Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pelaksanaan Kewaspadaan Umum pada Pelayanan Kebidanan di RSUD Ahmad Yani Metro Tahun 2011

Authors

  • Yuliawati Yuliawati Prodi Kebidanan Metro, Poltekkes Tanjungkarang
  • Septi Widiyanti Prodi Kebidanan Metro, Poltekkes Tanjungkarang
  • Sumiyati Sumiyati Prodi Kebidanan Metro, Poltekkes Tanjungkarang

DOI:

https://doi.org/10.26630/jkm.v5i1.1413

Keywords:

KU, Cross Sectional

Abstract

Pedoman Kewaspadaan Umum (KU) pada pelayanan kebidanan merupakan cara yang efektif untuk mengurangi kejadian penularan infeksi seperti HIV, HBV, dan HCV terhadap tenaga kesehatan dan pasien. Prevalensi HIV, HBV, dan HCV yang meningkat, meningkat risiko tenaga kesehatan yang tertular. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan pelaksanaan KU pada pelayanan kebidanan di RSUD Ahmad Yani Metro. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan rancangan analitik cross sectional. Populasi adalah seluruh petugas kesehatan yang melakukan pelayanan kebidanan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampling jenuh yaitu sebanyak 30 orang yang diperoleh dari Ruang Kebidanan, Poli kebidanan, dan Kamar Operasi. Pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat pengaruh kepatuhan pelaksanaan KU pada pelayanan kebidanan secara bermakna dengan faktor-faktor: usia (p value 0,000 dan OR-0,038), lama bekerja (p value 0,001 dan OR=21,7), pengetahuan (p value 0,014 dan OR=7,7), pelatihan (p value 0,000 dan OR=3,69), dan faktor yang tidak terdapat pengaruh adalah jenis profesi (p value -,141). Perlunya RSUD Jendral Ahmad Yani Metro meningkatkan pengetahuan tentang KU dengan cara sosialisasi atau pelatihan tentang KU. Petugas Kesehatan perlu meningkatkan kepatuhan pelaksanaan KU pada prosedur tindakan cuci tangan pada prosedur pengelolaannlmbah serta sanitasi tuangan sebagai prinsip utama yaitu menjaga hygiene individu, hygiene sanitasi ruangan dan sterilisasi peralatan.

References

Arief, B, 2008, Hepatitis, http://ebdosama.blogspot.com. Diakses: 24 Maret 2009.

Erik, 2008. Pelatihan dan Pengembangan Tenaga Kerja, http://erik_s_h_staff.gunadarma.ac.id

Fefendi, 2008, Tersedia Online: http://www.binakesehatankerja.com

Lolok dkk, 2006, Manajemen Risiko Penularan Penyakit HIV/AIDS di RSUP Dr. Sardhjito Yogyakarta. http://Irc.kmpk.ugm.ac.id (10 November 2006)

Perdani, 2008, http://www.mail-archieve.com

Prawiroharjo, Sarwono, 2005. Ilmu Kebidanan, Edisi III, YBP, Jakarta.

RSPI Suliyanti Saroso, 2005, KU Untuk Pencegahan Infeksi Nasokomial, http://www.infeksi.com

Sarwono, S, 1984, Teori-teori Psikologi Sosial. CV Rajawali, Jakarta

Yusran, M, 2008, Kepatuhan Penerapan Prinsip-prinsip Pencegahan Infeksi pada Perawat di RSUD Abdoel Muluk Bandar Lampung, http://www.lemlit.unila.ac.id Diakses: 18 November 2008.

Downloads

Published

2019-06-10