Efektifitas Media Audio Visual pada Kelas Ibu Hamil Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Pencegahan Komplikasi Kehamilan dan Persalinan

Sudarmi Sudarmi

Abstract


Background: The cause of maternal death can be prevented by strengthening the knowledge and attitudes of pregnant women, providing education using audio-visual media is a fast way to increase knowledge and change maternal attitudes to prevent complications. Purpose: This study aims to examine the effectiveness of audio-visual media in the class of pregnant women on the knowledge and attitudes of mothers in preventing complications. Methods: Quasi-experimental research design with pre-test - post-test only control group design. The research sample amounted to 20 pregnant women. The total number of samples obtained was 100 pregnant women who were divided into the intervention group and the control group. The samples came from five sub-districts which were taken randomly from 17 sub-districts in South Lampung Regency. The intervention group was given education about preventing complications of pregnancy and childbirth using audio-visual media. Meanwhile, in the control group, education was given with flipchart media. Univariate data analysis using the mean formula. Meanwhile, bivariate analysis using Independent T-test. Results: The study found that the use of audio-visual media in pregnant women's classes was more effective than Flipcharts in increasing knowledge (p-value 0.016) and changing attitudes (p-value 0.000) of pregnant women in preventing pregnancy. complications of pregnancy and childbirth. Conclusion: The use of education with audio-visual media can effectively increase the knowledge and attitudes of pregnant women about preventing complications of pregnancy and childbirth. Suggestions are intended for health workers, pregnant women, and their families, for health agencies to use audio-visual media in delivering material to pregnant women classes.

 

Abstrak.

Latar belakang: Penyebab kematian ibu dapat di cegah dengan penguatan  pengetahuan dan sikap ibu hamil, pemberian edukasi dengan menggunakan media audio-visual merupakan  cara yang cepat dalam meningkatkan pengetahuan dan merubah sikap ibu dalam upaya pencegahan komplikasi. Tujuan: Studi ini bertujuan untuk melihat efektifitas media Audio visual pada kelas ibu hamil terhadap pengetahuan dan sikap ibu dalam pencegahan komplikasi. Metode: Rancangan penelitian quasi eksperimen dengan pre test - pos test only kontrol group design. Sampel penelitian berjumlah 20 ibu hamil.  Jumlah sampel keseluruhan didapat sebanyak 100 ibu hamil yang terbagi dalam kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Sampel berasal dari lima kecamatan yang diambil secara random dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten lampung selatan. Intervensi pada kelompok perlakuan diberikan edukasi tentang pencegahan komplikasi kehamilan dan persalinan menggunakan media audio-visuals. Sedangkan, pada kelompok kontrol edukasi diberikan dengan media lembar balik. Analisis data univariat menggunakan rumus mean. Sedangkan, analisis bivariat  menggunakan T-test Independen. Hasil: Penelitian memperoleh hasil bahwa penggunaan media audio visual di kelas ibu hamil lebih efektif dibanding Lembar balik dalam meningkatkan pengetahuan (p-value 0.016) dan merubah sikap (p-value 0.000) ibu hamil dalam pencegahan komplikasi kehamilan dan persalinan. Simpulan: Penggunaan edukasi dengan media audio-visual mampu efektif meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang pencegahan komplikasi kehamilan dan persalinan. Saran ditujukan bagi petugas  kesehatan, bagi ibu hamil dan keluarga, bagi instansi kesehatan agar menggunakan media audio-visual dalam penyampaian materi pada kelas ibu hamil.


Keywords


Effectiveness; audio-visual; pregnant mother class; knowledge and attitude

Full Text:

PDF

References


Alini, A., & Indrawati, I. (2018). Efektifitas Promosi Kesehatan Melalui Audio Visual Dan Leaflet Tentang SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri Tentang Sadari Di SMAN 1 Kampar Tahun 2018. Jurnal ners, 2(2). Retreived from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ners/article/view/187

Alligood, M. R. (2017). Nursing theorists and their work-e-book. Elsevier Health Sciences.

Alhamda, S. (2014). Buku ajar sosiologi kesehatan. Yogyakarta: Deepublish.

Anggraini, S. A., Siregar, S., & Dewi, R. (2020). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Pada Ibu Hamil tentang Pencegahan Stunting di Desa Cinta Rakyat. Jurnal Ilmiah Kebidanan Imelda, 6(1), 34-39. https://doi.org/10.52943/jikebi.v6i1.379

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Auld, E., & Gambescia, S. (2011). Health education. Oxford Bibliographies in Public Health. Doi: 10.1093/obo/9780199756797-0044

Azwar, S. (2013). Sikap Manusia, edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Clark & Mayer, (2016) Clark, R.C. & Mayer, R.E., (2016). E-learning and the science of instruction: proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning (4th Ed.). Canada: John Wiley & Sons Inc. Retreived from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=v1uzCgAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR17&dq=Clark+%26+Mayer,+(2016)+Clark,+R.C.+%26+Mayer,+R.E.,+(2016).+E-learning+and+the+science+of+instruction:+proven+guidelines+for+consumers+and+designers+of+multimedia+learning+(4th+Ed.)

