ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA LULUSAN DIPLOMA III KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES TANJUNGKARANG

Ika Fitria Elmeida

Abstract


Kualitas implementasi kurikulum praktik meliputi dimensi kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan penampilan fisik merupakan salah satu alat pemasaran jasa yang utama untuk mencapai tujuan organisasi, sekaligus memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan dalam hal ini adalah lulusan dan pengguna lulusan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas implementasi kurikulum praktik yang meliputi dimensi kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan tampilan fisik terhadap kepuasan pengguna lulusan dan mengetahui dimensi mana yang pengaruhnya paling besar terhadap kepuasan pengguna lulusan D III Kebidanan Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang di Kota Bandar Lampung.Penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional serta menggunakan teknik acak sederhana proporsional, telah dilakukan terhadap 50 bidan lulusan tahun 2009 dan 2010 yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Variabel kualitas implementasi kurikulum praktik dan kepuasan pengguna lulusan diukur dengan menggunakan kuesioner dengan skala Likert 1-5. Uji statistik dengan diagram kartesius Importance performance,Pearson Product Moment dan analisis jalur (path analysis).Hasil penelitian ini mencatat bahwa pengaruh kualitas implementasi kurikulum terhadap kepuasan pengguna lulusan secara simultan adalah 83% (nilai p ≤ 0,05). Secara parsial dimensi yang mempunyai pengaruh bermakna terhadap kepuasan pengguna lulusan adalah dimansi daya tanggap, empati dan penampilan fisik (nilai p ≤ 0,05). Pengaruh daya tanggap, empati dan penampilan fisik masing-masing adalah 33,4%, 18,8%, dan 29,7% sehingga total pengaruh gabungan adalah 82% (nilai p ≤ 0,05).Simpulan bahwa kualitas implementasi kurikulum praktik meningkatkan kepuasan pengguna lulusan dan dimensi yang paling berpengaruh adalah daya tanggap dan penampilan fisik. Perlu diteliti faktor-faktor lain yang berkaitan dengan pengguna lulusan.

Keywords


jasa pendidikan, implementasi kurikulum,lulusan

Full Text:

PDF

References


Dinkes Provinsi Lampung. 2010, Profil Kesehatan Provinsi Lampung. Bandar Lampung

Eisner EW. 1974. Conficting conseption of curriculum. Berkeley, California: Mac

Cuthan Publishing corporation.

Hamalik O. 2007. Manajemen pengembangan kurikulum. Bandung:SekolahPascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya.

Kemendiknas RI. 2002. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor045/U/2002 tentang Kurikulum Inti perguruan Tinggi.Jakarta:

Mangkuprawira S, Hubeis AV. Manajemen mutu sumber daya manusia.Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia;2007.

Parasuraman, Zeithaml, Berry LL. 1996Delivering quality services. New York: The Free Press a Division of Macmillan inc 866 third avenue; 114-8.

Tjiptono F. 2006Manajemen jasa., Yogyakarta: penerbit Andi.

Tjiptono F, Candra G. Service quality satisfaction.Sydney & Jakarta: penerbit

Andi; 2004.

Undang-undang RI.2003. Nomor 20 Sistem pendidikan nasional.Bandung: Citra Umbara.




DOI: http://dx.doi.org/10.26630/jkm.v5i2.1434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


   


Published by: Politeknik Kesehatan Tanjungkarang, Indonesia
Flag Counter