Perbedaan Kepuasan antara Pasien Peserta Jamkesmas dan Pasien Umum di Instalasi Rawat Inap RSUD. Jendral Ahmad Yani Kota Metro
DOI:
https://doi.org/10.26630/jkm.v7i1.297Keywords:
Kepuasan, jamkesmas, pasien umum.Abstract
Hasil riset Citizen Report Card yang berfokus pada Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) yang dilakukan oleh Indonesian Corruption Watch (ICW) menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin melalui program Jamkesmas belum optimal dan kualitas pelayanan pasien Jamkesmas masih rendah. Selain itu masih terdapat penolakan pasien Jamkesmas dengan alasan kapasitas rumah sakit sudah penuh. Hasil survei pendahuluan yang dilakukan terhadap pada dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy pada pasien Jamkesmas sebesar 57,2% dan pada pasien umum 47,2%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kepuasan antara pasien peserta Jamkesmas dan pasien umum di instalasi rawat inap RSUD Jendral A. Yani Metro tahun 2013 ditinjau dari dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Jenis penelitian ini adalah cross sectional, Populasi dalam penelitian ini adalah pasien peserta Jamkesmas dan pasien umum yang dirawat inap di RSUD Jend A. Yani Metro berjumlah 1.072 orang. Sampel sebesar 292 Responden terdiri dari pasien jamkesmas 190 orang dan pasien umum 102 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara consecutive sampling. Analisis data dengan menggunakan uji statistik t test dua sampel independent. Hasil penelitian ada perbedaan kepuasan antara pasien peserta Jamkesmas dan pasien umum berdasarkan dimensi kualitas mutu (tangibel) dengan nilai p = 0,000. Tidak ada perbedaan kepuasan antara pasien peserta Jamkesmas dan pasien umum berdasarkan dimensi kualitas keandalan (Reliability) dengan nilai p = 0,456. Tidak ada perbedaan kepuasan antara pasien peserta Jamkesmas dan pasien umum berdasarkan dimensi kualitas keandalan (Responsiveness) dengan nilai p = 0.158. Tidak ada perbedaan kepuasan antara pasien peserta Jamkesmas dan pasien umum berdasarkan dimensi kualitas jaminan (Assurance) dengan nilai p = 0.394. Tidak ada perbedaan kepuasan antara pasien peserta Jamkesmas dan pasien umum berdasarkan dimensi kualitas empati (Emphaty) dengan nilai p = 0.524
References
Argadiredja DS. 2003, Program Penanggulangan Kemiskinan Bidang Kesehatan. Depkes RI, Jakarta
Fatima D, 2012, Perbandingan Kepuasan Antara Pasien Askes Dan Pasien Jamkesmas Di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Dr.Kariadi Semarang, KTI, Program Pendidikan Sarjana Kedokteran, Universitas Diponegoro, Semarang
Hardi, J. 2010, Analisis Kepuasan Pasien Umum dan Pasien Jamkesmas terhadap Mutu Pelayanan Rawat Inap di RSUD Pasaman Barat, Tesis, Universitas andalas, Padang.
Handayani Dian, 2002, Perbedaan Kepuasan Pasien Jamkesmas Dan Pasien Umum Terhadap Pelayanan Kesehatan Di
Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Sitanala Tangerang, Thesis, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Esa Unggul, Jakarta
Indonesia Corruption Watch. 2009, Jamkesmas Dinilai Tidak Optimal [online]dari ww.antikorupsi.org
Jacobis R, 2013, Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Jamkesmas Di BLU RSUP Prof.Dr. R.D. Kandou Manado, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Univesitas Sam Ratulangi Manado
Jahid H, Balqis dan Hamzah A, 2012, Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Jamkesmas Pada Ruang Rawat Inap Di Rumah Sakit Elim Rantepao Kabupaten Toraja Utara, Bagian AKK Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin 64 Kurniawan, 2013, Kepuasan Pasien. Up, www.Kepuasan Pasien. Up.html
Kurniawan, 2013, Kepuasan Pasien. Up. www.Kepuasan Pasien Up.html
Lupioyadi Rambat, 2009, Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta
Notoatmodjo, Soekijo, 2005, Metodelogi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta
Nursalam, 2008, Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Edisi Kedua, Salemba Medika, Jakarta
Purwanto, S.S, 2007, Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rumah Sakit, www. kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit _ Artikel Psikologi Klinis Perkembangan dan Sosial.html
Menkes RI., 2012, Permenkes RI Nomor 40 Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat, Jakarta
Tjiptono 1997 Fandi, Prinsip-Prinsip Total Qualiti Servise Andi Jogjakarta
Wiyono D, 1999, Manajemen Mutu Kesehatan, Buku I, Airlangga University Press, Surabaya 65
Zulfa, E, 2013, Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien peserta Jamkesmas dan Pasien Umum di Instalasi Rawat Jalan RSUD Cilegon Banten , Universitas Islam Yogyakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.