Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil Di Puskesmas Kotabumi II Lampung Utara

Fitarina Fitarina

Abstract


Propinsi Lampung tercatat sebagai peringkat pertama di wilayah Sumatra untuk jumlah penderita anemia. Tingginya kejadian anemia pada ibu hamil di Provinsi Lampung yaitu sebanyak 67%, angka itu lebih tinggi dari angka anemia gizi nasional yang hanya sekitar 63,5%.  Penyebab anemia gizi meliputi ketidacukupan makanan, infeksi, diet makanan tidak adekuat, sanitasi lingkungan dan makanan yang buruk layanan kesehatan yang buruk dan perdarahan akibat menstruasi, kelahiran ,malaria, dan sebab mendasar meliputi pendidikan yang rendah dan ekonomi yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan  antara umur, jarak kehamilan,asupan makanan, pendidikan, pengetahuan, pekerjaan, penghasilan /pendapatan, akses pelayanan kesehatan dan informasi kesehatan dan faktor yang paling dominan dengan kejadian anemia ibu hamil di Puskesmas Kotabumi II. Jenis penelitian analitik kuntitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh ibu hamil di wilayah Puskesmas Kotabumi II sebanyak 116 orang. Hasil perhitungan sampel diperoleh jumlah sampel sebanyak 87 ibu hamil. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil pembahasan diperoleh ibu hamil yang mengalami anemia yaitu sebanyak 64 (73,6%),  Sedangkan faktor yang berhubungan dengan kejadaian anemia ibu hamil adalah umur  (p value =0,025),  jarak kehamilan  (p value =0,018),  asupan makanan  (p value =0,000),  pengetahuan, (p value =0,002), pendapatan (p value =0,014),   dan faktor yang tidak berhungan dengan anemia adalah akses pelayanan kesehatan  (p value =0,532), informasi kesehatan (p value =0,0561),  pekerjaan (p value =0,93), sedangkan  faktor yang paling dominan terjadinya anemia ibu hamil di Puskesmas Kotabumi II adalah asupan makan   dengan p value =0,001  dan  OR= 13,68 (CI 3,112 – 60,25). Saran dalam penelitian agar keluarga  memberikan dukungan dalam bentuk pengawasan minum obat tablet tambah darah dan menghimbau kepada petugas kesehatan di Puskesmas agar memberikan makanan tambahan pada ibu hamil setiap melakukan pemeriksaan kehamilan serta promosi kesehatan tentang kebutuhan gizi pada ibu hamil.

Keywords


Anemia, Ibu Hamil

References


Barasi, E, Meri, 2009 At a Glnce Ilmu Gizi, judul asli, Nutrition at a Glance Erlangga – Jakarta

Biran Affandi. Kesehatan Reproduksi:Pidato Pengukuhan Guru Besar Tetap IlmuObstetri dan Ginekologi. FakultasKedokteran Universitas Indonesia (FK-UI):20 Juni 2000.

Departemen Gizi dan Kesehatan Masyarakat Indonesia, 2009 Gizi dan Kesehatan Masyarakat fakultas Kesehatan Masyarakat Universits Indonesia

Fathalla, MF. From Obstetrics and Gynaecology to Women’s Health, New

York (USA): The Parthenon Publishing;1997.

Bobak. Irene, M, ,.2000. Perawatan Maternitas dan Ginekologi. Bandung . Yayasan. Ikatan Alumin Pendidikan Keperawatan Pajajaran (YIA-PKP)

Budiono Irwan, Prevalensi dan Determinan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil di Perkampungan Nelayan di Kelurahan Mangkang Wetan, Semarang, (2009)

Komalayana, INT, 2006 Penggunaan Nutri survey untuk kalangan Mahasiswa Jurusan Profesi Gizi

Laporan KIA, 2012 Puskesmas Kotabumi II Kabupaten Lampung Utara

Manuaba, I.B.G. 1998. Ilmu Kebidanan Penyakit Kandungan dan Keluarrga Berencana. Jakarta. EGC

Notoatmodjo, Soekijo 2010. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta Rineka Cipta

Prawirohardjo, Sarwono. 2006. Ilmu Kebidanan. Jakarta. Yayasan Bina Pustaka.

Parasto Golshiri et al Precede Education Model For Controlling Iron – Deficiency Anemia In Talesh Iran

Proverawati, Atikah, 2011 Anemia dan Anemia Kehamilan , Nuha Medika Yogyakakarta

Richard D. Semba Iron – Deficiency Anemia and Cycle of Proverty among Human Immunodeficiency Virus – infected Women in the Inner City

Riskesdas, 2007. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar Indonesia.

Supariasa, ID.N dkk, 2001 Penilaian Status Gizi, EGC, Jakarta

Saifudin, 2010. Ilmu Kebidanan. Jakarta . Yayasan Bina Pustaka

Sulistyaningsih, Haryani, 2011 Gizi untuk Kesehatan Ibu dan Anak. Graha Ilmu, Yogyakarta

Tarwoto. 2007. Anemia Dalam Kehamilan. Jakarta. Nuha Medika

Winkjosastro. 2002. Ilmu Kebidanan . Jakarta. Yayasan Bina Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.26630/jkm.v7i1.268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





     


Published by Departement of Midwifery, Politeknik Kesehatan Kemenkes Tanjungkarang, Indonesia

Alamat: Jl. Brigjend. Soetiyoso No. 1 Kota Metro, Lampung, Indonesia

Phone: 0725-41819,E-mail: jkm@poltekkes-tjk.ac.id


Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.