tao, X., … Huang, H. (2020). Perinatal depressive and anxiety symptoms of pregnant women along with COVID-19 outbreak in China. American Journal of Obstetrics and Gynecology, 1–9. https://doi.org/10.1016/j.ajog.2020.05.009

Downloads

Published

2022-06-29