Costa, L. D. C. F., de Vasconcelos, F. D. A. G., & Peres, K. G. (2010). Influence of biological, social and psychological factors on abnormal eating attitudes among female university students in Brazil. Journal of health, population, and nutrition, 28(2), 173-181. doi: 10.2147/NDT.S308598

D'Amour, D., Ferrada-Videla, M., San Martin Rodriguez, L., & Beaulieu, M. D. (2005). The conceptual basis for interprofessional collaboration: core concepts and theoretical frameworks. Journal of interprofessional care, 19(sup1), 116-131. https://doi.org/10.1080/13561820500082529

Dignan, M. B., & Carr, P. A. (1992). Programme Planning for Health. Malvern, PA: Lee & Fibiger.

Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. (2019). Profil Kesehatan Provinsi Lampung Tahun 2018. Bandar Lampung Dinas Kesehatan Lampung Selatan

Federer, W. T. (2012). Statistical design and analysis for intercropping experiments: Volume 1: Two crops. Springer Science & Business Media. Retreived from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=aaAACAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR9&dq=Federer,+W.+T.+(2012).+Statistical+design+and+analysis+for+intercropping+experiments:+Volume+1:+Two+crops.+Springer+Science+%26+Business+Media.

Gerungan. (2004). Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama

Gueguen, J., Fauvel, G., Luhman, N., & Bouchon, N. (2010). Health educa- tion: A practical guide for health care project.

Feinstein, L., Sabates, R., Anderson, T.M., Sorhaindo, A., & Hammond, C. (2006). What are the effects of education on health? In Proceedings of the Copenhagen Symposium" Measuring the Effects of Education on Health and Civic Engagement. Retreived from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/41807753/37425753-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1624930491&Signature

Haerunisa, E. T., Patimah, S., & Kurnia, H. (2020). Kelayakan rancangan media audio visual persiapan persalinan sebagai media promosi kesehatan pada ibu hamil. Asian Research of Midwifery Basic Science Journal, 1(1), 33-49. https://doi.org/10.37160/arimbi.v1i1.534

Hapitria, P., & Padmawati, R. (2017). Efektifitas pendidikan kesehatan melalui multimedia dan tatap muka terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang asi dan menyusui. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 5(2), 156-167. https://doi.org/10.33366/cr.v5i2.535

Hakim, N. (2019). Spiritualitas dan tingkat pengetahuan HIV/AIDS dengan perilaku seksual pranikah nelayan di Yogyakarta. JHeS (Journal of Health Studies), 3(1), 88-95. Doi: 10.31101/jhes.516

Hockenberry, M.J., & Wilson, D. (2013). Wong’s essentials of pediatric nursing (9th Ed.). St. Louis, Missouri: Elsevier Mosby.

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019, Jakarta Kementerian Kesehatan RI. 2020

Kementerian Kesehatan RI. 2014, Pedoman, Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. , Jakarta Direktorat jenderal bina GIZI dan KIA 2014

Mardhiah, A., Riyanti, R., & Marlina, M. (2020). Efektifitas Penyuluhan dan Media Audio Visual terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Anak Balita Gizi Kurang di Puskesmas Medan Sunggal. Jurnal Kesehatan Global, 3(1), 18-25. https://doi.org/10.33085/jkg.v3i1.4549

Maulana, H. (2009). Promosi Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

Puspitasari, J. D., Nurhaeni, N., & Allenidekania, A. (2020). Edukasi Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Pencegahan Kejang Demam Berulang. Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia (JPPNI), 4(3), 124-137. http://dx.doi.org/10.32419/jppni.v4i3.186

Putri, A. T., & Akifah, A. (2017). Efektifitas Media Audio Visual Dan Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Tentang Pencegahan Penyakit Gastritis Pada Santriwati Di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri Dan Ummusshabri Kota Kendari Tahun2017. (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat), 2(6).

Sholehah, M., Kholisotin, K., & Munir, Z. (2020). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Audio Visual dan Poster terhadap Perilaku Ibu Primipara dalam Manajemen Laktasi. Citra Delima: Jurnal Ilmiah STIKES Citra Delima Bangka Belitung, 3(2), 110-117. https://doi.org/10.33862/citradelima.v3i2.67

Suarayasa. K (2020). Strategi menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia, CV. Budi Utama, Yogyakarta

Surjadi, M., Torruellas, C., Ayala, C., Yee, H.F., & Khalili, M. (2011). Formal patient education improves patient knowledge of Hepatitis C in vulnerable populations. Digestive Diseases and Sciences, 56 (1), 213–219. http://doi. org/10.1007/s10620-010-1455-3

Susanti, D., Wulandari, H., Juaeriah, R., & Dewi, S. P. (2017). Penerapan interprofessional education (IPE) pada Kelas ibu balita oleh mahasiswa tenaga kesehatan untuk meningkatkan sikap ibu terhadap kesehatan balita di kota Cimahi. Jurnal Sistem Kesehatan, 3(2). https://doi.org/10.24198/jsk.v3i2.15003

World Health Organization. (2013). Interprofessional collaborative practice in primary health care: Nursing and midwifery perspectives. Retreived from https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/120098/9789241505857_eng.pdf

Word Health Organization. (2015). Global Health Observatory (GHO) data: Under-five mortality. Retrieved from http://www.who.int/gho/child_health/mortali ty/mortality_under_five/en/.




DOI: http://dx.doi.org/10.26630/jkm.v14i1.2704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


   


Published by: Politeknik Kesehatan Tanjungkarang, Indonesia
Flag Counter